Berterimakasihlah karena telah disakiti (1)


heartbreak1

Jatuh cinta itu persis kau naik gunung, tiba2 terjerambab ke dalam jurang dalam, meluncurnya mudah, tapi susah payah merangkak naik kembali.

Jatuh cinta itu persis seperti komputer atau HP kau tiba2 terkena virus, kena-nya gampang, tapi memperbaiki, servis datanya susah kali–bahkan tetap tidak bisa diperbaiki hingga kapan pun.

Jatuh cinta itu sama dengan kau naik mobil cepat, kau gas kencang, jalan landai, tiba2 rem-nya blong. Mobil kau melaju tak terkira, susah payah menghentikannya. Bahkan harus menabrak sana-sini, kau patah hati.

Maka, pahamilah resikonya.

*Tere Liye

Judul diatas bukan pembenaran untuk kita menyakiti seseorang. Cuma kadangkala hidup ini memiliki kisah yang komplit antara bahagia dan sedih.Namun porsi sedih sering menjadi kisah yang mewarnai hidup kita terlalu lama. Bahkan ada yang sampai harus memendam kesedihan begitu dalam sampai bertahun-tahun akibat tersakiti oleh orang yang di sayangi. Susah move on karena terlalu berharap banyak dan lupa diri akan takdir hidup yang harus dijalani. Seakan tak percaya kejadian pahit menimpa dirinya. Jujur saya menulis ini karena terinspirasi oleh banyak kisah. Dan kisah lama secara pribadi yang membuat kehidupan saya berubah drastis. Lebih mengena’ setelah tertimpa kesedihan, masalah, kisah memilukan dan duka lara teramat parah.#halah.

Dan sekarang saya malah ingin mengucapkan rasa terima kasih yang mendalam karena telah membuat hati ini tersakiti. Hmm gimana ya cara nulisnya biar nggak terlihat curhat di tulisan ini?….*memikirkan beberapa menit sambil mendengarkan CD Album A Song For You by Michael Lington...Jadi saya tersadar beberapa menit yang lalu. Kalau mengenang pada tanggal x bulan xx tahun xxx, jam xxx wib dilokasi xxx oleh xxxx bahwa memang sudah ditakdirkan untuk mengalami peristiwa tersakiti. Akan banyak versi cerita yang berkembang. Terlebih jika melibatkan pihak ketiga.

Dan itulah hidup yang serta merta menjadi episode yang harus dijalani dalam lembaran skenario maha sempurna, yang telah disiapkan oleh-Nya untuk saya. Mungkin pada saat itu hati saya belum terbuka dan tersadar saat kepiluan datang. Banyak malaikat dilangit sana yang terlihat begitu kasihan. Bahkan mungkin memberikan inspirasi bahwa masalah yang datang memang tak sebanding dengan harga hidup, yang sudah diberikan oleh Allah. Yang ingin menyadarkan saya bahwa hidup haruslah seimbang dan berjalan dijalan yang benar. Bahkan tak elok hanya memikirkan kisah pribadi yang tak berarti. Dibandingkan kisah jutaan manusia yang membutuhkan kepedulian dan sentuhan tangan kita.

heartbreak3

Kemudian pelan-pelan ingatan itu kembali datang. Detik demi detik drama yang terekam oleh kenangan masa lampau yang tak mudah dilupakan. Namun sangat mungkin untuk memaafkan & dimaafkan. Kenapa saya bilang begitu? Karena jika kita mau memaafkan masa lalu berarti kita tengah belajar keikhlasan. Tentunya akan menjadi pengganti rasa sakit itu. Dan ternyata kita nggak perlu melupakan kenangan pahit. Ibarat buku pelajaran, hidup kita itu harus komplit antara senang dan sedih. Semuanya harus seimbang, justru dengan kejadian pahit kita akan belajar tegar dan sabar. Menuju KEDEWASAAN. Mana mungkin saat kita bahagia kita bisa menguatkan hati untuk tenang dan sabar. Menerima kenyataan yang tak sama dengan keinginan? Kita mulai belajar menuju dewasa dengan mulai menerima kenyataan. Yang lambat laun banyak pikiran yang memenuhi ruang pikiran dan memberikan penjelasan mengenai arti masalah yang menimpa diri ini. Setidaknya pikiran ini datang bukan buah dari pengalaman orang lain melainkan memang saya sendiri yang harus menjalaninya.

Kita tak perlu membenci seseorang yang telah menyakiti kita pun mendendamnya. Karena kejadian sepahit apapun tak mengerti kenapa bisa terjadi? Karena melibatkan kejadian super rumit rancangan-Nya. Karena dalam skenario hidup yang telah diatur oleh-Nya memang hanya dia yang terpilih untuk hadir dalam hidup kita. Untuk  kemudian membagi kisah bersama-sama baik menyakiti ataupun tersakiti. Skalanya hanya diri ini yang tahu. Dan kedua-duanya yakinlah sama-sama menanggung rasa kecewa yang sama. Walaupun akhirnya yang tersakiti akan menderita paling banyak. Tergantung diri kita memaknai peristiwa yang hadir. Karena semuanya adalah pilihan-pilihan yang harus kita tentukan sendiri. Mau berlama-lama memendam rasa sakit hati. Atau sebaliknya mengganti rasa sakit hati dengan doa-doa tulus untuk belajar ikhlas memaafkan.

Nah disini diperlukan kedewasaan untuk merelakan setiap detik hal yang menimpa. Setelah kita rela dan pasrah maka yakinlah akan banyak kejadian yang lebih indah, berkesan dan bermakna menggantikan rasa sakit itu. Dengan petualangan yang super rumit, tak kita duga kembali datang mewarnai skenario hidup yang sudah dirancang. Hikmah tersakiti itu lebih indah ternyata!!! dan saya telah membuktikannya. Dengan mencoba tegar, kemudian berusaha untuk menemukan petualangan-petualangan baru. Daripada harus bermuram durja; menyesali masa lalu yang tak pernah kembali. Melakukan aktivitas baru bersama teman-teman baru dan berusaha hanya mengenang masa lalu ketika dia hadir. Tak benar-benar melupakan yang indah dan baik dari seseorang. We meet people for a reason. Either they’re a blessing or a lesson.

heartbreak4

Setiap pertemuan akan berakhir dengan perpisahan. Begitupun sebuah akhir akan menemukan awalan. Kalimat yang sering membuat kita menjadi nelangsa adalah, ketika cinta harus kandas dan berakhir duka nestapa. Kedukaan akibat ditinggalkan oleh orang yang kita sayangi merupakan bagian dari episode sakit hati. Yang diawali dengan penghianatan, kebohongan, kebencian bahkan kematian. Seakan-akan tak ada lagi yang bisa kita lakukan. Semuanya berakhir dan sia-sia. Rasa benci membara dalam dada menimbulkan keinginan mendendam, bahkan ingin menyakiti. Atau lebih sadis lagi merasa hidup tak ada gunanya. Kata selamat tinggal menjadi duka nestapa yang seketika membuat tubuh kita terasa menggigil kedinginan. Karena terlanjur merasakan kehangatan cinta. Lupa dengan semua kebaikan dan kenangan indah yang pernah dilalui bersamanya.

