Mengunjungi markas Power Rangers di Unand


60657143
Rektorat Unand yang mirip Markas Power Rangers

Ternyata kalo kebingungan mencari lokasi tempat persembunyian Power Rangers itu ga terlalu sulit. Silahkan pergi saja mengunjungi salah satu PTN terkenal di Sumatera Barat yaitu Universitas Andalas (Unand). Serius loh, kampus Unand itu dari jauh terutama bentuk rektoratnya terkenal dengan sebutan kampus Power Rangers. Seru ya!!!

Ini perjalanan saya kedua mengunjungi kampus terbesar di Sumbar setelah sebelumnya sempat datang pada tahun 2004 silam dalam rangka LKTI tingkat regional Sumatera. Tidak ada yang berubah dari kampus yang digadang-gadang sebagai kampus modern dan unik dengan luas wilayah 502 ha terbesar kedua setelah Universitas Sriwijaya di Palembang (712 ha).  Kali ini saya ditemani sama Uda Hafiz Husni yang dahulunya merupakan mantan ketua AIESEC Unand berkeliling mengingat masa-masa pertama kali saya menginjakkan kaki di kampus ini.

Pas pertama kali kesini tahun 2004 silam,  kekaguman saya dengan arsitektur kampus ini tak pernah pudar. Dibanding kampus lainnya di Indonesia yang pernah saya kunjungi. Kampus Unand mungkin mirip dengan Kampus Undip yang berdiri diatas sebuah bukit. Namun keunggulan Unand adalah desain bangunannya yang memanfaatkan dinding dilapisi beton sehingga bagi saya seperti berada dalam sebuah benteng besar nan kuat tidak akan roboh.  Mungkin bisa merasakan seperti berada dalam wilayah pertahanan dan keamanan super canggih. Jadi tak heran jika banyak yang menyebut kampus ini sebagai markas Power Rangers.

unand1 tiunand titl Unand

Keunggulan Unand dengan menggunakan dinding beton mungkin menjadi kampus pertama yang ramah lingkungan. Karena tak memerlukan biaya ekstra untuk mengecat ulang jika suatu saat dindingnya rusak dan pudar. Justru dengan menggunakan dinding beton ini seperti sebuah batu besar yang digunakan sebagai tempat mahasiswa belajar. Akan semakin alami ketika dibagian lain gedung Unand ditumbuhi lumut-lumut hijau. Namun untuk menjaga kebersihan saya melihat ada beberapa bangunan yang sudah dibersihkan dari lumut. Cukup simple juga pemeliharaannya.

Untuk menuju ke kampus Unand tidak terlalu sulit dari kota Padang. Silahkan menuju ke Pasa Baru (sengaja r dihilangkan untuk menyebut Pasar) disana terdapat halte dengan bus mahasiswa bertuliskan Unand. Bus-bus ini senantiasa mengantarkan mahasiswa ataupun orang yang hendak menuju kampus Limau Manis (selanjutnya saya akan bilang Limau Manis dengan Limau Manih, disesuaikan dengan aksen Minang). Sama hal-nya dengan kampus PTN yang ada di Indonesia yang menyediakan sarana tranportasi ke kampus menggunakan Bus. Setahu saya baru UI dan UNSRI yang sudah melengkapi sarana transportasi mahasiswa dengan membangun stasiun kereta api.Nah sepanjangan perjalanan ke Limau Manih kita akan menemui  6 halte pemberhentian yaitu di Sendik, Jamsek, Kapala Koto, Muko Kost Jisung, Sabalun Jembatan, dan Dakek Gerbang).

Setelah melewati itu semua barulah kita akan disambut dengan sebuah gerbang besar yang bertuliskan Universitas Andalas. Itu artinya kita sudah sampai di lokasi kampus Limau Manih. Perjalanan menuju kampus yang berbukit tak terlalu memakan banyak waktu. Sebagian besar mahasiswa di kampus PTN Indonesia akan turun di Fakultasnya Masing-masing. Namun di Unand ada sebuah keunikan tersendiri, semua ruang kuliah dijadikan satu kawasan yang letaknya ditengah-tengah kampus. Mereka menyebutnya sebagai gedung A, B, C dan seterusnya menyatu dengan Laboratorium Dasar. Jadi kebayangkan kita bisa bertemu dengan mahasiswa fakultas lain di gedung perkuliahan di Unand. Sedangkan Fakultas hanya digunakan untuk administrasi, dekanat, Laboratorium Teknik dan lanjutan, serta Bimbingan Mahasiswa.

art042

Oh iya ada yang kelewatan. Saya berfikir desain kampus-kampus di Indonesia itu sudah standar banget ya. Pertama lokasinya pasti jauh di pinggiran kota. Hal ini mungkin untuk memudahkan mahasiswa dalam belajar sehingga lebih terkonsentrasi untuk serius tidak terpengaruh dengan hiruk pikuk kota. Sama halnya dengan Unand di kampus Limau Manih setelah melewati gerbang, kita akan menjumpai sederetan Gedung PKM (Pusat Kegiatan Mahasiswa) lengkap dengan asramanya yang juga difasilitasi dengan lapangan olahraga serta kantin atau dulu disebut dengan barak.

