tumblr_mgjc6zaOGo1rcmgooo1_500tiba-tiba saja ide itu menghilang. Nyaris tak bisa saya pikirkan lagi tentang mimpi yang baru saja datang menjelang subuh tadi. Beberapa kali kalimat pembuka yang terlintas saat bangun tadi tak menarik lagi untuk dibuat. Saya cuma ingat bahwa setiap orang dalam hidupnya akan bertemu orang lain yang tak dikenal sebelumnya. Kemudian bertemu untuk memulai cerita bersama dan setelah itu berpisah dalam waktu yang cepat atau lama. Ada yang bertemu seseorang dalam bilangan tahun dan ada juga yang cuma 10 menit, 20 menit, 1 jam, 1 hari, 1 bulan, 1 tahun, 10 tahun dan seterusnya begitu saja.

Saya percaya setiap orang yang kita temui memang sudah takdirnya harus bertemu kita entah diawal,ditengah, atau diakhir kehidupan. Tak ada yang serba kebetulan dalam hidup ini. Lantas beberapa orang yang saya tak kenali dalam mimpi, siapa mereka? Bahkan wajahnyapun saya tak ingat lagi. Mereka begitu ajaib datang, tersenyum dan mengajak ke sebuah taman yang melukiskan dalam kalimatpun saya tak sanggup dan tiba-tiba menghilang saat adzan subuh terdengar.

Untung air kencing setan yang memasuki lubang telinga ini tidak sempat penuh sehingga walaupun sayup-sayup akhirnya saya terbangun juga melawan gendera perang yang ditabuh bangsa setan dan memaksa pergi ke kamar mandi segera. Ah  betapa menyenangkannya bisa menang. Kadangkala senyum bahagia saya pasang sambil berkata dalam hati. “Rasain lo setan, kali ini gue yang menang!!” sambil membayangkan setan gigit jari. Dilain waktu kadangkala saya kalah juga dengan setan, dan menarik selimut kembali sampai adzan subuh berlalu dan itu biasanya saya lakukan ketika telat tidur. Maka saya berazzam tidak akan mau lagi terlambat tidur.

Nah kembali dengan mimpi yang menurut saya sangat menyenangkan. Ditengah cuaca pagi ini dimana hujan turun dengan derasnya menambah suasana menjadi begitu dingin dan sepi…*wait saya skip sebentar mau buat teh…..Iya sepi banget nih kosan, semua orang tampaknya masih melanjutkan mimpi panjangnya ditemani suara hujan diluar sana dan tentu saja enak buat menghangatkan badan dengan selimut tebal. Tapi saya sulit sekali melakukannya.*sruuup sambil menikmati teh pagi yang hangat…..tadinya niat mau keluar olahraga pagi…*harap catet baru niat doank loh sekadar menancapkan keinginan.

tumblr_mgjfpzvPNB1s1svjro1_500

Setiap orang yang kita temui menjadi bagian skenario dari sejarah hidup kita yang seharusnya memang mereka ada. Mereka semua masing-masing sudah kebagian peran apa untuk mengisi hidup kita. Ada yang cuma sebagai figuran hadir sebentar, ada yang menjadi lawan main kita bla..bla…Jadi ga bisa dengan serta merta mencoret nama mereka dalam lembar kisah hidup yang sudah kita jalani dan akan terus menerus begitu. Sang sutradara yaitu Allah telah memilih yang terbaik semua aktor dan aktris yang kebagian perannya masing-masing. Tapi tetaplah aktor utamanya diri kita sendiri. Walaupun saya percaya juga bahwa semuanya juga bagian dari kumpulan pilihan-pilihan hidup yang kita tentukan sendiri. Tapi setidaknya semua sudah ditakdirkan melalui mekanisme super rumit yang hanya Allah yang tahu bagaimana kemudian hubungan antar satu sama lain ini terkoneksi dalam waktu yang sangat tepat membungkus film yang sedang kita buat dalam hidup ini.

Saya selalu bersyukur bisa bertemu dengan banyak orang. Bagi saya semua orang di rumah, jalan,sekolah, kampus, kantor, dan dimanapun mereka berada memberikan momen yang tepat untuk membagi kisahnya bersama. Kisah pertemuan saya dan mereka ada yang menyenangkan dan ada juga yang menyakitkan hati. Cerita menyenangkan membuat kita sadar bahwa orang-orang seperti ini yang kita butuhkan kelak untuk bahagia namun sebaliknya apakah orang-orang yang meninggalkan kita lantas tak membuat kita percaya ada bahagia lain yang sedang menunggu?

Naif rasanya jika kita melupakan mereka, bagaimanapun saya harus berterima kasih kepada orang-orang yang membuat saya sakit hati. Tanpa mereka mungkin saya ga akan sanggup bertahan hidup dan membuat kenyataan bahwa saya mampu melewati itu semua dengan ketegaran dan keikhlasan. Satu lagi saya belajar memaafkan. Nilai yang jarang saya dapatkan ketika saya bertemu dengan orang-orang yang membuat saya senang. Satu lagi biasanya orang yang membuat kita  tidak nyaman biasanya mengambil porsi pikiran jauh lebih banyak dalam hidup ini. Sehingga sangat kasihan jika banyak orang masih membuang waktu dan percuma mengisi hidup dengan menangisi orang yang mengecewakan kita. Padahal jika kita berani meneruskan episode kehidupan berikutnya akan banyak lagi cerita yang menarik dibagikan oleh orang-orang baru sehingga hidup kita jauh lebih berarti. Walaupun kita tahu masa lalu sering kita kaitkan dengan hal yang ga enak dan sering menjadi penghalang buat kita untuk melangkah ke masa depan.

Semua kisah itu menorehkan kenangan masing-masing yang menjadi catatan hidup kita. Catatan hidup ini diwarnai dengan pilihan-pilihan hidup bersama mereka, semuanya karena tangan kita sendiri yang berbuat dan merasakan akibatnya. Jadi jangan pernah menyalahkan takdir jika pada akhirnya kita selalu berimprovisasi dalam memilih sesuai keinginan kita, nafsu dan ambisi-ambisi yang senantiasa hadir.

Tapi percayalah hal baik dan hal buruk dalam hidup kita memiliki arti yang sama namun berbeda nilainya. Mereka hadir sengaja dibuat untuk kita apakah mampu untuk memilih hal yang baik atau malah sebaliknya memilih hal yang buruk?

tumblr_mgjfpd44wv1rnp715o1_500

~cheers, Utan Kayu, 7,12 WIB.Minggu 13 January 2013 ditengah gerimis pagi yang belum juga selesai saat tulisan ga jelas ini dibuat….