Lupa bahwa cinta itu sangat komplit berpasangan berisi suka-duka, sedih-bahagia, rindu-benci,khianat-setia dan tawa-airmata. Seakan cerita sedih menghiasi sepanjang waktu mengenalnya. Lupa bahwa kadangkala cinta tak selamanya harus memiliki. Lupa bahwa Cinta seharusnya dengan memberikan kebahagiaan kepada orang lain. Dengan merelakannya bersama orang lain untuk bahagia. Kadangkala akan jauh lebih nyaman ketika kita bisa melihat orang lain bahagia walaupun dia bukan milik kita. Namun Toh akhirnya kita bisa sadar bahwa itulah cerita hidup dan akan segera melalui hari kelabu tersebut. Sebagaimana matahari yang terus terbit setiap pagi. Kemudian menyempurnakan pergantian hari menjadi malam. Tanpa peduli apakah kita sedang bahagia atau sedih sekalipun?!!! Karena alam sedang mengajarkan kita sebuah harmoni kehidupan yang berpasangan.

Mengharapkan pelangi datang tanpa adanya hujan rasanya mustahil. Justru banyak dongeng dan legenda yang membuka wawasan kita.  Setelah gelapnya langit, suasana mendung, kemudian berubah menjadi derasnya hujan. Yang akan membuat suasana menjadi muram, dingin dan lembab. Akan berakhir dengan kehadiran warna langit yang indah dengan datangnya pelangi berwarna-warni. Kehangatan matahari yang berpijar sempurna. Disertai sekumpulan awan putih yang berkelompok dilangit dan suara burung-burung yang indah memberikan tanda hujan telah berakhir. Memberikan dialektika berpasangan secara alamiah. Akankah hidup ini hanya terisi dengan kesenangan semata? Tidak jawabnya semua harus berpasangan dan menjadi bagian hidup yang tentunya sudah diatur oleh-Nya untuk menjadi ujian.

Hmmm orang banyak yang bilang bahwa kisah sedih yang kita alami adalah bagian ujian buat kita mengambil pelajaran sebanyak mungkin. Hingga akhirnya seiring perjalanan hari yang terus berganti tanpa mempedulikan masalah yang kita hadapi tiba-tiba saja kita bisa melaluinya. Bersama kenangan yang sedikit demi sedikit mulai tersimpan rapat dihati dan pikiran untuk kita kenang bukan untuk dijadikan dendam. Namun menjadi harta kita yang tersimpan buat menjadikan kita sadar. Bahwa tak akan mengulangi kesalahan yang sama. Hebat jika kita termasuk orang yang bisa menjadikan masa lalu yang sedih menjadi bagian harta karun yang cukup kita saja yang tahu!!!

heartbreak5

Nah sebagaimana yang saya sebutkan diawal tulisan ini. Bahwa justru dengan tersakiti kita menjadi kuat dan tegar. Bahkan banyak kisah hebat menjadi sangat dramatis dan begitu menggugah hati. Ketika rasa sakit diganti dengan rasa bahagia dengan memaafkan.Toh masalah akhirnya kita bisa atasi seiring waktu baik perlahan maupun cepat. Orang akan mudah memaknai hidupnya ketika sudah tertimpa musibah. Tergantung bagaimana seseorang memandang masalah yang menimpanya. Seketika itu juga ketika kita sudah mau menerima kejadian buruk apapun maka akan banyak peristiwa indah yang akan kita dapati setelahnya.

Di alam semesta ini banyak sekali ditemukan jiwa-jiwa yang lemah termasuk saya. Ada kalanya peristiwa yang tak enak hati langsung begitu saja kita resah dan gundah gulana.Nah padahal Allah itu sengaja menarik jiwa-jiwa yang lemah tadi dengan berbagai proses untuk menguatkan menjadi jiwa yang kuat. Mereka-mereka ini harus ‘disakiti’ dahulu, ‘dikhianati’, ‘dikecewakan’, ‘dibohongi’ dan beberapa peristiwa yang menghadirkan orang lain sebagai pelakunya. Jadi jiwa-jiwa yang lemah ini memang sengaja diuji oleh berbagai peristiwa ulah tangan manusia. Banyak yang tak bisa melewati proses penguatan jiwa tersebut bahkan berlangsung terlalu lama.

Padahal itulah cara Allah untuk menguatkan jiwa kita agar bisa melalui berbagai proses yang diujinya. Mereka yang sadar sedang diuji dan dikuatkan Allah, pasti akan rela dan ikhlas atas peristiwa yang menimpanya. Yang kelak akan menjadi jiwa yang kuat yang dapat membantu orang-orang lain yang berjiwa lemah agar sama-sama kuat dan memahami apapun persistiwa yang hadir buatnya.

Saya selalu ingat pesan ortu ketika kita tertimpa masalah terutama kesedihan, bahwa hati kita menjadi sempit bahkan sesak akibat ketidakmampuan kita menerima kenyataan. Alias tidak ikhlas. Nah secara fitrah hanya ketenangan dan kedamaian yang kita butuhkan saat itu. Disaat itulah Tuhan hadir memeluk kita dan ingin menyadarkan kita bahwa apapun kejadian yang menimpa kita sejatinya bukan atas kendali nafsu kita namun ada Sang Maha Kuasa yang memiliki hidup dan kehidupan.

Kita terlalu sombong dan egois dengan keinginan hawa nafsu seolah-olah dunia dikendalikan oleh keinganan kita.Dengan demikian ada pelajaran penting yang sedang diujikan oleh-Nya yaitu keikhlasan. Seketika itu cuma datang dan berserah diri kepada Allah dan menyerahkan sepenuhnya masalah kita kepada-Nya. Yakinlah….

Jika pandangan mata qolbumu sudah dalam…, tidak ada satu kejadianpun yang buruk, semua baik baik saja…

Utan Kayu; 24 April 2013; 10:26 PM

Baca juga: Berterimakasihlah karena telah disakiti (2)

Advertisements

128 thoughts on “Berterimakasihlah karena telah disakiti (1)

  1. emang beda ya kalau nulisnya pake hati? Tulisan lo kali ini bikin gw mikir betapa beruntungnya sudah punya sahabat seperti lo walaupun pendiam, susah ditebak, dan tertutup tapi punya banyak pemikiran hebat dan penuh pelajaran. #salam takzim begitulah kira-kira kalimat akhir yang selalu lo tulis

      1. ga perlu receh sob!! Yang kertas merah juga ga masalah kalo mau kasih :p BTW siapa sih yang telah menyakiti lo? #kepoBanget

  2. ªk̲̅ΰ disakiti lelaki yang sangat ªk̲̅ΰ cintai,kita berpacaran bahkan sampai akan menikah,tetapi dia ternyata ada hubungan juga dngn wanita yang trnyt lbh dulu drpd aq,bahkan mereka juga serius!bagaimana hatiku tdk hancur?bgmn ªk̲̅ΰ bsa merelakan semua itua??bgmn ªk̲̅ΰ bisa melupakan smua maslahku itu?tolong saya,trmksh

  3. Thanks Mas Asril…Tulisanmu membuat ku sejenak hening..dan berucap terimakasih LUKA….

  4. Emang betul tulusan anda….krn tak selamanya penghianatan dalam cunra itu nyakitin…malahan kt bersyukur krn Tuhan nunjukin semuax sbelum bnar2 berjodoh..

  5. aku salah seorang yang sedang mengalami hal ini..berpacaran hampir 4 thn dan akan menikah di tahun depan,, tapi kandas karena aku harus memilih antara ibu atau pacar..walau dgn berat hati memilih ibu..tp,, jujur hati tetap terasa sakit.
    dengan baca tulisan ini, bisa jd slh satu obat untuk kembali bangkit!!

  6. salam kenal mas asril..maaf klo saya baru baca tulisannya.pengalaman mas asril sama persis dengan yang saya alami..skr ada seseorang yang akan menjadi pendamping hidup saya…tapi sebenarnya saya trauma mencintai orang dgn sepenuh hati…jadi saya berusaha mencintainya karena Allah sebab saya pikir kalaupun tidak jodoh saya tidak begitu sakit krn mgkn bkn jodoh yg trbaik dr Allah.menurut mas asril apa pemikiran saya salah??