5227847161727efd011fb

Seperti yang saya bilang sebelumnya jika kampus Unand ini berada di sebuah Bukit besar yang dinamakan Limau Manih. Dari atas bukit inilah bangunan kampus yang memiliki arsitektur unik dengan bagian atapnya dibuat menyerupai tanduk kerbau besar atau mengikuti rumah khas Minangkabau yaitu Atap Bagonjong. Namun sudah lebih dimodernisasi dengan sentuhan kekinian dan lebih menarik untuk dilihat.

Dari sekian banyak gedung yang saya amati. Tentu saja gedung rektorat menjadi primadona atau icon sebuah kampus. Nah tidak terkecuali dengan gedung rektorat Unand yang sebagian besar mahasiswa akan melalui pintu belakang dibandingkan pintu depan. Namun dari pintu depan kita akan bisa menyaksikan pemandangan laut lepas kota Padang yang terhampar di depan mata. Tempat ini favorit saya mungkin juga menjadi pilihan bagi mahasiswa Unand untuk bisa rehat sejenak menyaksikan pemandangan kota. Banyak yang bilang dari depan rektorat ini kita bisa menyaksikan Sunset. Wuiiih semakin ciamik dan rancak saja kampus Unand kalau sudah begini.


art040

Wajar kiranya jika Kampus ini menjadi kebanggaan masyarakat Sumatera Barat dan karena berada di atas bukit membuat suasana lingkungan di sekitar kampus sangat sejuk dan hijau dimana-mana. Kontras dengan bangunan kampus yang megah serta gagah dalam warna dinding batu-batuan yang membuat ciri khas kampus Unand menjadikannya lebih hidup dan menyatu dengan alam. Selain di Kampus Limau Manih di Padang, kampus Unand juga tengah mengembangkan kampus barunya di Payakumbuh tentunya saya berharap ciri khas arsitekturnya akan dipertahankan disana.

Kota Padang dari Kejauhan
Kota Padang dari Kejauhan

Nah bagi yang mau jalan-jalan ke Ranah Minang. Nggak ada salahnya mampir ke kampus Unand di Limau Manih. Tapi saran saya gunakan hari sabtu karena suasana kampus tidak begitu ramai dan bisa menikmati kampus. Jadi teringat dengan kampus sendiri nih….

IMG_0589

Advertisements

42 thoughts on “Mengunjungi markas Power Rangers di Unand

  1. hahaha ngapain kawanku ada sana? Gue tuh bermimpi kampus2 di Indonesia itu menjadi tempat ternyaman untuk melarikan diri dari hiruk pikuk dunia. Jadi sewajarnya memang ide untuk membangun kampus jauh dari kota itu gw dukung dan mengembalikan ke alam. Unand, Unsri, Undip dan UI kampus2 yang pernah kita kunjungi bareng memberikan semua itu….unsri sendiri kenapa sekarang malah banyak membangun di Palembang ya ketimbang di Inderalaya?

    1. lagi nostalgia sob. Unand ini punya cerita sendiri hahaha *jadi curhat Tapi emang keren sih arsitekturnya mirip power rangers basecamp. Kalo Unsri gw udah lama mikir tuh kampus mau narik banyak calon mahasiswa kaya makanya bangun kampus yang super mewah di Palembang. Mestinya kayak unand yang buka cabang di Payakumbuh. Unsri juga bisa buka cabang di tiap kabupaten

  2. Oh ini toh unand itu. Gw masih mikir kalo di Sumatera itu kampus Keren ya di Kota Palembang atau Medan. Secara kedua Kota ini yg paling dinamis di Sumatera. Kampus unand unik dari tulisan lo gw bisa merasakan suasana disana!!! Majulah pendidikan Indonesia

  3. 100 besar perguruan-perguruan tinggi di Indonesia

    1 440 Universitas Gadjah Mada
    2 497 Institute of Technology Bandung 1875
    3 581 University of Indonesia
    4 634 Gunadarma University
    5 722 Brawijaya University
    6 781 Diponegoro University
    7 839 Bogor Agricultural University
    8 848 Institut Teknologi Sepuluh Nopember
    9 885 Universitas Padjadjaran
    10 929 (2) Airlangga University
    11 1020 Petra Christian University
    12 1045 Universitas Negeri Malang
    13 1078 Universitas Sriwijaya
    14 1097 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
    15 1108 Universitas Pendikan Indonesia / Indonesia University of Education
    16 1196 Universitas Islam Indonesia
    17 1240 Universitas Sebelas Maret
    18 1277 Universitas Mercu Buana
    19 1440 Universitas Muhammadiyah Malang
    20 1481 Hasanuddin University
    …..
    79 4780 Universitas Bina Darma Palembang
    100 5921 Muria Kudus University

    http://www.eocommunity.com/showthread.php?tid=39088

    UNAND belum masuk list…?

