evernote_3lg evernotebiz1 evernote-screenshot

Dua minggu terakhir saya begitu keranjingan aplikasi baru di MacBook Pro + iPhone yang baru saja diinstall. Nama aplikasinya Evernote. Dari namanya sudah jelas kan kalo emang digunakan buat yang suka nulis dan mendokumentasikan segala sesuatunya via kata-kata. Nah aplikasi ini sebenarnya simple dan mudah untuk digunakan. Yang terbiasa menulis di Blog pasti sudah ga akan kesulitan lagi buat menggunakannya. Kalau di Blog biasanya kita menulis langsung di web atau dulu saya menggunakan Microsoftword dengan template Blog Post kemudian setelah jadi baru kemudian disinkronkan dengan akun blog yang kita pilih. Kesulitannya memang ada seperti tulisan yang sudah kita susun di word ternyata berbeda penampilannya pas di publish ke web. Ataupun resolusi foto yang jadi kegedean ukurannya ketika tampil di web padahal sudah disesuaikan dengan ukuran frame yang ada.

untitled

Nah semenjak saya beralih dari Microsoft Office ke MacOS jadi mencoba melakukan sedikit perubahan dengan beberapa aplikasi baru termasuk si Evernote ini yang disediakan gratisan oleh Apple Store. Saya menjadi tertarik saat melihat beberapa video presentasi yang menggabungkan pekerjaan mendokumentasi, tulisan, dan beberapa hal lainnya yang berkaitan dengan aktivitas kantor. Sehingga akhirnya saya beralih menggunakan Evernote untuk hal-hal kecil dikantor seperti membuat catatan hasil meeting termasuk merekam pembicaraan yang ada, membuat beberapa rekayasa desain dengan mencapture-nya dan memuatnya menjadi satu halaman di dalam satu aplikasi, mencopy beberapa artikel dan memotong clip langsung dari web tanpa perlu di simpan terlebih dahulu, kemudian menshare hasil beberapa dokumen ke beberapa rekan tanpa perlu repot mengirimkan satu-satu tinggal pilih saja dokumen yang boleh dilihat orang banyak dengan akses via web. Kalo ga sempet langsung via web bisa juga dibuka via aplikasi smartphones seperti iPhone, android dan Lumia.

hero_evernoteRemember-everything-with-Evernote-Skitch-and-our-other-great-apps.-EvernoteStep_one_evernote

Nah tulisan terakhir mengenai sinkronisasi dengan mobilephone cukup membantu saya untuk bisa pergi kemanapun tanpa perlu gangguan kantor. Ketika ada dokumen yang sudah saya siapkan dan disimpan di Evernote diperlukan saya tinggal buka aplikasi via mobile dan langsung share. Nggak usah khawatir jika dokumen akan bercampur. Karena aplikasi ini juga memberikan fasilitas folder sama halnya dengan Microsoft Office namun beda istilah di evernote disebut kontainer untuk memuat dokumen yang sudah kita buat dalam folder Notebooks.

Sehingga kita bisa mengatur mana yang pribadi, umum, bisnis ataupun lainnya. Aplikasi ini juga memungkinkan kita untuk merekam apapun yang ingin kita simpan di Notebooks.Saya cukup puas dengan penggunaan Evernote baik yang ada di MacBook maupun iPhone karena keduanya memiliki fitur yang mirip sehingga tidak terlalu sulit untuk mengatur beberapa dokumen. Untuk yang ingin lebih tahu tentang aplikasi ini silahkan cek video-nya di http://www.evernote.com/video/

Advertisements