  7. terima kasih sobat ku ,setelah saya membacanya semua alhamdulillah hati saya sudah mulai tenang sedikit tapi nggak tau deh besoknya masih begini atau tidak ……yg pasti saya harus tegaaarrr menghadapinya harus harus .

  8. Assalamualaikum Mas Asril,

    Saya juga sebagai salah satu pembaca artikel anda di atas.
    Kata-katanya mudah diterima, dan lugas. Saya suka sekali.

    Ya memang benar Mas Asril, memaafkan orang yang telah menyakiti kita (Bahkan mungkin jika orang tersebut tidak memintanya) adalah cara paling ampuh dan obat mujarab untuk mengobati luka kita sendiri.

    Berat? Memang, Susah? Pastilah.
    Tapi memang kita harus percaya bahwa Allah SWT tidak akan memilih cobaan melebihi kapasitas kekuatan hambaNya. Buktinya, saya kuat dan baik-baik saja.
    Bahkan saya dan keluarga saya semuanya bisa menunjukkan kepada orang yang telah melukai saya bahwa kami (saya utamanya) tidak terpengaruh apapun meski apapun yang telah dilakukan orang tersebut.

    Dengan semangat yang diberikan keluarga saya, dan melihat ketenangan saya (Yang tadinya juga sempat menangis berlarut), malah sekarang kami bisa menanggapi orang yang jahat tersebut hanya sebagai lelucon, menertawai kebodohannya kepada kami tanpa kami perlu membalasnya. Karena kami tau, bahwa Allah punya rencana yang lebih baik bagi saya, dan juga pasti punya cara yang indah kelak menegurnya, tanpa kami perlu bercapek-capek mengurusi. Keadaan penuh canda-tawa tersebut yang membuat saya bisa segera lupa akan perlakuan buruknya kepada saya, dan juga keluarga saya.

    Insyaallah, luka ini bisa segera kering. Dan yang pasti, saya sudah berjalan untuk meninggalkan, melupakan dengan memaafkan orang tersebut, dan mengikhlasnya untuk kebaikan saya sendiri.

    Chaiyoo.. Mas Asril.. 🙂

  9. ini tulisan terbaik yang pernah gw baca!! sarannya sangat ampuh dan mustajab. Membuka cakrawala berfikir yang lebih luas tidak hanya sekedar menjabarkan luka. Terima kasih LUKA!!!

  10. Salam Kenal mas Asril. Sy mengalami kejadian plg menyakitkn dlm hdup sya dngn adanya kenyataan bahwa suami sy telah menusuk sy dri belakang.
    Walaupun skrg dia bersumpah bhwa tdk akan mengulanginya lagi dan sudah benar2 bertobat dengan segala macam perubahan ke hal baik… ibadah yg lebih tekun, mau belajar agama lebih dalam, kasih syg perhatian ke saya dan anak2 yg lebih intens, dan mau melakukan berbagai persyaratan yg saya ajukan asalkan sy tdk menceraikn dia.
    Tapi perasaan sakit hati, kecewa, dan luka yang terlalu dalam membuat hati saya seperti mati rasa, rasanya sulit saya menerima dia lagi… dan membuat saya dilematis dalam bersikap.
    Tulisan Mas Asril ini semoga memberikan pencerahan buat saya… untuk benar2 bisa menekan ego saya sbagai perempuan yg tersakiti. Sampai saat ini masih bermuhasabah untuk diberikan petunjuk yg terbaik bagi keluarga saya….

    1. Salam kenal kembali
      Alhamdulillah jika memang tulisan saya bermanfaat. Saya turut prihatin atas musibah yang mbak alami saat membina keluarga. Tapi saya yakin akan ada sesuatu yang menantimu selepas banyak kesabaran yang mbak jalani. Saya yakin nanti mbak akan terpana hingga lupa pedihnya rasa sakit (Nasehat Ali bin Abi Thalib). Mbak wanita baik dan belajarlah memaafkan apapun…nikmati setiap rasa sakit dengan memaafkan suami apapun alasannya akan banyak dosa yang berguguran saat rasa sakit didada dibalas dengan memaafkannya. Kita nggak pernah tahu dosa apa yang kita perbuat siapa tahu ini ladang buat mbak buat membersihkan dosa2 tersebut. Salam takzim mbak

  11. Assalammualaikum, mas asril terimakasih bnyk atas motivasi nya. Saya sedikit lega dan tenang membaca nya. Barakallah ya mas 🙂

  12. KETIKA LUKA ITU DATANG ORANGTUA LAH YANG SEBENARNYA PERTAMA KALI MEMBERIKAN KEKUATAN KETIKA KITA TERLUKA DAN SUJUD KEPADA ALLAH LAH YANG MENJADI PENENANG JIWA DIMANA HATI YANG SEDANG TERLUKA TERHAPUS OLEH DOA DAN ASMA -Nya Yang MEMBUAT KITA LUPA AKAN LUKA ITU !!!! HINGGA LUKA ITU MENJADI SUATU INSPIRASI UNTUK HIDUP KITA DAN PENGALAMAN UNTUK KITA

  13. mas Kenapa aku masih menyayangi orang yg slalu menyakiti hati,perkataan nya yg slalu menyakitkan hati sakit nya bagai kan di tusuk tusuk,,tapi aku masih saja mencintai suami ku,,aku diam,aku ikhlas,aku hanya bisa menangis dan tak bisa berbicara lagi jika dia sudah marah2 yg gak jelas asal usul nya,tapi apakah aku ini perempuan bodoh?..sehingga dia memarahiku pun aku hanya diam dan hanya beristigfar?,kadang aku berpikir kenapa aku masih pertahan kan semua ini jika dia sudah tak menghargai ku,dan tak mempercayaiku lagi, apakah karna perbedaan umur kmi yang jauh aku 22 suamiku 37 makanya seenak nya dia memperlakukan ku,,aku bingung apa yg harus aku lakukan berpisah atau di pertahan kan,,,padahal slma ini aku slalu menurut,mengalah,hidup ku serasa dipenjara gak boleh kmana mana,tak boleh kenal dengan laki2 manapun,keluar rumah mesti diantar,kalo hp ada yg telpon dia harus tau siapa yg tlpon….jujur aku sakit ingin sekali menjerit sekencang2 nya aku sangat tersiksa dengan semua ini

    1. wah saya prihatin dengan nasib mbak. Tapi kalimat indahnya adalah mbak masih mencintai suami mbak apapun yang terjadi. Segala sesuatu butuh kesabaran, bagi saya jika mbak sudah berlaku baik. Maka sisanya biarkan Allah yang membantu tak perlu berkeluh kesah. Kuatkan diri utk bersabar. Mungkin suami terlalu cinta sehingga dia begitu khawatir. Berfikir positif saja..kalau perlu bicara baik2 dgnnya kalau mbak tak mau diperlakukan tdk baik. Paling nggak pernah menyampaikannya sehingga suami akan berfikir ulang

  14. Bagus bgt tulisannya mas asril, itu keadaan yg skrg aku alami, kadang terpikir unt balas dndam tp unt apa juga aku nyakitin org yg aku cinta walau dia selalu nyakitin aku, malah makin menyakitkan buat aku, memaafkan memang lebih baik, mudah2an aku bisa lewati ini smua, ikhlas itu kata yg mudah diucapkan tp sbuah ilmu yg sangat sulit dipelajari.
    Makasih atas tulisannya mas, bisa bantu menguatkan hatiku yg hancur.. ^_^

      1. Ketika kita tidak bisa melupakan orang yg sudah meninggalkan kita selama 4tahun lebih..apaa yg harus kita lakukan..semua cara suda dicoba unuk melupakan tapi masih belum bisa lupa

