Shocking Birthday in Singapore


Baru saja mendapat kejutan yang tak terlupakan pada saat hari ulang tahun saya sabtu minggu lalu (16 Juni 2012). Kejadiannya pada saat saya berada di imigrasi untuk mendapat izin masuk ke negeri Singapura. Seperti pengunjung lainnya yang baru tiba, saya masuk dalam antrian untuk pengecekan paspor. Tiba giliran saya di depan salah satu desk pemeriksaan. Tiba-tiba seorang wanita sebaya tampak serius memeriksa paspor dari tangan saya. Awalnya saya mengira tak akan ada masalah dengan dokumen yang dimiliki. Karena ini bukan pertama kalinya saya datang berkunjung ke negeri singa ini. Saya pun memberikan senyum untuk menyakinkan petugas bahwa saya tak akan terlalu banyak waktu berurusan dengannya. Ternyata dugaan saya salah. Dia beberapa kali menscan paspor saya dan sialnya saya tak memperhatikan monitor didepannya. Apakah nama saya muncul atau tidak karena kebetulan layar monitor ini agak gelap. Hmmmm saya berfikir keras ada masalah apa sampai beberapa kali dia menscan paspor? Dan saya pun diperhatikan kembali oleh wanita itu berulang kali. Seperti mencocokkan wajah saya dengan foto yang ada di paspor. Kali ini saya tak berani tersenyum. Membiarkan dia memelototi wajah ini. Sampai perbincangan antara kami berdua terjadi

Wanita imigrasi : ” May I see your KTP?”

Saya : “Of course, wait a minute” saya kebetulan menggunakan tas kecil untuk memisahkan dokumen dengan barang bawaan jadi gampang untuk mencarinya. “Here it is”

Wanita imigrasi : “Hmmm there’s something wrong with your documents”

Saya : diam ga tahu mau ngomong apa tapi kemudian memberanikan diri ngomong penasaran “KTP used in Indonesia only, may I know what are you looking for with that?”

Wanita imigrasi : “Your passport number can’t be retrieved in our system. I need check your identity to ensure your data”

Saya : oww okay

Wanita imigrasi : “Hmm your passport is blank, is this your first coming to Singapore?”

Saya : “Nope, I regularly visit Singapore. That is my new passport caused my old one has been expired”

Wanita imigrasi : “Do you bring your old passport?May I take a look for while?

Saya : Sure, here it is

Wanita imigrasi : (kemudian dia membolak-balikkan paspor lama saya) Sorry, you should be interrogate by our authority to verified your documents and make it clear, follow me”

Deg, tiba-tiba jantung ini berdegup kencang.Hmm ada apa ya?Kemudian dia mengajak saya menemui seorang petugas lain yang sedang berdiri dan menyuruh mengikutinya. Agak deg-degan sih sebenarnya tapi tetap semangat aja karena merasa yakin bahwa semua dokumen yang saya punya comply. Kalau ga comply mana mungkin bisa lolos pada saat di imigrasi Indonesia. Tapi perasaan was-was muncul juga dan penasaran pengen tahu penyebab paspor saya tidak bisa diretrieved di system imigrasi Singapura.

Saya pun masuk ke salah satu ruangan yang didalamnya terdapat sebuah ruangan kecil lainnya tempat orang yang bernasib sama. Pada saat masuk saya bertemu dengan tiga orang lainnya yang ada masalah dengan petugas imigrasi. (saya bilang begini karena saya juga ga tahu ada apa dengan dokumen mereka? Dan males bertanya. Tidak lama ada orang kelima yang juga bergabung dengan kami. Herannya pada saat terakhir di ruang tunggu tinggal kami berdua, seharusnya saya yang mendapat giliran untuk diinterogasi duluan. Yang dipanggil justru orang yang terakhir masuk. Saya Cuma bengong aja ga bisa protes karena saya menghargai sedang berada di negeri orang. Selang 10 menit kemudian barulah saya dipanggil.

Didalam ruang interogasi terdapat tiga buah meja yang masing-masing terdapat seorang petugas dengan muka kecut, tanpa ekspresi, dan mahal buat tersenyum. Saya dilayani oleh petugas pria yang seumuran kayaknya dan kebetulan duduk ditengah sedangkan dua petugas lainnya terlihat santai tanpa ada kerjaan. Dia sempat memperhatikan muka saya sesaat sebelum dipersilahkan duduk. Agak khawatir juga sih, kok tambah tegang begini. Ini kali pertama buat saya berurusan dengan petugas imigrasi di luar negeri. Langsung seketika saya berdoa semoga cepat selesai dan ga ada urusan ribet berurusan dengan orang-orang bermuka tekuk semua ini.

Petugas Imigrasi : (sambil mengecek paspor) “is it the first time for you coming to Singapore?”

