Mungkin rasa kebangsaan saya mengenai Indonesia akhir-akhir ini meningkat drastis. Setelah beberapa kali mencoba hadir dan mengenal lebih jauh tentang budaya yang selama ini saya abaikan. Rasa bangga tersebut kembali bertambah setelah kemarin(22 November 2012) berkunjung ke Epicentrum Walk melihat banyak hasil karya anak bangsa dalam Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI) 2012 atau Indonesia Creative Power 2012. Wah enggak menyesal lah bisa hadir disana selain membuka mata dan pikiran kalo ternyata generasi muda kita itu emang jago dan penuh kreativitas. Jadi bangga donk ya menjadi orang Indonesia selain memiliki sumber daya alam yang luar biasa juga memiliki generasi yang super kreatif. Mudah-mudahan acara seperti ini menular ke saya untuk lebih kreatif juga kedepannya. Amin.

Pameran yang ditampilkan di PPKI

Nah acara ini sendiri diadakan selama 5 hari berturut-turut mulai dari tanggal 21 – 25 November 2012. Rupanya kegiatan ini adalah acara tahunan yang diadakan oleh 17 instansi lintas sektoral dan dikoordinir oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif (Kemenparekraf). Hmm maaf saya baru dengar kalau sekarang ada kementrian dengan nama begini. Ketahuan ga pernah baca berita?!! Tapi enggak cuma saya doank yang ga tahu, pas saya tanya ke beberapa temen mereka juga geleng-geleng ga tahu. Rupanya Kemenparekraf secara resmi telah terbentuk pada tanggal 21 Desember 2011 berdasarkan perpres No. 92 Tahun 2011. Jadi masih baru banget kan ya?…belum setahun umurnya…hahaha ngeles lagi.

Produk kerajinan

Nah pas saya berkunjung kesana kemarin, kesan aura muda-nya sudah terasa banget. Wajarlah toh kalo ga salah penduduk Indonesia sebagian besarnya berusia muda yaitu 17 sd 35 tahun (bener ga sih kategori ini?!!!) Target khalayak PPKI dibagi menjadi 2 kategori yaitu: Anak muda urban Indonesia; & orang kreatif dengan prestasi yang hebat. Oleh karena itu, Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI) ke-6 ini mengangkat tema Indonesia Creative Power: “YANG MUDA YANG BERKREASI” begitu kira-kira tagline yang saya baca dari banner yang terpampang di baleho. Jadi yang merasa masih muda silahkan datangi nih acara ga menyesal dan bisa nambah wawasan juga loh.

Pak Mujirin, Engraver Uang PERURI

Ga usah khawatir, saya sendiri bingung mau memilih yang mana. Sekedar narsis didepan hasil karya pameran saja sudah cukup puas. Atau mengagumi hasil kreasi dalam bentuk lukisan, robot, pakaian, ah pokoknya beragam lah. Di pameran ini sendiri terdiri atas 34 aktivitas konvensi; 10 aktivitas pertunjukan;  23 aktivitas pameran dan permainan, serta 5 aktivitas kuliner. Jadi kebayangkan betapa rame-nya…mumpung kemarin masih ga terlalu rame jadi saya bisa leluasa berkeliling arena yang terdiri atas beberapa tenda.

Pada kegiatan pertunjukan, akan ditampilkan seni pertunjukan lokal tradisional yang telah dikemas secara kontemporer hingga seni pertunjukan pop dan juga pertunjukan khusus untuk anak. Kegiatan pertunjukan juga akan menampilkan indie band Indonesia yang juga telah memperkuat industri musik di Indonesia. Pada PPKI ini, juga akan diluncurkan program pengembangan fesyen, yang akan diawali dengan upaya untuk mempopulerkan penggunaan sarung sebagai mode fesyen mendatang. Demo penggunaan sarung sebagai dasar desain mode fesyen Indonesia akan diperagakan.

Yang paling menarik untuk PPKI 2012 kali ini mungkin kegiatan pameran yang menampilkan karya-karya ikonik dari 15 subsektor industri kreatif. Ada juga secara khusus loh yang mengangkat permainan lokal maupun digital yang marak sedang berkembang pesat di Indonesia. Selain itu yang paling doyan game juga tidak lupa adanya publisher games international yang didatangkan khusus dari Jepang seperti DeNa. Untuk studio games local Indonesia, kegiatan akan dimeriahkan oleh Agate, Altermyth, Touchten, dan Night Spade. Dan tidak kalah ketinggalan, komunitas Hong juga turut meramaikan Epiwalk sebagai salah satu komunitas permainan tradisional Indonesia. Secara keseluruhan, ada 23 aktivitas pameran dalam PPKI 2012.

Pembuat Komik

Sayang waktu saya terbatas jadi hanya sempat melihat ala kadarnya saja.Ayo buat yang tertarik datang saya ga sungkan-sungkan mempromosi walaupun bukan bagian dari kepanitiaan.

 

Advertisements