      2. Ga perlu melupakan, karena tak mungkin. Yang perlu adalah mengikhlaskan kepergiannya.Ingat kebaikannya saja dan doakan selalu..nanti beban berat sedikit demi sedikit akan hilang

  15. Ass..
    Ini Kisah ku.. Sudilah kiranya membantu saya mencari jaln keluarnya..

    Usia pernikahan kami baru 4 thn..dn anak kmi bru brusia 3thn.tp keadaan rumah tgg kami tidak pernah tenang.terutama saya yg tidak pernah tenang karena mempunyai suami yg suka mendua.ini bukn kali pertama suami saya selingkuh..tpi perselingkuhan kali ini yang paling menyakitkan hati saya.dia menjalin hububgan dengan rekan kerjany yg sedang hamil dan tau itu anak siapa..sedangkan dia tak pernah mw menjelaskan yg sebenarnya. Ya Allah inikah yang harus aku jalani..meski dia mengaku tak lg berhubungan dengan wanita hamil itu..tpi dia tetep bermesraan dgn wanita lain..seperti setiap malam dia bbman dengan wanita wanita lain.dan dia selalu marah ketika saya mengingatkan bahwa itu sudah tak lgi pantas dilakukan karena statusny yg telah beristri.jika sudah begitu lalu iya pergi ke rumah temanya sampai pagi..terkadang iya plg kerja sangat larut dan langsung tidur tak lg mempedulikan saya sperti saya tak pernah ada dlm hidupny dan begitu terus kejadian berulang setiap hari.hubungan suami istripun tak lg kami jalani.sudah satu minggu ini tidur kami terpisah.
    Lelah mata ini menangis..tersakiti setiap hari oleh sikapnya.ingin rasanya ku relakan tuk pergi jauh darinya agar aku tak mengganggu kebahagiaanya.karena kini yg aku rasa dia tak lgi bahagia bersama ku..tak lg nyaman brada di rumah.tapi mengingat anak ku baru berusia 3thn seketika ku urungkan niat ku tuk berpisah..namun sampai kapan aku mampu bartahan dalam kesakitan ini..sampai kapan..
    Memaafkan…tentu setiap dia berkhianat dn menyakiti ku saat itu juga aku memaafkan dn berusaha menerima kenyataan ini..terus mncoba kuat dn tabah demi anak ku..tapi sampai kapan..bukankah aku akan berdosa jika membiarkan suami ku terus berbuat dosa..sedang nasihat ku untuk mengingatkanya tak pernah di denger dan tak pernah dianggapnya..
    Saat ini stiap halah nafasku hanya rasa sakit yg aku rasa..
    Sampai kapan aku hrus bertahan..sedangkan saat ku temukan artikel ini dan ku baca..aku sudah dalam Batas Akhir ku..
    Apa yg harus aku lakukan..

    Trimakasih sebelumnya..
    Dn salam kenal..
    Wss..

    1. Terima kasih sudah membaca tulisan saya Mbak DN. Saya turut prihatin dengan apa yang menimpa diri mbak dengan keluarga yang saat ini tengah dilanda musibah. Problem utama mbak memang ada pada suami yang merasa tak peduli lagi dengan keluarga dikarenakan dia menemukan rasa nyaman ditempat lain. Karena saya juga sudah berkeluarga saran saya lakukan seperti yg istri saya lakukan. Dengan terus memberikan perhatian baik sms, bbm maupun senyuman dalam hal2 kecil. Seperti ucapan “jangan lupa sholat dan makan siang ya!” dan lainnya. Saya pikir hal2 kecil tersebut kalau secara rutin dilakukan walaupun diabaikan oleh suami mbak. Pasti dia akan berfikir ulang mengenai momen terbaik bersama sebelumnya. Yang membuat saya bangga adalah pada saat mbak ingin terus mempertahankan rumah tangga dengan mempertimbangkan anak yang masih kecil. Tapi percayalah rasa sabar itu tak ada batasnya mbak. Kadangkala kita mau menyerah karena tak kuasa menanggung beban namun percayalah disaat itulah Allah hadir untuk membantu mbak. Banyaklah berdoa dan minta pertolongan-Nya pada saat merasa sedih dan sakit hati. Usaha mbak yang telah mengingatkan suami, saya yakin pasti didengar olehnya namun belum menemukan momentum yang tepat. Berlakulah sebagai istri sebagaimana mestinya meski disakiti dan dizalimi karena ada pahala yang besar kelak buat mbak. Tunjukkan bahwa perhatian mbak tak berkurang sedikitpun sehingga membuat suami menjadi terbuka hatinya suatu saat bahwa ada seseorang yang begitu setia dan ikhlas bersamanya menjadi pendamping hidup. Buat dia menyesal kelak bahwa telah menyakiti mbak yang begitu mulia mempertahankan rumah tangga dengan segala resiko. Rasa sakit yang mbak rasa itulah cara Allah untuk menghapus dosa-dosa mbak. Karena perhiasan yang paling mulia adalah istri yang shalilah. Saya turut berdoa semoga suami mbak segera diberikan kemudahan untuk segera menyadari kesalahannya dan insyaf.Jika memang dirasa kelak rumah tangga bisa dipertahankan atau tidak yakinlah bahwa itu sudah melalui proses iktiar dan kesabaran yang hanya mbak bisa memutuskan.

      salam kenal kembali

      1. Thn 2006 (usia 22) saya menikah dgn lelaki (usia 39) pilihan keluarga tentu krn lelaki tsb berjanji akan ikut agama saya.. tetapi krn saya trlalu muda dan blm pny pengalaman apa2 (saya trgolong anak manja) akhirnya terbuai dgn rayuannya hingga hamil dan percaya dgn janji2 manisnya akhirnya malah saya yg ikut agamanya.. dari situ awal penderitaan saya trjadi.. suami tempramental, kasar..caci maki hina kerap terjadi… sering mengusir (pernah mlm2 saya pergi dr rmh sambil gendong bayi saya jalan kaki yg entah mau kmn sambil menangis,tetapi bodohnya saya keesokan harinya pulang krn dia sms tlp dan membujuk saya untuk pulang) kalau marah banting piring dll ringan tangan (pukul tendang tonjok) entah mengapa tatapan matanya penuh kebencian thd saya pdhl saya tdk pny salah apa2.. saya nurut krn saya takut dan ingin damai2 saja.. malah saya sempat tinggalkan keluarga saya dan sunguh2 ikut agama dia (saat itu dipikiran saya tdk mau mempermainkan agama) tp dia tdk prnh memperlakukan saya layaknya seorg istri atau ibu yg sdh melahirkan anak kandungnya. Saya tdk prnh cerita mslh ke keluarga saya krn ini sdh menjadi keputusan saya untuk menikah dgn nya.. dan kejadian KDRT,caci maki hina,mengusir selalu saja terjadi,malah pernah saya dikejar dengan pisau. (Adu pendapat saja lgsg dia sangat emosi) ditambah keluarganya ada sebagian pihak yg tdk suka saya (saya di fitnah tetapi suami lebih percaya keluarga nya) krn suku yg berbeda. selama bertahun2 hingga di thn 2011 saya memutuskan untuk balik ke agama saya semula dan mulai dekat dgn keluarga lagi dan mereka mau menerima saya dgn tangan terbuka lalu saya jujur menceritakan karena saya sdh tdk tahan,saya merasa psikis saya sangat terganggu (setiap mlm menangis,jedotin kepala ke tembok,pernah terlintas ingin bunuh diri,bicara sendiri hampir disetiap waktu) dan saya tdk mau menjadi gila hanya krn lelaki sperti dia.. Saya sdh sadar dan sungguh tobat.. tugas saya skrg mengurus anak dgn baik dan mendekat diri kpd Sang Pencipta.. singkat cerita skrg oktober 2014 (usia 30) saya sudah melalui sidang ke 3 perceraian.. saya lakukan demi memperjuangan agama dan anak lelaki saya.. pengalaman dan pelajaran hidup yg sangat berharga.. walau sangat berat dan menyakitkan tetapi saya merasa skrg menjadi pribadi yg kuat (mengingat dulu saya manja lemah takut diam) mandiri dan jauh lebih dewasa dlm berpikir.. terkadang saya masih menyesali mengapa ini terjadi thd saya,mengapa dia sangat tega dan kejam pdhl saat itu saya sabar nurut tdk macam2 sikap saya pun manis dan baik terlebih sdh ikut agama nya dgn sungguh2. Tetapi hikmah nya dgn begini saya skrg jadi tambah dekat dgn keluarga terutama ibu kandung saya,saya memangis dan mencium kaki ibu saya memohon ampunannya (bpk sdh meninggal di thn 2013) saya menyadari betapa berharganya keluarga dari apapun juga.. krn mereka ada disaat saya jatuh dan sakit.. hanya mereka yg menerima kekurangan kita.. walau teramat dlm sakit dan hancurnya tetapi saya berterima kasih juga kpd dia (berpikir positif) krn dgn kejahatannya saya terbentuk menjadi wanita yg mandiri dan kuat. Saya mohon doa nya kepada kakak2 di blog ini agar proses perceraian ini di mudahkan dan lancar2 saja..(surat resmi blm turun) dan terimakasih untuk kakak Asril Wardhani blog ini membuat saya lega dan lebih tenang.. kata2 yg menginspirasi, menguatkan.. Mohon maaf apabila ada cerita saya yg kurang berkenan, saya hanya ingin berbagi pengalaman hidup saya.. Terimakasih..

