Ketika kita galau apa yang harus kita lakukan untuk mengatasinya?

Pertanyaan ini mengemuka ketika ada seseorang sahabat yang datang kepadaku tadi sore dan berbincang sedikit di teras masjid. Hmmm apa ya? Sesaat aku terdiam, mungkin dia tidak tahu kalau kondisi hatiku juga sedang mengalami dilema beberapa hari terakhir tapi ini ladang buatku untuk memberinya sugesti kira-kira agar sahabatku ini bisa survive dengan hal-hal kecil sederhana yang memang aku lakukan.

Beberapa hal yang aku ingat dari mengatasi galau ūüôā #pengen ketawa sih membacanya, sepertinya aku ahli galau wkwkwkwk, baca ya:
1. Galau itu disebabkan karena kondisi hati kita yang kurang tenang dan lapang dalam menerima kenyataan pahit yang tak sesuai harapan. Seperti kehilangan orangtua,teman,diputus pacar,ditinggal suami/istri/anak,dll.
2. Intinya Galau itu adalah kita merasa terputus ikatan hati dari seseorang yang mengkhianati sehingga kita mudah terombang-ambing dalam pikiran dan perasaan yang kacau dan kalau tidak diimbangi dengan pikiran yang jernih bisa terjerumus dalam kesesatan.
3. Ingatlah perkara berikut, setiap perpisahan adalah awal dari sebuah pertemuan. Dan setiap pertemuan adalah awal dari perpisahan. Ini semacam sunatullah yang sudah menjadi dasar dalam bermuamalah/menjalin hubungan.
4. Jadi kalau kita berpisah yakinlah akan ada pertemuan yang lebih baik. Bisa saja saat ini kita berpisah untuk membuat hati kita tegar dan kuat.
5. Jangan pernah mengeluarkan kalimat yang kasar dan menyakitkan.
6. Mulutmu adalah harimau-mu.
7. Sesungguhnya ketika mulut kita mengeluarkan kalimat kasar berarti kita sedang mendeklarasikan diri kita kasar dan jahat.
8. Berkatalah yang baik dan banyak diam,orang lain akan memandangmu mulia.
9. Bertobatlah ketika kita telah melakukan perbuatan yang kasar. Yakinkan diri saat itu bukan kamu yang sebenarnya.
10. Berjanjilah untuk berubah,karena hidup begitu indah untuk dilewatkan.
11. Jangan pernah berfikir bahwa ketika kita galau maka orang lain akan peduli sama kita. Pikirkan bahwa galau ini hanya kita yang bisa merasakannya.
12. Berjalanlah dengan penuh percaya diri, semangat dan sedikit cepat untuk membuat kesan orang bahwa kamu sedang bahagia dan menularkan efek positif ke orang lain.
13. Menangislah dikala kamu tidak kuat menahan sesaknya beban didada. Rasakan kedamaian dan lembutnya buliran aliran air mata setelahnya dengan mengiringi lafaz zikir.
14. Mohonlah ampun jangan berteriak seperti orang gila. Karena teriakan tidak akan mampu mengusir rasa penat hanya membuat otakmu semakin sempit.
15. Jangan risau ketika kamu memikirkan orang yang telah meninggalkanmu. Sugestikan diri dia tak lebih baik untuk menjadi pendampingmu.
16. Maka cara menghapusnya harus dengan perlahan. Rasakan sempit dan sesaknya dada dengan melapangkannya dengan cara berzikir secara perlahan juga.
17. Semakin sempit dada kita semakin mudah setan masuk dan pikiran pun tak akan bisa jernih lagi.
18. Rasakan getaran dada yang sesak dengan menghembuskan nafas dan kalimat indah dari mulut untuk membuat kita merasa lega.
19. Maka kalimat terbaik adalah zikir dan mengenang dosa.
20. Semakin banyak mengenang dosa, maka semakin banyak kita berzikir terus menerus untuk menghapusnya.
21. Ingatlah semakin galau semakin banyak dosa kita yang telah lalu.
22. Ingatlah zikir bisa membantu menaikkan derajat kita.Menghapus dosa kita.Dan melapangkan hati kita.
23. Zikir bisa membuka pintu kebahagiaan karena bahagia itu hakekatnya adalah perasaan yang tenang,damai dan sentosa.
24. Selalu banyak bercermin kepada orang shalih,semakin banyak bergaul maka kita akan malu bahwa semakin banyak hal baik yang belum kita lakukan.
25. Semakin banyak kebaikan yang kita lakukan,maka semakin lupa kita akan kegalauan.
26. Banyaknya kebaikan yang harus dilakukan berarti kita harus banyak melakukan kegiatan diluar.
27. Jangan pernah menyendiri,sebaik-baik teman adalah yang bisa membuat kita merasa tenang. Hubungi mereka?