    1. ada bro di peringkat ke-32. Masih di Unsri dan USU di Sumatera yang konsisten tetap posisinya. Kalau gw sih ga mempersalahkan peringkat karena bisa aja itu komersialiasi. Tapi setahuku unand itu bagus dalam koleksi arsip online-nya walau ga begitu banyak. Mungkin karena jumlah mahasiswa ga sebanding banyak dgn Unsri atau USU di Sumatera

  4. Saya alumni Undip dan Ugm dan pernah kuliah di universitas swasta Baiturahmah Padang dan kualitas dosen baiturahma saja menurut saya lebih baik dari kedua univertsitas tersebut..saya berpikir apalagi dosen2 UNAND saya yakin akan lebih baik dari baiturahmah

    1. Ini bahas apaan ya? Tulisan diatas hanya review kunjungan saya ke unand kok lari ke masalah kualitas. Tulisan saya cuma menceritakan kondisi kampus yg indah di Bukit limau manis dan arsitektur dari apa yg saya lihat. Nggak membahas masalah mana yg baik Antara a dan b karena saya pikir semua kampus menarik utk dikunjungi. So tulisan ini jg pendapat Pribadi namanya juga blog ok thanks buat infonya sblmnya

      1. lihat temanmu Fauzan yang seolah2 menanyakan kualitas Unand lis berapa? ia buta pasti listnya terlupa..aku tahu peringkat unand di indonesia tahun 2011 pada peringkat 11 dia buta kalee sehingga tidak melihat list unand bukan dong peringkat universitas diindonesia tahun 2011…pemberian peringkat nadsionalini tidak transfaran saya punya banyak teman dari universistas yg disebut berada di atas unand menurut saya kualitas lulusannya biasa2 aja

      2. tenang saja teman, tak perlu kuatir itu kan pertanyaan yang sifatnya personal teman saya yg hanya konfirmasi dari sumber yg dia catut. Saya justru malah nggak pernah memikirkan siapa yang terbaik berdasarkan peringkat. Semuanya kampus di Indonesia punya peranan penting utk kemajuan pendidikan bangsa, saya punya banyak teman juga di Unand termasuk kemarin yg menemani saya selama berkeliling di Unand beliau mantan presiden AISEC Unand. Mengenai pemberian peringkat kita serahkan saja ke lembaga yang berwenang. Kita juga tak harus banyak effort untuk membahas masalah ini karena tulisan saya dari awal benar-benar pure cerita kondisi lapangan Unand yang indah dan berkesan. Sekali lagi terima kasih sudah menyempatkan diri mampir di blog saya. Salam kenal-salam takzim

  5. Muhammad Fauzan..itu versis siapa? anda tahu Unand peringkatnya jauh lebih baik dari unsri dan USU di tingkat Asean dan dunia ..kamu buta ya? unand adalah universitas dengan peringkat ASEAN peringkat 40, sedangkan UNSRI peringkat 47 di asean dan USU peringkat 56 dan untuk di DUNIA peringkat UNAND juga jauh di atas UNSRI dan USU dimana UNAND berada pada peringkat 1348 dunia sedangkan UNSRI peringkat 1473 dunia dan USU 1671..saya lebih percaya peringkat yang diberikan dunia daripada yang dinilai oleh orang2 yang memberikan skore karena uang…saya yakin itu ini budaya jelek bangsa kita yang bisa mempermainkan skore denmgan segopok uang

    1. dear teman-teman
      mohon maaf sebelumnya diskusi masalah peringkat ga perlu diperpanjang lagi. Tulisan saya sama sekali cuma memuat kekaguman saya mengenai lokasi kampus unand dan bentuk bangunannya secara kasat mata dan pendapat pribadi. Untuk masalah peringkat saya yakin setiap universitas ingin berlomba-lomba menjadi yang terbaik dan bersaing secara positif. Ini bagus menurut saya untuk kemajuan pendidikan Indonesia. Dan nggak baik rasanya membanding-bandingkan satu universitas dengan universitas lainnya karena peringkat semata. Mengenai versi webometric yang disampaikan teman saya bisa dilihat pada link-nya dan itu bukan pendapat Muhammad Fauzan, beliau hanya mencopy sumber-nya dgn alamat URL. Mungkin Mbak Dian bisa share juga link URL peringkat ASEAN dan DUNIA versinya biar menambah wawasan kita. Dan sekali lagi kita nggak perlu memperdebatkan peringkat mau Unsri, Unand atau USU dan lainnnya sudah memberikan kontribusi bagi kemajuan SDM Indonesia