      2. Saya sedang mengalami masa2 berat… krn tdk tau jawabannya sampai saya mengetik di google ‘mengapa saya disakiti suami’ (aneh ya.. tapi 7 thn sdh berlalu saya tdk prnh tau jawabannya selain ini sudah takdir suratan jalan hidup saya) eeeh banyak keluar artikel2 dan sangat tertarik dgn artikel ini.. semua kata2 menyentuh dan kena bgt di hati saya.. sangat menguatkan.. malah ini adl jawaban dari pertanyaan yg saya ketik itu… terimakasih..

  16. Assalamu’alaikum..

    Mas. Sy mempunyai shbt. Dia religius. Kami berkenalan lewat media sosial dan tidak pernah bertemu. Dia mengarahkan aku utk berhijab, 2thn sy mantab dan klik cinta sm hijab. Dia yg mengarahkan tp Alloh yg memerintahkan krn ini kewjiban wanita muslim. Sejak itu sy jatuh hati tp dia ingin ta’aruf dgn pilihan dr guru ngajinya.

    Sy bersahabat dgn nya jd mengerti agama. Masalahnya skrg dia yg taat tiba2 menggoda sy, sy lebih suka dia cuek tp gak menampik kl dia sbnrnya dia mendekatiku. Lama2 iman kita tdk kuat. Dia tdk menghargaiku lg merendahkan melecehkan meremehkan membuat perasaan hancur.

    Sy tdk ingin di manfaatkan. Sy minta penjelasan berulang ulang.. dia diam.. pendiam skali.

    Akhirnya sy tdk boleh menghubungi lg.

    Mas bolehkh memutuskan persaudaraan menurut islam. Dan apakah sy hrs meninggalkan dia disaat dia kehilangan arah. Yg terfikirkan adlh kebaikannya. Bagaimana mjd wanita yg kuat tnpa shbt yg saling menguatkan. Skrg sy sendiri. Bagaimana berjuang sndiri di jln Alloh. Sy sedih dia spti itu. Tp sy tdk kuat dipermainkan ( menurut sy)

    1. Ok mbak saya tahu intinya. Kali ini saya akan bilang bahwa apa yang dia telah lakukan tidak ada hubungannya dengan keinginan mbak untuk berhijab. Ini semua hanyalah Hidayah dari-Nya. Kalaupun dia yang mengarahkan untuk berhijab itu hanya salah satu cara dari sekian cara Allah untuk membuka hidayah mbak berhijab. Kalau bukan dengan dia pasti akan ada orang lain yg melakukannya.Takdir ini mbak harus syukuri.Mengenai sosok virtual friend semacam ini mbak jangan terlalu banyak memberikan porsi perasaan terlalu tinggi. Karena kita tidak tahu siapa dia? Dalam hal ini mbak belum begitu mengenalnya dan belum bisa dikatakan bersahabat. Hanya virtual friend via online. Banyak sekali diluar sana orang-orang yang bisa kita jadikan teman seiring sejalan untuk saling menguatkan. Intinya perbaiki diri sendiri dulu. Akan banyak orang yang nanti akan datang menjadi sahabat kita. Jangan terlalu berharap banyak nanti kecewa. Niatkan hanya untuk memperbaiki diri tanpa atau dengan adanya kawan. Insha Allah akan dibantu oleh-Nya.

      1. Alhamdulillah sgt tegas. Imannya lg down. Saya lalai, memperbaiki diri sendiri. Minta doanya mas. Ilmunya sgt bermanfaat, smakin mantab walaupun sndiri. Innalloha Ma’ana. Sy hrs tenang mendekatkan diri lg.
        Terimakasih mas Asril..

  17. Gak sengaja baca, ternyata tulisannya bikin saya tersenyum,,, tulisan yg bagus mas asril,,,, # saya sedang terkena bencana sakit hati selama setahun 🙂

  18. trimakasih mas asril atas smua kata” ny yg sdh dpat menghibur qu kta” ni tlah membuat qu tersenyum bangkit dri ksedihan atas luka dan kpedihan hti qu krna org yg aq syangi mncampakan aq bgitu sja tnpa ada kta ptus dri ny hnya krna stu ksalahan yg smata” bkn salah qu dndiri ini smua krna akibat kbhongan nya dia snditi tnpa dia sadari seolah” aq lah yg brsalah akan aq trima aq jlani apa ada ny wlo bgitu sakit ny hti qu aneh ny aq msh tetap menyayangi ny akn tetap aq doakan smoga dia baik” sja smoga dia ditunjukan jln yg benar di jln yg allah rhido’i smoga cpat mnyadari atas kliruan dn ksalahan ny ..amin …

  19. Mas saya ingin minta saran,saya sulit sekali ikhlas menerima semua rasa sakit,rasa kecewa yang sahabat saya berikan, betapa saya sangat menyayangi sahabat saya itu,dia adalah sosok sahabat yang saya inginkan tapi ternyata dia tega tiba-tiba meninggalkan saya dengan alasan yang tidak jelas sya sangat-sangat merasa sakit hati pertama saya kehilangan sahabat yang saya sayangi kedua,dia mengungkari janjinya dia pe nah berjanji jika dia tidak akan pernah berpacaran semasa SMA tapi ternyata dia ingkar mas dia meninggalkan saya dan berpacaran dengan laki-laki yang pernah saya sukai,begitu bertubi-tubi rasa sakit yang dia berikan,rasa kecewa dalam hati sayabgitu besarbesar, sampai saya pernah berdo’a semoga allah memberikan rasa sakit lebih dari apa yang saya rasakan pada dia,saat itu saya kalut saya binging harus bagaimana lagi, saya pernah beberapa kali mencoba untuk ikhlas tapi nyatanya saya seperti bangkit dan terus jatuh lagi rasa sakit itu datang lagi dan lagi karenaasaya satu kelas dengannya setiap hari saya bertemu dia melihat dia bersama pacarnya setiap melihat dia bayangan semua penghianatan dia selalu membayangi saya itulah mengapa rasa sakit sya terus seperti tak ada ujungnya

