IMG_2024
Jujur saya bingung mau menuliskan judul apa buat review film yang baru ditonton. Sudah lama menantikan novel berjudul 5 cm bisa difilmkan setelah membacanya tahun 2008 silam. Alhamdulillah semalem menjadi salah satu dari puluhan orang yang bisa menyaksikan film ini diputar secara perdana dan lagi-lagi gratis!!! terus bonusnya bisa ketemu sama sebagian pemain yang terlibat. Saya hapal isi cerita 5cm yang ada dalam novelnya bahkan komiknya saya punya sehingga penasaran seperti apa hasilnya saat cerita luar biasa ini diwujudkan dalam sebuah gambar.

IMG_2026
IMG_2027

Banyak pesan dan puisi yang indah sebagai bagian dari keseluruhan pemandangan alam Indonesia terutama Mahameru yang dahsyat indahnya. Jadi film ini sendiri adalah semacam dorongan buat saya untuk mencintai dan menjaga alam Indonesia yang sudah diberikan-Nya dengan sempurna. Kalau mau dibuat semacam tagline mungkin lebih tepat kalau film 5cm ini berkaitan dengan 17 Agustus di puncak tertinggi Jawa, 5 sahabat 2 cinta, sebuah mimpi mengubah segalanya yang merupakan bagian tak terpisahkan dari perjalanan lima orang sahabat yaitu Genta (Fedi Nuril), Riani (Raline Shah satu2nya cewek dalam genk), Zafran (Herjunot Ali), Ian (Saykoji), dan Arial (Denny Sumargo). Ditambah satu tokoh lagi yang cukup sering muncul yaitu Dinda (Pevita Pearce -saudara kembar Arial).

Setelah menonton saya cukup puas karena jalan cerita mirip sekali dengan yang tergambar di novel. Ada beberapa gimmick yang saya suka terutama gambar-gambar pemandangan sekitar gunung Semeru yang memang sangat indah untuk dikunjungi. Jujur membaca dan menonton film ini membangkitkan jiwa nasionalisme akan kecintaan pada tanah air Indonesia dan bagus buat menjadi bahan renungan tentang arti persahabatan, petualangan dan juga filosofi kehidupan.

Ceritanya biasa saja namun luar biasa hahaha bingung ya..maksud saya cerita ini sangat realita ada di kehidupan nyata dan jujur mereflesikan banyak hal tentang hidup yang kita jalani bersama sahabat. Begitupun dengan kelima sahabat ini yang sudah sekian lama bersama sehingga suatu malam mereka memutuskan untuk mencoba hal baru dengan berpisah sementara selama tiga bulan.

IMG_2115

IMG_2118

IMG_2123

Nah selama tiga bulan berpisah itu masing-masing meneruskan segala macam aktivitas pribadinya. Tentu saja selama tiga bulan masing-masing tidak boleh saling berkomunikasi, telpon, kirim pesan, ataupun ketemuan. Tentu saja banyak kerinduan yang dirasakan oleh masing-masing anggota dalam kehidupan mereka berlima. Sesuatu yang mengubah mereka menjadi lebih mandiri, punya visi tentang masa depannya dan lebih baik dalam menjalani kehidupan masing-masing tanpa saling mengetahui satu sama lain.

IMG_2127

IMG_2023

Nah akhrinya janji bertemu telah ditetapkan dalam sebuah perayaan yang diwujudkan dengan mendaki puncak Mahameru. Walaupun ide ini disembunyikan terlebih dahulu oleh Genta sang pencetus.Saya benar-benar terhibur saat mereka pergi bersama ke suatu tempat tanpa tahu kemana tujuan akhir yang akan mereka satroni untuk merayakan pertemuan itu. Nah perjalanan ke puncak Mahameru adalah inti dari film ini. Sebuah perjalanan yang penuh tantangan dan impian yang melibatkan hati. Yap betul hati-hati yang saling berpaut satu dengan lainnya mengucap sumpah untuk mencintai tanah air Indonesia saat puncak Semeru berhasil mereka tempuh dan bendera Merah Putih berkibar pada tanggal 17 Agustus.

IMG_2138

IMG_2025

Beberapa kalimat sakti yang cukup bagus untuk dikenang adalah

“Taruh mimpi-mimpi kamu, cita-cita kamu, keyakinan kamu. Apa yang kamu kejar?…..Kamu taruh disini….jangan menempel di kening. Biarkan….dia…..menggantung……..mengambang…….5 centimeter…….di depan kening kamu……..jadi dia ga akan pernah lepas dari mata kamu. Dan kamu bawa mimpi dan keyakinan kamu itu setiap hari, kamu liat setiap hari, dan percaya bahwa kamu bisa. Apapun hambatannya, bilang sama diri kamu sendiri, kalo kamu percaya sama keinginan itu dan kamu NGGAK BISA menyerah.

Bahwa kamu akan berdiri lagi setiap kamu jatuh, bahwa kamu akan mengejarnya sampai dapat, apapun itu, segala keinginan, mimpi, cita-cita, keyakinan diri……biarkan keyakinan kamu, 5 centimeter menggantung mengambang di depan kening kamu. Dan…..sehabis itu yang kamu perlu….

cuma kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya, tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya, mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya, lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja…..dan hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya…serta mulut yang akan selalu terus berdoa….”

– Donny Dhirgantoro – 5 cm

IMG_2157

IMG_2152

IMG_2141

Advertisements