    2. maaf nieh teman Se-Sumatera, sebenarnya UNSRI yg melahirkan Unila,Poltek Unsri, Unib dan Unja, USU yang melahirkan Unsyiah, Polmed & Unimed sedang UNAND yg melahirkan Uiv Neg Padang, Poltek Padang adalah Kampus Indukan di Sumatera. Anda anda semua patut berbangga karena itu loh. sama seperti UI, UGM dn ITB yg paling tua dn bergengsi, aku pikir anda anda semua terlalu mempermasalahkan Peringkat ketimbang mutu alumni-nya di Dunia Kerja dn Prestasinya juga. sedang UNSRI masih lebih eksis karena Jurusan jurusan Favorite dan dari alumninya sangat menonjol, seperti President DIRECTOR PT FREEPORT pernah dipegang anak Tek Tambang UNSRI loh, sedangkan untuk DIRECTUR PENGOLAHAN PT PERTAMINA saja yg sekarang dipegang sama anak TEK KIMIA UNSRI loh, begitu jg dgn PT KPC, Marzukie Alie yg adlh Ketua DPR RI, Antasari Azhar Ketua KPK, Duta Besar RI untuk POLANDIA, dan Sekelas CHEVRON jg anak TEK KIMIA UNSRI diakui loh. So, kita berbicara Kualitas yg ada dilapangan. Anak USU jg lumayan untuk bersaing dgn PTN Jawa lainya, namun UNAND masih kurang karena untuk Prodi Jursn Teknik Se-Sumatera masih yang paling MUDA dibanding USU dan UNSRI kan..?? Berdasar Pengalaman saya saja bahwa Untuk MT (Read army) Sinar Mas Pulp & Paper hanya 2 PTN Sumatera ( USU dn UNSRI )yang disejajarkan dgn PTN Jawa seperti Undip dn ITS dn UI. seingatku anak Unand yg ketrima disitu cuma 1 kok ( thn 2011 ), sedang dari USU dan UNSRI nyampai 5 Orang. Itu saja sudah membuktikan kok, jadi UNAND masih dianggap karena masih berada di 3 besar PTN Hebat Sumatera. USU dikenal dengan Fakultas Kedokteran dn Hukum-nya yg Bagus. UNSRI dikenal karena Fakultas Teknik dan kedokteranya yang berkelas, begitu jg dgn Fakultas Ekonomi dan Hukum-nya. aku pikir jg Unand punya Prodi jursn yang bagus seperti Kedokteran dan Pertanian-nya kan..??. ayo jangan berantem yg gak MUTU gitu donk.??.hehehehe. Berbanggalah..yang Penting UNSRI, USU dan UNAND dalah yg terbaik di Sumatera oK oK..?? untuk Versi Peringkat 4ICU 2013 untuk ITS saja gak masuk 10 Besar loh (peringkat 17), malah dibawah UNSRI (15), semua bisa naik dan turun dan itu WAJAR sieh, namanya BERSAING kan..??

  6. Buat Dian dan Delano, nih saya kasih link URL-nya dan ini update Januari 2013 bukan versi anda yang 2012 apalagi 2011 (itu juga ga disertakan link-nya). Trus kalau komen harus jelas sumber-nya. Jangan asumsi pribadi sertakan alamat URL untuk mendukung pendapat biar valid. Di komen saya sebelumnya jelas sekali saya sertakan alamat link peringkat universitas di Indonesia bukan seperti anda berdua yang membabi buta taklid semata. Buat sohibku Asril sorry gw kotori blognya, nggak masalah bro ini buat wawasan kita mengenai peringkat ini jadi lo nggak perlu serta merta menolak informasi dari gue yang jelas sumbernya. Perlu diketahui juga bahwa peringkat ini ga ada kaitannya sama sekali dengan membandingkan kualitas lulusan yang jumlahnya ribuan. Kalau bertemu satu dua orang teman alumni sebuah universitas ga fair rasanya mengkaitkan dengan kualitas keseluruhan. Gw cuma sebel aja sama orang kayak dian dan delano ini yang khas orang Indonesia langsung reaktif dan defence.

    Nih sumbernya yang terpercaya paling update Januari 2013:
    http://www.kopertis12.or.id/2013/02/07/peringkat-perguruan-tinggi-versi-webometrics-edisi-januari-2013.html

    dan

    http://www.webometrics.info/en/node/28

    Buat Dian, iya gw penasaran mana link URL versi Dunia dan ASEAN? Jangan2 cuma omdo ga ada bukti. Selain webometrics saya penasaran lembaga mana menurut Dian yang punya metode peringkat Dunia dan ASEAN????

    saya tunggu buktinya…..

    1. waduh nih notifikasi komen mengotori email gue aja.Tapi menarik juga sih bahas peringkat sampe ada yang komen tanpa ada link-nya. Langsung cek kampus gue terlebih dahulu, alhamdulillah ITS masih peringkat 10 besar. Hahaha..

      http://www.webometrics.info/en/Asia/Indonesia%20

      iya setuju gw dengan pendapat Fauzan nggak berarti kampus yg berada di luar 10 besar kualitas lulusannya ga oke, nih sohib gw yg punya blog malah lebih pintar dari gue #tepokjidat

      @Fauzan, mungkin delano dan Dian punya sumber yang lebih unggul dari webometric. Kita tunggu saja