    1. sahabat tetaplah sahabat sampai kapanpun. Betapapun saat ini sedang sakit hati. Tapi ingatlah dia pernah bersama-sama menjalani hari dengan penuh sukacita. Ketika dia meninggalkan kita tanpa alasan yg jelas. Sebenarnya itulah alasannya. Ikhlaskan kepergiannya. Jangan pernah membencinya. Adakalanya sahabat tak harus selalu bersama. Kenang dia dalam doa-doa tulus untuk senantiasa mendoakannya dalam kebaikan. Lupakan rasa sakit dihati. Cari pengganti teman yang baru sehingga akan bertambahlah jumlah sahabat kita. Jangan biarkan kita berlarut dalam duka cita..karena inilah saatnya mencari pengalaman sebanyak-banyaknya dengan banyak orang. Rasa sakit akan selalu ada saat kita menjalin hubungan dengan sesama manusia. Karena kita memang diciptakan tidak sama karakternya. Lupakan untuk membencinya..biarlah dia dengan pilihannya. Jika memang sahabat sejati dia akan datang pada masanya. Jika tidak? Berarti dia bukan orang yang tepat buat jadi sahabatmu

  20. Mas saya ingin minta saran,saya sulit sekali ikhlas menerima semua rasa sakit,rasa kecewa yang sahabat saya berikan, betapa saya sangat menyayangi sahabat saya itu,dia adalah sosok sahabat yang saya inginkan tapi ternyata dia tega tiba-tiba meninggalkan saya dengan alasan yang tidak jelas sya sangat-sangat merasa sakit hati pertama saya kehilangan sahabat yang saya sayangi kedua,dia mengungkari janjinya dia pe nah berjanji jika dia tidak akan pernah berpacaran semasa SMA tapi ternyata dia ingkar mas dia meninggalkan saya dan berpacaran dengan laki-laki yang pernah saya sukai,begitu bertubi-tubi rasa sakit yang dia berikan,rasa kecewa dalam hati sayabgitu besarbesar, sampai saya pernah berdo’a semoga allah memberikan rasa sakit lebih dari apa yang saya rasakan ,saat itu saya kalut saya binging harus bagaimana lagi, saya pernah beberapa kali mencoba untuk ikhlas tapi nyatanya saya seperti bangkit dan terus jatuh lagi rasa sakit itu datang lagi dan lagi karena saya satu kelas dengannya setiap hari saya bertemu dia melihat dia bersama pacarnya setiap melihat dia bayangan semua penghianatannya selalu membayangi saya itulah mengapa rasa sakit sya terus seperti tak ada ujungnya ,saya harus bagaimana saya ingin memaafkan tapi rasa sakitnya seperti tak pernah singgah dari hati saya..

    1. Sahabat tetaplah sahabat, bagaimanapun kondisinya. Apakah dia berbuat baik atau tidak kepada kita. Namanya sahabat dia akan tetap menyayangi sahabatnya. Ada kalanya sahabat tidak harus bersama-sama dalam setiap kegiatan. Ingatlah yang baik-baik darinya. Hargai pilihannya untuk menentukan arah hidup walaupun itu tidak sejalan dengan kita. Jika memang dia menjauhi, tetaplah berlaku baik. Karena seorang sahabat sejati akan tetap menjadi sahabatnya apapun kondisinya sampai nanti kalian akan bersatu lagi. Bertemanlah dengan siapa saja jangan hanya satu orang, maka hidup akan kaya dengan cerita dan pengalaman. Tidak perlu sedih, ada 200 juta lebih penduduk Indonesia. Mereka semua sangat menarik untuk dijadikan sahabat..buat positioning bahwa kita nggak apa-apa tanpanya bahkan bisa lebih bahagia dengan menemukan sahabat baru. Sampai nanti dia datang, maka terimalah dia kembali menjadi sahabatmu. Karena ceritanya akan jauh lebih bermakna kelak. Maka keikhlasan itu bukan karena kita rela disakiti namun memaknai setiap rasa sakit didada dengan senantiasa tersenyum bahwa dirimu memang sedang diuji untuk menjadi pribadi yang lebih matang dengan keluasan hati…mohon maaf hanya itu saran saya yang tak begitu baik

  21. Subhanallah, ternyata sakit saya tidak sendirian, banyak di luar sana yang merasakan sakit hati nya di tinggalkan. Tetapi hidup harus terus berjalan, Allah sangat dekat dengan kita mari kita meminta untuk diberikan yang lebih baik. Terimakasih mas asril tulisannya 🙂

  22. Saya menunggu 2 tahun untuk berpacaran dengan na, kemudian hal itu terwujud kelas 3 smp saya jalani hingga 3 sma dengan na.. Selama itu kita jalani LDR, 2 tahun gx pernah ktmu, tapi perasaan saya tak pernah pudar. Sikap dy yg seenk na sendri trkadang buat sya gx betah, tapi karna cinta ini tulus.. Sampai akhir na dy meninggalkanku dengan wnita lain, dengan alasan ingin menikahinya. Saya hancur 3 bulan saya larut deng masalah itu. Lalu saya bngkit deng iklhs memaafkan dan bersyukur atas semua na. Desember bulan ini saya bertemu lagi dengan na, dy meminta maaf untuk semua na, saya udh memaafkan dan kita jalani lagi sperti tman bysa tapi dy berkata ”menjadikanku harapan terakhir saat dy tak temukan jalannya lagi”.. Psangan dy skrng gx punya sopan santun dan tak bisa dibimbing, dy lelah tapi dy juga sayang sama saya dan pasangan na sekarng..
    Lalu apa yg harus saya lakukan mas, mengingat aku tak mau disakiti lagi tapi saya juga masih menyayangi na..
    Mohon saran mas..

    1. lupakanlan dia..kesempatan pertama saja sudah menyakiti kita, kemudian dia juga telah meninggalkanmu dan beralih ke pasangannya yg lain yg akan dia tinggalkan..lantas nanti bagaimana cara dia meninggalkanmu..jika memang mau sakit hati yang kedua kalinya silahkan lanjutkan..rasa sayang bisa kita berikan kepada orang lain yang akan datang dengan pengalaman yang lebih baik

  23. Ass. maaf numpang curhat. saya seorang istri, saya sudah menikah dengan suami saya selama 2 tahun, sebelum menikah saya berpacaran 5 tahun sama suami saya, saat usia pacaran kami 3 tahun saya selalu minta untuk dinikahi karena saya merasa matang untuk menikah selain itu kami berdua cukup mapan, tapi suami saya selalu bilang “saya belum siap untuk menikah”. suatu hari saya merasa bosan untuk minta dinikahi..dan akhirnya saya bertemu dengan laki-laki yang mau menikahi saya, saya pun mendua dari suami saya. Dan disaat tahun kelima suami saya ternyata melamar saya lewat orang tua saya (ayah saya karena mama saya sudah lama meninggal) dan ayah saya pun menyetujui tanpa persetujuan saya, padahal saya dan selingkuhan saya sudah merencanakan untuk menikah. ternyata rencana kami gagal terdahului oleh suami saya, dan mau ga mau menikah karena ayah saya sudah menyayangi suami saya karena usia pacaran kami yang lama. disaat hati saya sudah jenuh dan lelah dengan hubungan sya yang sudah 5 tahun dan dahulu dia selalu menolak untuk menikahi saya, saya sempat mengutarakn ingin cancel pernikahan saya . Tapi ayah sya mengancam kalau saya cancel pernikahan ini sampai kapanpun ayah saya tidak mau menjadi wali saya dalam pernikahan saya dengan siapapun. saya takut dengan ancaman ayah saya. dan akhirnya saya menikah dengan suami saya tanpa rasa cinta, dan suami saya pun tahu saya sudah hilang perasaan cinta kepadanya. sampai saat ini kami belum pernah berhubngan selayaknya suami istri. Saya tahu saya berdosa. tapi saaya tidak akan pernh melalukakan hubungan suami istri tanpa rasa cinta. ini adalah ungkapan marah saya, dengan cara iini saya menunjukan betapa tidak adilnya pernikahan ini. apakah saya salah kalau rasa ini telah hilang karena saya merasa jenuh selama dua tahun saya minta dinikahi, tapi suami saya tidak mau menikahi sya???sampai sekarang saya menderita batin tinggal satu rumah dengan orang yang sudah tidak saya cintai. saya tetap bertahan karena menghargai perasaan ayah saya.