Saya : “Nope, i don’t remember how many times I visit Singapore, but it less then 10 times”

Petugas Imigrasi : Where are you coming from?”

Saya : “Indonesia” (ini jawaban yang bikin gw juga bingung?

Petugas imigrasi : No, I asked you from what city in Indonesia you’re coming from?”

Saya : Jakarta

Petugas Imigrasi : Sorry, I’ve been checked your passport number and its not displayed in our system. It means your identity is invalid

Saya : No its impossible. Since checked in immigration in Indonesia. I didn’t have any trouble with my passport.

Petugas imigrasi : For your consideration, in Singapore all number of visitors must be registered first in our system. Unfortunately your passport number can’t be find.

Saya : What does it mean for me?

Petugas imigrasi : You don’t have permit to enter Singapore at this moment

Saya : No, must be an error happened with your system. Its impossible for me to going back to Indonesia.

Petugas imigrasi : Sir, your passport must registered first and you have to ask your immigration to check your passport before leave your country. We cant give you permission to enter our country. Its clear enough for us to ignore you as visitor. Because your identity is invalid.

Saya :But its not the first time for me to visit Singapore. I’ve been here for less than 10 times in recent 2 years. You should checked my name also when the last I visited the Singapore? Please, I need your favour to checked again my identity and let me to enter your country.

Petugas Imigrasi : Just I said before, your passport number cant be checked in our system. So that’s why we cant accept your request to enter Singapore.

Saya : (kemudian saya tunjukkan paspor lama) Here my old passport, you can checked when the last time I visited this country? I have no any troubled before. I’ve complied all the documents and you said something wrong with my passport number. Its ridiculous for me. If my numbers hasn’t registered yet the immigration officers in Indonesia must be told me first.

Petugas imigrasi : That’s your own country problem. And we have an own rule its self. Frankly to say, we have a waste time to inform you about your invalid identity.

Saya : Please help me. I come with the group. Only for vacation. I prepared all this trip only for this weekend and just need your pavour to permit me at this moment only. I’ll checked my number as quick as after I come back to my country. I have no bad report in your country as long as I visited your country. That’s all for your consideration and recommendation for letting me in.

Petugas imigrasi : Hmmmm……okay I’ll asked my boss first. Wait a minute.

Saya : sambil menunggu saya liat petugas tadi tengah berbincang dengan seseorang yang dia sebut atasannya. Saya bisa liat tampaknya dia terlihat kurang bersahabat juga. Sedang saya mengamati, tiba-tiba dua petugas lainnya malah nimbrung interogasi :

Petugas 2 : How long will you stay in Singapore?

Saya : only for two days

Petugas 3 : How many people in group accompany with you?

Saya : 17 persons

Petugas 3 : Hmm seem you can’t enter Singapore this time. Identity number is crucial for immigration system. If we can’t find your identity number, your detail information cant be shown. We need to checked your validity…..

Sebelum petugas ketiga selesai ceramah, tiba2 petugas yang tadi datang dengan wajah yang ga enak. Dan saya sudah menduga pasti saya ga dapat izin untuk masuk negeri singa ini.

Petugas imigrasi : Mr. Asril, we’re very sorry to inform you that today you don’t have any permit to visit our country. After I discussed with my boss, your identity can’t be found in our system. As the regulation of immigration and rule by the law. Your passport is invalid. Hope you will understand with this circumstance and we cant help you further. So now its time for you to go back to your country and perhaps in upcoming moment you can come again to our country. Our officer will help you to show the way to return you back to your home country.

Saya : speechless…okay thanks….

Setelah kecewa dengan penjelasan tadi akhirnya saya angkat tas dan berdiri membalikkan badan untuk bergegas pergi dari ruangan yang menyebalkan itu dan tiba-tiba dibelakang saya sudah berdiri tiga orang lainnya termasuk wanita pertama yang bertemu saya saat antri dan kemudian bos yang tadi saya liat tersenyum sambil mengucapkan “Happy Birthday Mr. Asril Wardani”

“Oh shit” komentar itu tiba-tiba keluar begitu saja dari mulut. Mereka semua yang berada di ruangan itu tampak begitu gembira memerankan petugas yang menyebalkan dan berhasil membodohi saya di hari ulang tahun saya kali ini.

Saya ga bisa banyak berkomentar Cuma masih shocked dan menerima uluran ucapan selamat dan maaf secara bergiliran dari mereka satu persatu. Tapi yang menyenangkan kemudian salah satu petugas tersebut meminta paspor saya, “Mr. Asril, please we need your passport to give a label the samedate with your birthday today”

Sungguh pengalaman ini tak akan pernah saya lupakan seumur hidup. Sayangnya karena terlalu shocked, saya ga sempat meminta mereka berfoto bersama. What a wicked birthday for me in Singapore!! Thanks a ton for this memory and I’ll remember this events in my whole life.

Leave a Reply

