..bego aja kalo masih ga’ semangat Ramadhan..


Duhai sahabatku. Dua hari lagi, insya Alloh semua umat Islam yang beriman akan melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan.Ini bulan yang selalu ditunggu kedatangannya. Aneh rasanya jika ada orang yg tidak terlalu antusias menyambut ramadhan? Sedari dulu kita selalu diajarkan bahkan sekarang kita senantiasa diingatkan untuk senantiasa menyambut bulan puasa dengan niat dan kesungguhan utk mengisi hari2 beribadah.Gw selalu inget kata-kata guru ngaji gw bahwa dibulan puasa setiap detik adalah bernilai dan tak terhingga pahalanya.Sampe tidurpun ada pahalanya.Nah kebayang donk kalau ada orang yg ga bersemangat berpuasa berarti dia ga tahu secara mendalam nilai yg luarbiasa bernilai.Bego aja lo!!!
Gw sendiri menganggap bulan puasa itu seperti bulan penuh diskon dari Alloh untuk hambanya seperti kita yang senantiasa berbuat dosa.Bisa dibayangkan kalau sebuah pusat perbelanjaan sedang menggelar diskon gede-gedean pastinya banyak orang antri untuk berjubel memperebutkan barang tersebut.Nah masa pada saat diskon pahala gede-gedean gini kita ga’ bersemangat memperebutkannya? Kecuali lo bener2 suci dari noda.Ah basi kalo ada yg ngaku begituan…stay away from him deh gw saranin.
Kenapa kita harus bergembira menyambut puasa mungkin hadis berikut bisa menjadi gambarannya,

“(Bulan dimana) dibuka pintu-pintu surga, ditutup pintu-pintu neraka, syetan-syetan dibelenggu. Dan berserulah malaikat : wahai pencari kebaikan, sambutlah. Wahai pencari kejahatan, berhentilah” (demikian) sampai berakhirnya ramadhan ( HR Ahmad)”

Ga ada satu riwayatpun yang menyatakan puasa itu biasa-biasa aja.Bahkan semua sisi kehidupan manusia dengan berpuasa menjadi lebih kokoh dan kuat.Mulai dari aspek jasmaniah sampe ke aspek lahirian.Padahal puasa sendiri memiliki nilai-nilai transidential yaitu’Dari Abu Hurairah ra, dari Nabi SAW bersabda:
“Semua amal manusia adalah miliknya, kecuali puasa, sesungguhnya ia adalah milik-Ku dan Aku yang akan memberikan balasannya, (H.R. Bukhari).”

Edan banget kan?!! Sampe begitu hebatnya puasa dan gw ga bisa bilang lg betapa tanpa puasa di ramadhan,kita ga akan bisa menambal dosa2 dengan amal shaleh segunung kecuali hidup kita setiap hari emang buat beramal shaleh?Tapi gw tetep sanksi dan angkat topi kalau ada orang yg mengaku demikian.Ups lagian ga boleh toh proklamir diri suci hehehehe ntar sombong ya?
Nah setiap lo pasti punya agenda sendiri pd bulan ramadhan kali ini.Dan insya Alloh gw yakin semuanya pasti yg baik-baik dan bermanfaat.Program jangka pendek dan jangka panjang pasti sudah dirancang.Gw doain semoga semua aktivitasnya lancar dan dipermudah oleh Alloh dan ramadhan bisa membuat kita jauh lebih baik, paling ga kita udah tahu kemana arah tujuan hidup kita?
Sebagai temen yg baek, gw juga berharap lo pada ga terlalu sibuk mengurusi urusan dunia.Kurangi nonton TV ya?Banyakin istigfar&Jauhi tempat ngobrol (awas ghibah),Jauhi pusat2 keramaian takut lupa diri,jaga pandangan,jgn banyak tidur, rajin2 datangi majelis ilmu,Ngaji ya sob. Buka lagi tuh alqur’an? Banyak senyum hehehehe terus ya banyakin kasih duit ke kenclengan masjid trus doain orang yg berpuasa dan kasih makan.
Wuuuuh banyak banget ya amalannya. Yailah kalo masih ada jatah umur masa yg begituan ga bisa dilakukan cuma sekali dalam setahun masa sih lo masih tega menelantarkan bulan agung ini. Bego aja kalo masih ga semangat Ramadhan…:( 😦
Selamat menyambut bulan Ramadhan dengan suka cita dan penuh khusuk..
~cheers~
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s