    1. wah pelik juga ya mbak. Saran saya mulailah membangun cinta dengan suami mbak. Bagaimanapun takdir sudah menyatukan dan pernikahan. CInta akan datang jika mbak ikhlas dan menerima kenyataan kalau sekrang mbak adalah istrinya..selamat membangun cinta

  24. Menyakitkan sekali saat disakiti tapi lambat laun setelah berjalan nya waktu rasa sakit nya mulai hilang,dan mulai lg dan disakiti lagi..mungkin Alloh terlalu sayang padaku hingga di beri ujian berkali kali dan di pertemukan dg orang yg salah lagi,semoga smua akan indah pada waktunya.Aaminn

    1. love is meant to evolve. Kita akan terus merasa disakiti karena memang menemukan orang yang salah. Yakinlah semua itu akan berakhir bahagia saat telah mendapatkan orang yang tepat. Everything else in between is just preparation for such love..ayo move on

  25. Mas asril..mohon beri pencerahan sy ingin sharing. Sy berpacaan dngn laki2 , hampir 2th. Keluarga besar kami sudah menyetujui hubungan kami, dia sering datang , hampir setiap hari kerumah. Karna rmh kami tak berjauhan. Saya seminggu sekali pun juga ke rumah nya atau bersilaturahmi ke keluarga besar nya.Kami sudah menganggap hubungan kami serius.tidak ada yg ditutup2i ,tdk ada rahasia yg saya tdk tau,baik buruk nya kami sudah sangat terbuka. Kami berdua sgt over protect. Sampai pada waktu dia bilang “suatu saat saya akan bosan, manusiawi kan, kalau nanti saya punya selingkuhan hanya saja untuk menghindari rasa bosan, tetapi saya akan tetap menikah dengan km” saya hanya menganggap itu omong kosongnya saja, pdhl dia berbicara seperti itu sudah 2x. Suatu ketika saya merasa dia sdh tdk peduli saya lagi, lalu saya emosi saya menjawab pesan nya agak keras. Biasanya kami sering berkelai, tapi selalu saja baikan. Yg ini beda, dia lalu meninggalkan saya setelah saya menjawab pesan yg bernada agak kasar. Biasanya dia menjawab sy kasar pun saya tak marah,dia lantas tak pernah kerumah dan memblokir smw kontak saya. Satu bulan berlalu Sampai saat saya datangi drmh jawaban nya dia bosan . Sakit sekali mas rasanya, saya merasa bersalah trs setiap hari, salahkah saya mas ?

    1. Mbak Shila…dalam hubungan sejatinya memang senantiasa akan dilanda suatu kondisi mudah bosan atau jenuh. Terlebih belum menikah sehingga ikatan utk menjaga komitmennya sendiri belum ada. Kalau sudah menikah akan ada namanya ‘rasa tanggung jawab’ dan ‘janji’ yang senantiasa membuat hubungan jadi langgeng. Utk masalah mbak, saya ga bisa kasih saran apapun karena pilihannya ada di cowoknya yang ingin menjauh. Hargailah keputusannya saat ini..kadangkala kita membutuhkan kesendirian dan pergi menjauh untuk mencari jawaban yang benar. Kalau memang dia jodoh mbak, Insya Allah pasti akan datang kembali tanpa diminta. Jika terus memburunya pasti dia akan kesal dan malah bisa jadi bertambah benci. Tak perlu banyak berfikir dia kenapa? bahkan merasa bersalah. Posisikan diri mbak juga sedang bosan bersamanya. Sehingga bisa mencari alternatif kegiatan lain yang lebih bermanfaat.Tak perlu galau bahkan mencari tahu kemana perginya dia? Biarkan dia yang merasa kok mbak yang cuek, sehingga dia bila jodohmu pasti akan datang kembali. Jangan pernah mengejar-ngejar seseorang karena itu pasti akan menyakitkan. Biarkan dia yg datang..atau bahkan ada yang lebih baik lagi datang menggantikannya. Sehingga hidup lebih simpel apa adanya..semoga membantu

  26. Membaca ini bkin meleleh..
    Ikhlas itu tryta sulit banged Mas, apalgi merelakan org yg qt sayang brsanding dg org lain stlh qt sblmy berpacaran bertahun2..
    Masih belum bisa ikhlas nympe skrg..:'(

    1. tapi setelahnya kita akan bahagia juga kok..maka nikmatilah proses perjalanan untuk menjadi ikhlas itu dengan sedikit demi sedikit merelakannya walaupun berat..dengan diiringi doa kebahagiaan buatnya jangan pernah membencinya

  27. salam kenal
    sy g th hrs memulai dr mn, tp yg pasti saat ni sy kn sindrom galau tingkat dewa ( kt” ank gaul)
    dlm posisi ni g th apkh emg sy yg menyakiti or yg tersakiti.
    married bout 8 year can’t take out of my mind bout my ex.
    satu hal yg sy inginkn memberi penjelasn k dia agar mengikhlaskn sy maafkn sy cz tdk meloloskn keinginanx u/ mjd istrix sadarlah move on lah brilah org lain kesempatn u/ mendampingi sbg istri mu kasihn ortumu
    n akhir” ni bayangan n rs pengen berkomunikasi dg x semakin kuat makax sy bnr” bingung cz sy sdh bhgia dg keluarga kecil sy tp bayanganx semakin kuat, prasaan ap ini?????
    jujur sebenarx smp saat ni sy belum bnr” nggeh dg ‘falling in love’ dg ex dulu jg krn di kondisi yg mendukung ahirx sy dekat, dg husband jg love him as my husband
    so im not really know ho if falling in love
    sy g th knp dorongan ttg ex smakin kuat tp hal tu pasti suatu ksalhn karena status sy seorang istri n ibu
    mohon masukanx krn sy bnr” g th hrs gmn¿?? krn sy jg capek terus dibayang” i!!!

