Hunting Wisata Ekstrim di Senayan


IMG_5653

Akhir pekan ini ada kegiatan pameran yang menarik di kawasan Senayan Jakarta. Nah pameran ini merupakan kegiatan yang paling banyak ditunggu buat para pecinta olahraga ekstrim dan travelling. Nama acaranya Deep Indonesia & Extreme Indonesia 2013 yang dihelat sejak Rabu (4/4) hingga Minggu (7/4) April 2013. Tahun lalu saya cukup terkesan dengan pameran ini dan beberapa tawaran liburan dan travelling sudah sebagian besar saya jalankan. Tahun ini saya ingin mengulang lagi tapi fokus ke olahraga menyelam atau diving. Oleh karena itu saya niat mencari gear perlengkapan menyelam dan serba-serbi paket yang ditawarkan buat penyelam termasuk sedang mencari lisensi yang pas buat menyalurkan keinginan saya mengeksplorasi keindahan bawah laut Indonesia.

Sebenarnya sih pameran ini lebih menekankan pada kegiatan adventure travel dan water sport exhibition namun karena dirasa kurang greget ditambahi dengan pameran olahraga ekstrim, outdoor adventures, serta ekowisata. Makanya dua pameran ini lebih sering disebut Deep Extreme Indonesia ketimbang memisahkan kedua nama tersebut. Nah saya rasa pameran ini tempat yang pas buat kalian yang ingin tahu banyak mengenai petualangan, wisata bahari dan industri selam yang rupanya banyak banget paket yang ditawarkan dan bangga juga melihat sebagian besar paket diving berada di kawasan perairan Indonesia. Surganya memang Indonesia lah makanya saya serius mau bener-bener belajar diving dan mengambil lisensi.

IMG_5665 IMG_5664 IMG_5663 IMG_5662 IMG_5660 IMG_5659 IMG_5658

Saya sempat mencoba caving wall di arena pameran. Dimana di area ini merupakan simulasi saat akan melakukan susur gua. Dimana kita akan bisa menemukan tiang-tiang besi yang kokoh menjulang dengan tali-tali besar yang menggantung di sebagian besar sisinya. Lumayan seru dan menyenangkan, butuh keberanian dan menghilangkan rasa takut dan pas mencoba ternyata tidak sesulit yang dibayangkan cukup enteng mengangkat badan ke atas dengan menggunakan seutas tali. Di area ini juga terpajang motor buat paragliding dan perahu karet besar yang biasa digunakan buat olahraga rafting.

IMG_5673 IMG_5668 IMG_5687 IMG_5685 IMG_5683 IMG_5682 IMG_5681 IMG_5679

Cukup puas juga mengunjungi berbagai stand yang ada di pameran ini. Beberapa kali saya mencoba bertanya selalu mendapat jawaban yang menyenangkan dan membuat saya pusing harus memilih yang mana? Oh ya untuk masalah harga sebagian besar mendapatkan diskon yang lumayan sekitar 30 persen sampai dengan 70 %. Untuk wetsuit ada yang dijual seharga dibawah satu juta. Perlengkapan snorkelling juga lumayan didiskon dengan harga yang jauh lebih murah ketimbang beli di toko. Untuk paket-paket wisata banyak yang menjual wisata petualangan. Misalnya saya berencana ingin mengunjungi Pulau Weh ada paket yang lumayan murah yang biasanya seharga 4 juta didiskon menjadi 2 juta termasuk transportasi selama dikawasan pulau, perlengkapan diving, tiket ferry, meals, dan kamar hotel standar disebuah resort.

Atau kalau sekedar mau backpackeran cukup datang ke stand ke beberapa stand-Challenging Extreme yang menawarkan paket naik gunung ke Marapi, Pulau Cubadak, Ngarai Sianok dan Pulau Pagang di Sumbar, selain itu ada paket ke Gunung Kalimutu, Gunung Rinjani dan Gunung Tambora dengan paket lengkap dimulai dari trekking, sunset dan sunrise hunting, snorkeling, paddling, island hopping, beach combing, descending caldera, dan photo hunting. Saya tuh sampe bingung harus menyusun itinerary perjalanan sepanjang 2013 dengan mengambil hampir semua brosur perjalanan terutama ke Indonesia bagian timur yang merupakan surga bawah laut Indonesia.

Nah selain caving wall ada juga kegiatan lain yang patut dicoba selama berada dilokasi pameran yaitu Scuba Experience (Scubex). Scubex yang ditawarkan terutama untuk pemula yang ingin mencoba olahraga menyelam. Area Scubex ini berada persis didepan arena sebelum pintu masuk berupa akuarium raksasa yang berisi penuh air. Berharap tahun depan acara ini akan ada lagi dan saya mau fokus ke olahraga ekstrim seperti paragliding, terjun payung dsb.

One thought on “Hunting Wisata Ekstrim di Senayan

Leave a Reply