28. Dengan mengubungi mereka berarti kamu telah menyambung dan mempererat tali silaturrahmi dan kebaikan itu membuat hidupmu berkualitas.
29.Pilihlah teman yang tak pernah menyakitimu. Karena teman yang bisa diajak sharing adalah teman yang mampu berkata baik dan jujur.
30. Pandangi wajahnya dan matanya,percayakan padanya bahwa kamu membutuhkannya. Dia akan memberikan hal yang serupa padamu.
31. Yakinkan dalam diri,bahwa ketika kita menyerahkan urusan kepada Alloh maka semua masalah Insya Alloh akan diatasi dan diangkat dari kepala kita.
32. Asalkan kita berusaha untuk banyak melakukan amal-amal baik sesuai perintah agama kita.Buat Alloh bangga dengan apa yang kita lakukan.
33. Jangan pernah membenci orang yang menyakitimu.Semakin membencinya semakin sempit dadamu.
34. Perbanyak mendoakannya untuk kebaikannya,maka semakin mudah dan ringan langkahmu untuk menerima kenyataan bahwa dia bukan milikmu.
35. Sesuatu yang baik mesti dibales dengan yang baik.Sesuatu yang jahat mesti dibales dengan kebaikan juga.
36. Ketika kamu sudah berbuat baik kepadanya walaupun lewat doa. Maka akan ada seseorang yang jauh lebih baik dari dia sedang dipersiapkan untuk orang sebaik kamu.
37. Dengan doa dan berusaha ikhlas maka derajatmu sudah dinaikkan ke tingkat yang lebih baik.
38. Kamu sudah memasuki fase keshalihan sesaat kamu hanya mengingat kebaikan orang yang telah menyakitimu.
39. Ingatlah orang yang menyakitimu,jangan pernah menghindar ketika kamu ingat dia. Tapi ingat hanya kebaikannya.
40. Tersenyumlah ketika kamu mengingat kebaikannya dan doakan dia baik-baik saja.
41. Ketika kamu merasa dia baik-baik saja sesungguhnya itu pertanda bahwa kamu sudah baik dan tidak perlu galau/gelisah.
42. Yakinlah bahwa ada milyaran manusia di dunia yang belum kamu kenal. Akan ada orang yang menggantikan posisinya cepat atau lambat.
43. Yakinlah bahwa semua skenario hidup kita telah diatur oleh yang menciptakan kita. Ini adalah bagian dari pendewasaan hidup.
44.Perbanyak menulis semua keluhan,catat semua kebaikannya dan latihlah diri untuk tidak membuka aibnya.
45. Jika sudah terlanjur membuka aibnya kepada orang lain.Mohon ampunkan untuknya dan semoga hidayah juga diberikan padanya.
46. Latih diri dengan perbanyak sedekah dan tersenyumlah bahwa ada banyak orang yang mencintaimu lebih dan membutuhkan pertolonganmu.
47. Ketika semuanya sudah dilakukan, perbanyak bersujud. Mudah-mudahan kalian akan tampil menjadi pribadi yang dikagumi dan menyenangkan.
48. Sosok kamu yang baru dan jauh dari keruwetan hidup akan menjadi cermin buat orang lain tanpa kamu sadari.
49. Kamu telah menjadi sosok pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.
50. Orang-orang akan berdatangan padamu untuk menjadi teman barumu yang menyenangkan hatimu.
51. Dunia sekarang ada pada hatimu, warnai dengan terus menerus meningkatkan kualitas diri dan keimanan.
52. Bukalah Al-quran dan terjemahan.Pilihlah sembarang ayat dan halaman.Akan ada keterkaitan yang tidak diduga.
53. Fokuslah untuk terus menerus memperbaiki diri dengan rutinitas diatas.
54.Bacalah sirah nabawiyah untuk mengetahui bagaimana Rasulullah mengatasi beban dakwah.
55.Masalahmu tak lebih hanya bagian terkecil yang tak ada manfaatnya buat dunia.
56.Jadikan diri sebagai sosok pribadi yang tak pernah takut akan masalah.
57.Kamu sudah bisa mengatasi masalah dengan lebih baik.
58.Saatnya kamu membantu orang-orang sekitarmu untuk keluar dari masalah.
59. Semakin banyak bantuan yang kamu berikan semakin banyak malaikat yang mencatat amal baikmu,lakukan lebih banyak karena dosamu masih segunung.
60. Sekarang kamu tidak galau, selamat dan berikan senyummu pada dunia dan raihlah ladang amal untuk akhiratmu.

demikian sharing dari aku, semua tips diatas tiba-tiba muncul begitu saja dibenak dan sebagai motivasi buat aku juga untuk melakukan hal yang sama dengan kalian.

Salam takzim

Advertisements