      1. Dear all.
        Gatel juga nih pengen komen. saya cuma mau meluruskan saja bahwa Peringkat perguruan tinggi yang dipublikasikan oleh Webometrics saat ini memang telah dijadikan sebagai salah satu ukuran kualitas dari sebuah perguruan tinggi. Namun sesungguhnya penilaian webometric sendiri hanya menilai berdasarkan kualitas situs web dan juga kerapian dokumen digital yang membuka peluang open access. Hal ini yang menjadi kesadaran banyak perguruan tinggi untuk memuat publikasi ilmiah di web milik kampusnya dan memuat banyak informasi. Dan banyak PT berlomba-lomba mengajak civitas akademikanya untuk memuat jurnal dan tulisan yang nantinya bisa diakses di web kampus oleh masyarakat. Tentunya untuk memuat jurnal publikasi ilmiah diperlukan banyak resources dan sarana pendukung yang relevan untuk sebuah tulisan. Jadi semakin baik suatu jurnal PT menerbitkan publikasi di web dan bisa diakses maka semakin baguslah peringkat di webometric. Makanya saya beberapa kali komen please jangan memperdebatkan masalah peringkat satu dengan lainnya. Dan untuk hasil peringkat webometric ini biasanya dijadikan komersialisasi PT untuk menjaring mahasiswanya tapi untuk isu sogokan dan suap meningkatkan peringkat rasanya saya pesimis.

        mengenai lembaga peringkat sebenarnya masih ada selain webometric yaitu The Times Higher Education World University Rankings, Academic Ranking of World Universities (ARWU) serta QS Asian University Ranking. Tapi dari kesemuanya hanya webometric yang menjadi standar saat ini karena keakuratan data dan update setiap 2x setahun dan tentu saja bisa diakses oleh semua orang. Untuk lembaga peringkat universitas di Indonesia saya rasa belum ada saat ini yang melakukannya karena baik PTN dan Kopertis masih menggunakan webometric.

        ok mudah-mudahan informasi ini bisa memperkaya khasanah kita.

        salam takzim

    2. BUAT KAMU FAUZAN NEH BUKA DI SINI (SAYA YAKIN KAMU BELUM TENTU BISA MENGALAHKAN ALUMNI UNAND DALAM PRESTASI
      Peringkat UNAND, UNP dan PTN/PTS Lainnya…Silahkan Baca …
      nofrionsikumbang.wordpress.com/…/pering… – Translate this page
      Jan 31, 2012 – Informasi SNMPTN 2011: Institut Teknologi Bandung (ITB) menduduki Peringkat pertama Universitas dan Institut, baik Negeri maupun swasta …KAMU BUKA AJA DI GOGLE SAYA LEBIH PERCAYA PERINGKAT YANG DIKELUARKAN DUNIA DARIPADA TIM PENILAI INDONESIA YANG DIRAGUKAN KREDIBILITASNYA BUKTINYA DITEMPAT SAYA KERJA ADA TAMATAN USU YANG TIDAK MENGERTI APAPUN JUGA ADA TAMATAN UI/UGM YANG SELALU BERTANYA KEPADA TAMATAN UNAND LOH

      1. EMANGNYA CUMA WEBOMETRICK YANG NGELUARIN DAN AUDIT RANGKING ? BANYAK VERSI BRO YANG JELAS BUKTINYA SILAHKAN KAMU CEK DI SUMATERA TERUTAMA PROPINSI JAMBI, RIAU, KEPRI, BENGKULU, GURU, DOKTER HUKUM ALUMNI MANA YANG BANYAK BERADA DIJAJARAN SKPD USU, SRIWIJAYA ATAU UNAND SILAHKAN ANDA CEK MULAI DARI DOKTER, GURU, HUKUM, DLL… JANGAN BUAT KOMEN MENYINGGUNG ORANG/ALUMNUS LAIN SEOLAH2 UNAND ANDA PANDANG SEBELAH MATA

      2. Mbak Dian ini kekeh ya pengen menunjukkan sesuatu dengan data yang ga update. Jangan sampai alumni unand memalukan seperti ini tingkah lakunya seperti mbak dian. Atau jangan-jangan bukan dari unand? Data yang dipake untuk menunjukkan komentarnya menggunakan tautan blog seseorang yang sudah ditulis sejak 31 Januari 2012. Dan sumbernya webometric juga. Kan bisa dilihat bahwa url yg saya berikan yang paling update Januari 2013 datanya bukan dari Indonesia. Mbak itu tamatan dari mana, tahu ga sih webometric itu siapa? sudah buka belum link-nya. Sembari menuduh bahwa peringkat dikeluarkan oleh tim penilai Indonesia, kayaknya wawasan mbak dian ini diragukan. Link yang saya berikan itu sumbernya lebih update dari data blog milik Nofrionsikumbang. Buka dulu webometric, jangan-jangan nggak bisa baca webometric. Yang memalukan kok masih kekeh sama sumber data tahun 2011 yang ga update. Bahkan bikin malu saja, jelas-jelas di blog yang diberikan Unand masih belum masuk TOP, data tahun 2011 di blog tersebut juga Unand masih peringkat 17, trus peringkat berdasarkan parameter visibility juga unand masih peringkat 31, masih bagus peringkat 11 di webometric pada bulan Juli 2011. Ya ampun data lama jangan dipake lagi mbak? Saya harap mbak dian ga over reaktif seperti ini. Memalukan diri sendiri dengan data yang ga valid dan dari blog. Coba buka link saya yang dari webometric itu update Januari 2013.

