kehidupan itu dimulai di pagi hari…


Surfer Running on Beach at Sunset

hidup bisa jadi berawal di pagi hari. Hmm kira-kira bener ga sih perumpamaan saya ini? Setiap hari kita bangun dengan jam yang berbeda-beda sesuai dengan kebiasaan dan kepentingan. Yang biasa bangun pagi, bersyukurlah karena tidak setiap orang bisa bangun pagi dengan teratur. Yang biasa bangun pagi karena kepentingan misalnya harus berangkat ke kantor, mengejar first flight di bandara, atau apalah tergantung kepentingannya masing-masing. Kalau kepentingannya sudah terlaksana dapat dipastikan bangun pagi hanya cuma rutinitas yang membosankan dan tidak menyenangkan.

Saya bersyukur bisa konsisten bangun pagi. Body clock saya pun sudah terprogram dengan baik. Walaupun tidur telat selalu senantiasa bangun di waktu yang sama setiap hari. Kadangkala saya lawan juga sistem yang sudah terprogram tersebut dengan males-malesan di atas kasur. Tapi tetap saja tak bisa meneruskan tidur kecuali kalau memang capek banget.

Sebenarnya rutinitas bangun pagi ini dimulai saat saya kesulitan mengelola waktu dengan baik. Aktivitas ini baru berjalan rutin dari awal bulan Maret 2012 lalu. Saat itu saya sedang mengalami masalah yang membuat susah tidur dan sering bangun tiba-tiba. Saya juga terlanjur janji pada seseorang yang bernama Jeleks. Waktu itu dia berpesan untuk mulai membiasakan diri bangun pagi saat melihat saya masih males-malesan di tempat tidur. “Ayo donk biasain bangun pagi” Begitu kira-kira dia bilangnya. Terus saya berjanji mulai besoknya mau bangun pagi. Nah sebagai lelaki sejati yang saya tahu haruslah menepati janji. Ya sudah sampai dengan saat ini janji itu saya lakukan dan tepati. Tapi sayangnya jeleks sudah pergi ke orang yang lebih dia sukai *loh kok jadi curhat colongan???

Banyak tulisan yang saya baca mengenai manfaat bangun pagi baik dari sisi kesehatan dan terlebih lagi sisi ruhaniah. Terutama muslim yang memang dianjurkan untuk selalu bangun pagi sebelum waktu Subuh. Salah satu yang saya rasakan adalah semakin memperoleh banyak ketenangan dan pikiran menjadi lebih rileks. Tidak terlalu ngotot dengan segala keinginan dan tentu saja lebih well prepared mau ngapain aja sebelum melakukan rutinitas ke kantor.

Waktu terasa lebih panjang ketimbang ketika saya dahulu masih meneruskan lanjut tidur setelah subuhan. Aktivitas lain yang akan menjadi rutinitas adalah jalan pagi atau jogging. Yup saya akui kegiatan ini menjadi hal yang menyenangkan akhir-akhir ini. Disaat jalanan masih sepi dan sedikit gelap. Lari dengan ditemani musik dari iPod itu serasa memiliki jalan raya. Sudahlah ga usah banyak mikir manfaat apapun dari kegiatan di pagi hari itu? Susah dijelaskan jika belum melakukannya. Harus dipaksa dahulu baru bisa merasakan apa yang saya rasakan. Apalagi kalau selesai melakukannya bisa tahu rekor kita melalui aplikasi via GPS dari racing sebelum-sebelumnya.

Sesekali saya sempat bertemu dengan beberapa orang yang biasa melakukan aktivitas harinya dengan berolahraga. Cuma senyum aja sih kalau berpapasan nggak sampe ngajak ngobrol. Nah itu dia, hebat ga sih kalau dipagi hari dimulai dengan bertemu orang lain sambil tersenyum? Mood kita itu bisa jadi nambah 100% loh. Tiba-tiba aja saya merasa menjadi orang paling okeh gitu hahaha atau jadi merasa bangga sama diri sendiri bisa dikenal dan mengenal orang lain yang asing. Jadi nggak ada ruginya lah bangun pagi dan keluar rumah. Hal lainnya adalah saya selalu mencari rute baru dan bisa mengenal lebih baik lingkungan tempat tinggal. Makanya sekarang agak males buat cari kos-kosan baru. Sudah terlalu nyaman dan suka dengan lingkungan kampung yang ada sekarang.

Saya tuh betulan loh pengen mengkampanyekan “Ayo Bangun Pagi!” Sudah kepikiran sih hal apa saja yang akan dilakukan. Sebetulnya ide ini muncul pas ikutan jadi salah satu admin twitter #PejuangSubuh. Cuma karena saya ngerasa tugas tersebut terlalu mulia dan saya-nya masih pengen belajar memperbaiki dulu akibat masih banyak maksiat yang saya lakukan. Akhirnya saya memutuskan untuk keluar dari admin dan jadi followernya aja. Nah sejak saat itu saya jadi kerajinan bangun pagi. Entah pada saat di kosan, atau sedang dinas keluar. Pasti paginya selalu ga betah kalau di dalam ruangan. Liat dunia luar dengan segala aktivitas pagi itu menyenangkan menurut saya. Yakinlah ketemu wajah mereka itu lebih enak dilihat ketimbang sore hari.

