Demi Apa saya hadir di IFW 2013 : Minangkabau Heritage????


Saya, Abi & Icha di IFW 2013
Saya, Abi & Icha di IFW 2013

Demi apa akhirnya saya bisa berada di JCC menghadiri “Indonesia Fashion Week 2013”? Pertanyaan ini terlontar setelah jum’at pekan lalu (February 15,2013) ketika mendapat undangan salah satu even terbesar tentang dunia fashion di tanah air. Berhubung tak ingin mengecewakan dan penasaran rasanya ingin melihat langsung pergelaran fashion show itu seperti apa? Saya putuskan untuk hadir dengan mengajak rekan saya yang lain yaitu Icha dan Abi.

Kebetulan tema yang diusung pada undangan yang saya terima adalah “Minangkabau Heritage” sehingga paling tidak akan menambah khasanah pengetahuan saya akan budaya Minangkabau. Kebetulan saya mendapat tempat duduk yang lumayan dekat dengan catwalk. Sehingga cukup mudah menyaksikan sebagian model yang memperagakan koleksi perancang asal Minang yang kali ini tampil diantaranya adalah Ade Listiani, En Shirikie, Oki Wong, Novia Hertini dan Yadiryah Zunur.

IMG_4319

Terus terang sih, saya kesulitan hal apa yang ingin dijelaskan dalam blog ini mengenai IFW 2013 ini? Saya nggak terlalu mengetahui mengenai dunia fashion. Sehingga bagi saya malam itu cuma duduk tenang tanpa melakukan pembicaraan yang bisa menganggu pengunjung, kemudian senyum ketika ada yang melihat, tepuk tangan dan seterusnya mata terpaku pada catwalk yang dibuat sangat lebar di bagian tengah arena Plenary Hall JCC.

Cuma sangat disayangkan atau karena keterbatasan ilmu, posisi yang menarik menurut saya itu adalah dibagian depan catwalk yang tepat menghadap layar besar. Namun rupanya setingan tempat duduk undangan sebagian besar berada di samping kiri atau kanan catwalk. Sedangkan bagian depan khusus buat para fotografer dan media. Sehingga ketika saya ingin mengambil dokumentasi selalu saja hasilnya kurang bagus bahkan terlihat banyak tangan penonton yang melakukan hal yang sama. Selain itu tema yang nampak di layar tidak akan terekam di layar. Kenapa bentuk catwalk dibuat sangat statis ya? Kenapa ga dibuat melingkar atau circle sehingga semua orang yang datang bisa merekam atau paling nggak mengambil gambar. Ah ini karena saya emang ga terlalu paham dunia peragaan busana?!!!

Undangan IFW 2013 : Minangkabau Heritage
Undangan IFW 2013 : Minangkabau Heritage

Yang bikin saya bingung juga adalah kenapa Tema Minangkabau Heritage tidak seperti bayangan. Tadinya saya berharap ada sedikit unsur minangkabau dalam tema peragaan saat itu. Namun cuma penampilan beberapa karya perancang asal Minang. Sehingga saya malah lebih mikirnya ini peragaan busana muslimah dengan sebagian besar peragawati mengenakan jilbab atau cuma dibalut tema Minangkabau karena asal perancangnya dari sana? Oh iya acara ini sendiri dihadiri oleh Putri Indonesia 2013 asal Sumatera Barat yaitu Wulandari dan beberapa istri pejabat seperti Istri Gubernur dan beberapa Istri Bupati/Walikota dari Sumatera Barat dan beberapa perwakilan dekranasda kabupaten/kota Sumbar. Lumayanlah bikin saya tahu kalo peragaan busana sekelas IFW 2013 ini cukup megah dan wah. Karena saya enggak terlalu paham dengan tema dan dunia fashion sebelum pertunjukan berakhir sudah pulang duluan karena bingung mau ngapain? he…he…he…he…

Nah yang mau lihat seperti apa pergelaran fashion show-nya saya ambil salah satu klip-nya via link dibawah ini

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s