  7. ANDA TAHU TURUN NAIK PERINGKAT ITU BIASA NAK MISAL DI JANUARI 2011 UNAND BERDASARKAN PERINGKATWEBOMETRIK BERADA PADA PERINGKAT 8 nASIONAL KEMUDIAN VERSI JULY TAHUN YG SAMA MENURUN KE PERINGKAT 11 WAKTU ITU USU PERINGKAT 12 DAN UNSRI PERINGKAT BERAPA WAKTU ITU? ARTINYA KAMU SALAH MENGEJEK SEOLAH2 UNAND TIDAK PERNAH BERADA PADA PERINGKAT ATAS DI ATAS USU DAN UNSRI NEH SEDIKIT CATATAN ..TERNYATA UNAND PERNAH MENDUDUKI RANGKING LEBIHTINGGI DARI USU DAN UNSRI BERDASARKAN WEBOMETRIK YG KAMU BANGGAKAN NEH: KILAS BALIK : Hari ini peringkat webometrics versi July 2011 diumumkan. Universitas Andalas berada di posisi 11 universitas di Indonesia dan di peringkat 1348 universitas dunia. Peringkat ini penurunan dari versi Januari, dimana Universitas Andalas berada di posisi 8 Indonesia. Untuk versi July ini, Universitas Indonesia berada di peringkat pertama universitas di Indonesia.

    Universitas Andalas keluar dari ‘top-ten’ Indonesia dan beberapa universitas lain mengalami kenaikan peringkat yang signifikan, seperti UMM dari 18 ke posisi 8. Ada juga yang posisi peringkatnya yang tidak berubah. Tapi baca berita ini, UIN Maliki Malang menjadi peringkat 1 Indonesia !!! Itu peringkat untuk univeristas di lingkungan Kementerian agama 🙂 Kalau seperti itu, Universitas Andalas menjadi peringkat 1 webometrics Indonesia, untuk universitas di luar pulau Jawa. he..he..

    Ada satu yang membingungkan, skor yang ada di webometrics. Coba perhatikan, Unand Size, Visibility, Rich file dan Scholar angkanya 2,458; 1,603; 598; dan 1,729. Angka tersebut jauh lebih besar dari angka-angka UI diperingkat pertama: 247; 827; 538 dan 460. Semakin kecil angkanya semakin bagus? Baca methodology yang dipakai webometrics, untuk parameter size dan visibility angkat tersebut adalah hasil ‘log-normalised’ atau dinormalisasi-logaritmik. ah, makin bingung! Congratulation for Andalas University, anyway!

    1. orang yang aneh. Jelas-jelas update terbaru yang Januari 2013 masih memakai data versi July 2011. Memalukan alumni Unand saja dengan komentar yang salah

      1. mana buktinya kalau unand pernah peringkat atas…kasih link-nya jangan pake asumsi pribadi. Masih bagus dapet peringkat 11 di July 2011. Jangan seperti katak dalam tempurung. Baca penjelasan asril mengenai pemeringkatan ini. Jadi pengen tahu dian ini seperti apa? seberapa pinternya sampai membaca webometric aja ga becus.

  8. udah sob nggak usah ditanggapin soal mbak dian itu yang kelihatan ga pintar. Hahaha kalau emang doi lulusan unand ga sepatutnya menjelek-jelekkan lulusan lain. Tuh lu sebagai alumni UI dihina. Tapi low profile aja. Setahuku alumni unand ga sebodoh mbak dian ini. Cek-nya pake apa mbak kalau di Sumatera banyak lulusan Unand? Mana bukti link-nya hehehe jangan pake perasaan kelihatan banget kan doi cuma sporadis membela diri. Ya jelaslah kalau di Sumatera pasti banyak lulusan Unsri dan USU yang secara populasi lulusan SMA dan jumlah penduduk kedua provinsi ini yang paling maju di Sumatera dibandingkan kota Padang.

  9. wah suka bingung nih kalau unand selalu dianaktirikan. Tetapi tulisan di Blog ini memang nggak memuat tentang peringkat sih cuma membahas tentang lokasi kampus yang menurut penulis berkesan. Tapi saya sebagai alumni unand juga suka merasa orang di jawa senantiasa nggak mau mengenal unand cuma kenalnya Medan (USU) atau Palembang (UNSRI)saja. Terlebih melihat hasil ranking dari lembaga selain biometric selalu nggak memasukkan unand didalam listnya. Kenapa ya?

    dalam daftar list 30 Perguruan Tinggi yang baru dirilis oleh lembaga 4ICU.org malah Unila yang selama ini nggak pernah masuk eh kebagian jatah masuk sedangkan UNAND malah nggak masuk

    listnya bisa dilihat disini http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/02/05/mhqsrt-ini-dia-30-perguruan-tinggi-terkemuka-di-indonesia

    ada apa ya? padahal unand termasuk PT yang banyak menghasilkan alumni berkualitas selain USU dan UNSRI di Sumatera…