Kayaknya perumpamaan saya itu ga salah deh. Hidup itu sehari-hari memang berawal di pagi hari. Jadi rugi saja bagi yang melewatkan waktu paginya. Kalau sebagai muslim, waktu terbaik untuk berdoa itu memang di pagi hari saat sepertiga malam terakhir. Semua orang muslim menyakini hal ini karena saat pagi hari semua malaikat menyaksikan apa yang kita lakukan sehingga wajarlah jika banyak orang yang diberikan karunia yaitu orang yang selalu bangun pagi.  Dalam sebuah hadis sendiri terdapat riwayat “Umatku ini diberkati ketika bangun pagi-pagi.” (HR.Ath-Thabrani dalam Al-Ausat).

Kok jadi penting gini ya tulisannya? *baru nyadar kalau selama ini menulis yang nggak penting. Ya nggak masalah deh selama masih bisa dibaca. Nah sebagai aktivis bangun pagi, saya mau bilang kalo udara di pagi hari itu bersahabat. Percaya deh! Ciyusan ini mah. *mulai deh ga penting keluar.Jadi begini, dari penelitian dan pemikiran saya selama kurun waktu berbulan bulan (*mudah-mudahan ga ada yang nanya metodologi penelitiannya) Pada saat kita bangun pagi dan keluar rumah maka kita termasuk orang yang beruntung sodara-sodara. Disaat orang lain masih pada terlelap kita dengan leluasa dan boleh rakus menghirup Oksigen yang melimpah diberikan oleh langit.

Katanya sih kadar gas Ozon (O3) di pagi hari itu berada pada titik tertinggi. Nah yang beruntung mendapatkannya hanyalah orang yang biasa bangun pagi. *sambil membusungkan dada BANGGA!!! Apalagi kalau bangun paginya pas banget di daerah perbukitan atau lokasi yang jauh dari polusi. Nah kadar oksigen ini akan berkurang secara berangsur-angsur hingga hilang sama sekali saat Matahari pagi terbit. Kata temen saya yang kebetulan dokter dia bilang Gas ini sangat bermanfaat bagi organ-organ saraf karena dapat mengaktifkan kerja otak dan otot tubuh. Jadi otomatis akan mempengaruhi rasa bahagia dan ketenangan yang nggak akan diperoleh di waktu siang atau malam.

Kenapa banyak orang menyukai tidur yang lama? Sama halnya ketika kita memiliki kasur dan bantal yang empuk. Ditambah dengan selimut yang super tebal dan membuat kita nyaman berada didalamnya. Saya akui kalau sedang berada di kamar waktu terbesar dihabiskan di tempat tidur. Mulai dari membaca, mendengarkan musik, atau hal ga penting lainnya. Tapi sekarang mulai sedikit dikurangi bahkan hanya untuk duduk saja di atas kasur. Bangun pagi itu ibarat memutus waktu tidur yang sudah lama. Diam dalam waktu lama otomatis membuat organ dalam tubuh menjadi tidak sehat karena terjadi pengendapan lemak dan tentu saja aliran darah yang tidak lancar. Jadi wajar jika banyak penyakit yang ditimbulkan dari tidur yang terlalu lama.

Kebanyakan orang jika bangun pagi selalu dihabiskan di dalam rumah tidak melakukan aktivitas keluar rumah. Padahal banyak manfaat yang akan dirasakan saat tubuh bertemu dengan udara pagi yang dingin. Pori-pori seketika membuka dan merasakan adanya aura dingin memasuki setiap sendi. Kemudian udara yang kita hirup dari mulut atau hidung mulai menembus tenggorokan dan segera memenuhi rongga dada. Perlahan namun pasti seluruh tubuh akan mulai merasakan alirannya melalui pembuluh darah. Maka tak salah pikiran kita pun kembali segar dan tubuh sehat. Apalagi jika dilakukan sambil berolahraga dan memandangi langit yang masih bertaburkan bintang yang bersinar seolah-olah mengatakan kepada manusia yang melihatnya untuk suatu saat nanti bisa menjadi bintang dengan menghasilkan sinar (karya) yang hebat.

Jadi sebagai aktivis bangun pagi. *sudah memproklamirkan diri. Saya ingin semua orang yang baca tulisan ini untuk berupaya bangun lebih pagi. Manfaat lainnya silahkan cari sendiri di Mbak Google pasti nggak akan menyangka betapa nikmatnya bangun pagi itu……

*utankayu, 22 Januari 2013…ditulis kala pagi hari

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s