IMG_4132 IMG_4133
Wah kesampean juga akhirnya bisa ketemu dengan even Brightspot Market 2013. Kali ini kegiatan diadakan selama 4 hari (14 – 17 Februari 2013) di Grand Indonesia Shoppingtown, West Mall, 5th floor. Seperti yang kita tahu kalau acara ini akan banyak dipenuhi dengan beautiful people dan tentu saja on a shopping frenzy. Tampaknya kalau kita berada di Brightspot market seperti bukan sedang berada di tempat belanja melainkan di sebuah party venue yang lengkap dengan banyak ornamen dan properti. Its like sort of a “party while you shop” thing or vice versa.

Sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 2009. Brightspot Market menjadi even yang paling ditunggu bagi penggila produk lokal buatan anak muda Indonesia yang memang sengaja memasarkan brand mereka. Nah menginjak perhelatan yang kelima kali ini tampaknya kegiatan ini semakin diminati bukan hanya produsen rumahan kreatif lokal namun juga mancanegara khususnya negara tetangga. Saya sendiri bisa menyaksikan betapa menariknya beberapa hasil kreativitas industri rumahan yang dikerjakan sebagian besar anak muda dengan tidak kalah selayaknya produksi suatu pabrik. Mungkin karena tempatnya yang terbatas maka tidak semua bisa ditampilkan, saya mikir there should still be plenty of the good stuff left.

Even ini bagi saya tempat yang cocok buat penggila produk unik dan terbatas karena banyak para desainer muda yang kreatif menciptakan sesuatu yang baru dengan kualitas yang bisa beradu produk sejenis yang ternama.Tampaknya banyak brand baru yang saya temui dan belum begitu familiar tak salah bila event ini  billed as “a curated market of all things cool.” Sehingga sewajarnya apabila produk lokal bisa disandingkan dengan produk internasional untuk saling bersaing dan merebut perhatian pengunjung yang didominasi oleh kalangan muda.

IMG_4140 IMG_4141 IMG_4142 IMG_4139 IMG_4143

Mungkin bisa dibilang kalau industri lokal terutama fashion sudah cukup berkembang di tanah air. Tak salah bila bisnis distro yang dahulu masih seputar t-shirt dan sepatu sekarang sudah berkembang menjadi lebih bervariasi. Banyak yang mengklasifikasikan bahwa distro lebih ke streetwear yang kurang fancy terutama bagi kalangan menengah yang ingin mendapat lebih dari sekedar pakaian dengan brand lokal namun lebih menekankan kualitas bahan, kenyamanan dan mendukung gaya hidup. Nah hal inilah yang ditangkap Brightspot Market untuk membuat indie label ini agar lebih mengutamakan mutu ketimbang kuantitas dengan mengajak mereka memperbaiki olah kreativitas dan memasarkan hasil kreativitasnya di mal. Karena saya yakin pasar untuk indie label masih ada asalkan bisa lebih membuat impression dengan terus menerus mengkomunikasikan kepada pasar bahwa produk indie tidak kalah menariknya dengan produk yang sudah punya nama.

IMG_4144 IMG_4146 IMG_4147 IMG_4148

Ojid,Shanty,Dany & Dzanny di BrightSpot Market
Ojid,Shanty,Dzanny & Dany di BrightSpot Market
Advertisements