  10. saya cek komen disini paling banyak toh..kampus saya juga nggak masuk tuh UNJ padahal jumlah jurnalnya banyak terbit. Mungkin birokrasi UNJ harus berbenah nih karena ribet..saya sih nggak mempermasalahkan peringkat toh kualitas alumni kan ga tergantung kampus tapi kemampuan seseorang bersaing satu sama lainnya. Thanks mas liputannya tttg unand menarik juga

  11. UNAND ada pda peringkat 32…di link yang di kasih saudara muhammad fauzan.sudahlah jagan diperdebatkan lagi.toh di dunia kerja pun kita akan bekerja sama juga..berpikir dewasa lah mbak dian dan bng fauzan.jangan sampai ucapan anda memperlihatkan kualitas diri anda sendiri.ma’af kalau sebelumnya ikut campur,saya hanya ingin memperjelas saja..

  12. Hm… perkenalkan, saya mahasiswa asal Pekanbaru Riau, waktu itu saya cukup tertarik buat kuliah di sumatera saja karna kan ada pilihan PTN yang cukup baik sperti USU,UNAND,UNSRI, kalo urutan popularitas spertinya yang baru saya tulis tadi yang bisa dikatakan paling popular di telinga siswa/i Riau. heheh bahkan UNRI sbg Univ lokal aja gak masuk *upssssss.
    Akhirnya dgn segala pertimbangan dll saya putuskan kuliah di slah satu PTN favorit Indo, tepatnya di Semarang, kayaknya masnya tadi ada nyinggung namanya deh dikit *clue, heheh..
    Hm,, agak miris sih liat komen yang sblum2 nya, kok yang dibahas A tp diskusi Z ya, saya sih gak mempermasalahkan mau kuliah dimana, tapi yang ngena ke passion kamu apa, ya kesitu aja. kita sbg org terpelajar indo gak usah lah compare mana lebih baik atau menjatuhkan satu sama lain, yang penting kita memajukan pddkan dan kualitas bangsa kedepan, kalo debat kualifikasi kampus masing2 kan yang malu almamater kita, kok bisa2 nya MAHAsiswa spt itu, kan justru jadi Big Question buat kita2. Yang harus kita hadapi tuh justru kualifikasi orang luar, spt yang di MIT,Stamford dll *tau lah ya. Kalo kita banding2in internal kita bagaimana kita menghadapi mreka sdangkan kita aja sperti barang pecah belah, heheh.. liat aja tuh USA TOP 100 mayoritas punya mreka smua *hiks. Kalo kita bandingin aja ya dgn tetangga sbelah NUS (National University of Singapore), jawara kampus kita di Indo aja gak ada apa2 kalo masalah pamor dan kualitas, tapi kan kualitas gak bisa diragukan, kita juga bisa menang kok, hehehe…
    saya sih fokus ke deskripsi alam dan gambar kampus UNAND tadi, keren yah,, sejuk,adem,,,tantram, indah, tenang,huhhhhhhhh. hehehh…. moga2 putra/i Indo yang disana maju trus dan kita bergandengan lah, kita tujukkan taring Indo di kancah Internasional. Masih ingat kan tman2 Mahasiswa sekalian pas upacara penerimaan MaBa di kampus masing2 dulu, pasti di disambut juga dong “Selamat datang Putra/Putri Terbaik Mutiara Bangsa di kampus Tercinta Universitas/Institut ………….”, duh bangganya, tapi akhirnya kita di persuasikan buat kerjasama satu sama lain, gak usah heboh aku favorit,pamor kami menang,paling banyak mahasiswa kayanya,gedung mewah, Riset nya besar bla..ble…bloo… yang penting,sejauh mana kita berbuat untuk bangsa dan negara, itu lah pencitraan utama kita, kalo masalah favorit dan pamor sampe terkenal yang bagaimana mah itu hanya Bonus kinerja saja. Lakukan aja lah yang terbaik. Balik kampung minimal ada buah kerja kita yang nyata utk daerah sekitar dulu,bahkan yang lebih besar lagi kalau bisa, Amin, heheh.. .. sorry Long post 🙂 .
    #Salam Pandji Diponegoro :0

  13. kerkompetisi dalam hal positif antar almamater boleh ,tetapi Ketika kita berbicara pendidikan indonesesia , seharusnya tidak lagi membicarakan kampus A, B, C ini yang unggul itu yang unggul, tidak lagi menonjolkan almamater masing2, toh kita satu , yaitu Indonesia, semua kampus punya ciri khas, keunikan, dan keunggulan masing2, ayolah saudara – saudara Indonesia satu

  14. Berkompetisi dalam hal positif antar almamater boleh ,tetapi Ketika kita berbicara pendidikan indonesia , seharusnya tidak lagi membicarakan kampus A, B, C ini yang unggul itu yang unggul, tidak lagi menonjolkan almamater masing2, toh kita satu , yaitu Indonesia, semua kampus punya ciri khas, keunikan, dan keunggulan masing2, ayolah saudara – saudara Indonesia satu

  15. tiba-tiba kok berkelahi begini?

    yang dibahas kan mengenai keindahan kampus.
    jujur saya mengakui kalau kampus UNAND memang indah,
    (kakak dan adek saya kuliah disana) jadi saya pernah kesana.

    saya sendiri lulusan universitas riau (UNRI/UR).

    mengenai perdebatan kualitas universitas, saya pribadi mengakui memang kualitas lulusan UNAND banyak yang bagus-bagus. saya membandingkannya begini;

    ketika saya diterima ditempat kerja sekarang, yang dari universitas saya, anggap lulus 7 orang & yang lulus dari UNAND bisa sampai 10 orang, disini saya bukannya kecewa dengan universitas saya, nyatanya saya bisa dapat bekerja dan mampu bersaing, tapi dari sini saya lihat ternyata lulusan UNAND cukup mendominasi juga. apalagi kalau kita membicarakan masyarakat minang itu sendiri.

  16. buat yang ngeremehin unand. saya slah satu mhasiswa unand bp 2008. kalau mau nyombong,. saya rasa unand terbaik disumatra. tapi lw pikiran logis. padang tu rawan gempa. jadi kebanyakan calon mhasiswa mikirnya. padang itu kota kecil. rawan gempa. n terlalu agamis. itu yg buat unand menurun rankingnya. lw soal kualitas mahasiswa n dosen. unand cukup baik,
    jadi jangan pernah membandingkan. cobalah anda bisa memilih untuk kuliah di jawa. pasti kalian smua berfikir dengan bandung jakarta dan jogja. kalian pasti jarang ingt akan surabaya. n kampus brawijaya nya yg juga sangat bagus.
    begitu juga sumatra. anda smua pasti ingatnya sumatra tu. medan. pekanbaru dan palembang. jarang org yg ingt sumatra tu sbg padang. sperti itu juga pilihan untuk berkuliah dsumatra.

    1. Saya pernah kuliah di Unand juga tahun 2010 sebagai mahasiswa baru asal Jambi mengambil jurusan Teknik Mesin. Suasanya kampus unand memang bagus seperti yang diceritakan di tulisan ini. Tapi saya rasa kehidupan kampusnya sangatlah membosankan dan tidak terlalu banyak kreativitas yang terjadi. Saya mau bilang kota Padang sangatlah tidak modern. Kota kecil ini tidak bisa mendukung Unand sebagai Kampus yang butuh banyak toko buku dengan referensi buku yang sangat sulit dicari. Toko buku sedikit sekali kecuali Gramedia yang sering tidak menjual buku kuliah dengan lengkap karena masih kalah jauh dengan Toko Buku Gramedia di kota besar seperti Palembang, Lampung dan Medan yang jauh lebih lengkap. Perpustakaan Unand pun mengklaim paling lengkap tapi saya masih kesulitan mencari beberapa materi kuliah. Akhirnya saya meninggalkan kuliah di Unand dan merantau ke Jakarta lebih memilih swasta. Yang saya rasakan memang seringkali doktrin dibilang sama senior bahwa Unand adalah terbaik..itu yang membuat saya bangga. Tetapi setelah saya pindah kuliah ke Jakarta..Mahasiswa Unand harusnya lebih terbuka dengan kemajuan dunia luar selain kota Padang. Banyak hal yang harus mereka tahu kalau Unand mungkin dulu terbaik tapi kini rasanya harus terus berbenah membuktikan doktrin itu.

  17. hmmm kebanyakan merasa terbaik tapi saya lebih suka melihat data yang real hasil webometrik tahun 2014..apalagi kalimatnya penuh dengan ‘saya rasa’. Takutnya tipikal seperti yang dipakai alumni unand dan mahasiswa unand untuk selalu ‘merasa’ tapi tak melihat kenyataan. Sehingga membuat mereka merasa terus sebagai yang terbaik. Biasa sih seperti ini tapi untuk membuat Indonesia lebih maju mari cek posisi Unand di ranking web of universities. Masih butuh effort untuk membuktikan sebagai yang terbaik di Sumatera masih kalah Jauh dengan Unsri di peringkat 19 dan Unand di peringkat 39

    link resminya: http://www.webometrics.info/en/asia/indonesia%20

  18. UNAND betul2 masih dibawah USU, buktinya teman2 saya banyak ninggalin UNAND demi USU, bahkan mereka bilang USU masih jauh lebih bagusss klo perbandinganya dibandingkan dngan UNAND, saya ngomong apa adanya, kata teman saya sih, saya gk tw apa2

  19. Assalamualaikum. Perkenalkan nama saya Andi Amri..saya Kuliah di Universitas Negeri Padang (UNP). Oya mengenai postingan ini saya mengakui unand adalah universitas yg indah dan cukup baik. Tetapi yg perlu kita pikirkan dimana pun kita kuliah tidak menutup kemungkinan kita untuk berprestasi dengan baik. Jadi janganlah kita saling menyebutkan kulitas dr univ kita yg terbaik. Intinya semua perguruan tinggi itu bagus, tergantubg kita gimana menjalankan prosesnya dengan baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s