    1. Salam Kenal kembali Mbak Sally..saya cuma mau bilang kalau kebanyakan orang selalu ‘merasa bahagia’ terhadap sesuatu yang belum dia dapatkan. Misalnya, enak banget ya kalau punya ini, atau punya itu. Tapi setelah punya rasanya belum bahagia juga. Begitupun rasa yang mbak hadapi. Lihatlah betapa senangnya memperoleh kebahagiaan dari suami yang sah, anak-anak dan hal -hal lain yang mbak sudah dapatkan di keluarga kecil yg sudah puluhan tahun mbak bina. Bahkan mbak nggak akan tahu, apakah bisa bahagia dengan si-x itu yang blm mbak dapatkan. Hanya mengandai-andai saja. Lupakanlah x…kadang dia cuma hadir sebagai kenangan saja bukan itu hadir di kenyataan. Jangan pernah jatuh cinta karena akan sakit nantinya dan susah bahkan lama menyembuhkannya. Banyak yg akan tersakiti..tapi bangunlah cinta yang sudah terbina bersama suami dan anak-anak. Karena dia akan kekal dan murni selamanya tanpa ada rasa haus kasih sayang orang lain. ..jangan pernah menyesal dengan melepas cinta masa lalu karena memang takdirnya begitu..ketika cinta masa lalu menyakitkan..maka itulah kesempatan kita untuk memberikan kepada orang yang mencintai kita apa adanya.Ucapkan selamat tinggal kepada kisah yang sudah berlalu walaupun masih mengingatnya..dekatkan diri kepada Allah semata dan cinta akan semakin tumbuh dalam hati karena niat beribadah semata…

  28. syukron mas asril yg baik, mlm ini sytdk bs tidur karena sendiri akibat gencatan senjata kelas angker. curhat mas…suamiku berpoligami, awalnya sy istri muda lalu suamiku cerai dengan istrinya, 1 tahun monogami lalu dia kembali menikah stelah mantanya diselang nikah karena talak sudah 3x dgn suamiku, sekarang mereka hidup bareng lg dengan ke-3 anaknya dan tambah 1 lg pasca nikah lg, sedangkan dgnku tak punya anak. mas…suamiku tidak adil dlm segala hal, baik bermalm maupun pinansial, pokoknya tdk adil, dia kiyai tp kasar sering menampar, akupun sudah cerai 2x. sy slu berusaha untuk menerima perlakuannya, tapi datanglah saatna sy tak tahan emosi, dengan marah menggebu aku berteriak, dia seperti biasa diam tdk peduli, emosi meleda dan ku banting semua yang ada bahkan hape’y, karena ga mungkin kalau aku membanting dia, sekarang dia pergi dan dia bilang kita masing2 dulu…hatiku sakit karena kebetulan rumahnya terlewat saat aku berangkat ke kantor, apa yang harus aku lakukan, sedangkan aku tak bisa konsentrasi apapun saat hati tengah terluka……

    1. turut prihatin mbak atas apa yang menimpa diri mbak dan keluarga. Mudah-mudahan ada jalan keluar dari setiap masalah. Teruslah menjaga keharmonisan keluarga biarpun diperlakukan tak adil oleh suami untuk terus berbakti. Buat suami merasa menyesal memperlakukan mbak tidak adil dengan terus menerus memperbaiki diri dengan lebih baik. Emosi adakalanya tidak memberikan apapun kecuali hanya penyesalan telah berkata-kata kasar. Teruslah berdoa dan ingat disetiap satu kesulitan terdapat dua kemudahan yang akan diraih..

  29. Belajar ikhlas itu ga mudah ya. belajar memaafkan yang sudah menyakiti pun rasanya sulit sekali. Ternyata ada banyak yang ngerasain hal yang sama dengan yang saya rasakan, LUKA yang dalam karena ditinggalkan. Saya juga lagi belajar memaafkan dan ikhlas untuk dia yang sudah menyakiti hati . Makasih mas asril untuk tulisan nya.

    1. karena yang telah pergi tak tahu kapan akan kembali atau sama sekali tidak kembali..maka jangan pernah memendam rasa karena tak enak rasanya berlama-lama dalam rasa sakit hati..biarkan kenangan pergi bersama dengan rasa maaf sehingga mudah dalam mengelola langkah hidup selanjutnya..selamat berusaha memaafkan dan ikhlas

  30. mas asril mohon kasih saya masukan…
    saya pacaran sudah 4 tahun 4bln…awal nya baik2 saja mas aku cintai dia apa adanya dari mulai dia belom punya kendaraan sampai akhirnya cwo aku punya rencana mau kuliah.dan aku pun ikut bantu biaya pendaftaran nya.dia baik dan sangat perhatian sampai akhirnya saya ajak dia kenalan sma orang tua saya.
    dan mereka pun sangat setuju dengan cwo saya ini mas.dan di tahun k 2 saya dikenalkan dengan ibunya dan respon nya juga baik…dri situ sya semakin mantap untuk melanjutkan hubungan.dan 6bln kemudian dia kasih tau aku mas kalau ternyata ibunya gx stuju saya dibilang jelek pendek dan karna saya gx kuliah (pada saat itu)intinya ibunya mau anaknya dapet wanita yang mapan secara finansial (maaf karna keluarga dia yang kurang secara finansial).dan pacar saya mau kita tetap bertahan dan melawan ibunya dalam arti bukan melawan dengan kburukan.dan karana saya sangat mencintai dia akhirnya saya memutuskan kuliah sambil bekerja seperti yg dilakukan pacar saya.
    saya menuruti setiap kebaikan yang dia ajarkan ke saya dia baik banget sama keluarga saya mas dan orang tua saya sangat penyayangi dia.kita sama2 berjuang mas biar bisa bertahan hidup d perantauan walau kami bekerja d perusahaan tpi blom cukup untuk biaya kuliah dsb..dia orang yang gigih mas sampai bapak saya pinjamin dia modal buat usaha sampingan.
    dia dah janji sma saya dan keluarga saya mas klo dia mau nikahin saya stelah lulus kuliah dan menyuruh saya tetap sabar menunggu…sampai pada waktunya 2 mnggu terakhir dia berubah jemput kerja gx ontime dan sikapnya sedikit dingin dan 1 hari sebelum saya ultah dia jemput saya berangkat kerja.dengan wajah dingin..dari situ sya mulai curiga sama sifatnya..akhirnya sya meminta nya untuk jujur
    dia bilang klo gx bisa lanjutin hubungan ini kalau ibunya tetap gx stuju.dengan alasan dia gx mau nyakitin hati sya mas…dia bilang sangat menyayangi sya tpi dia tidak bisa melawan ibunya.di hari itu saya masih berfikir kalau sikapnya karna dia mau memberi kejutan ultah sya esok hari.ternyata saya salah..
    malam hari dia membuktikan kalau ibunya masih tidak setuju sma sya…percakapan dari hp yng saya dengar ibunya gx mau kalau takut anaknya menyesal menikahi saya.pdahal pacar saya sudah menjelaskan semua yang ada di saya(kebaikan saya)tpi ibunya tetap menolak dan berharap pacar saya bisa memilah banyak wanita untuk bahan perbandingan(entah apa yg d fikirkan ibunya)
    dari situ saya meng iya kan untuk putus karna tidak ada pilihan lagi walau sebenarnya hati saya sangat sakit…
    begitu pun orang tua saya yang sudah terlanjur menyayangi pacar saya seperti anak sendiri,ibu saya sampai menagis mendengar kabar itu.
    walau putus sya tetap menghubungi dia walau dia sudah berbeda 180 derajat.hampir saya gx mengenali sosok nya yg dulu sngat baik.
    1bln setengah kami putus..saya datang kekontrkan nya dengan maksud mau ambil jaket saya yg tertinggal
    dan gx sengaja saya lihat baju couple dengan siluet wajah dia dan sang pacar barunya..ya ampun mas rasanya hati saya sperti teriris…padahal saya sadar kalau dia sudah bukan milik saya lagi…dan mungkin cwe tu yng lebih baik dari saya yang lebih bisa d banggakan kpada orangtua nya.tapi kenapa dia secepat itu lupain saya mas..dan berpaling dengan wanita lain…knapa saat ini saya merasa tersiksa dengan keadaan ini saya masih belom bisa mengikhlaskan dia untuk orang lain.bantu saya mas…saya ingin sekali menata khidupan saya dengan orang baru yang lebih bisa menghargai dan menerima saya apa adanya.
    tapi kenapa hati saya belom bisa terbuka untuk orang lain..seperti trauma.

    mohon pencerahanya mas…terimakasih

    1. Mbak Anie, terima kasih telah menyempatkan diri untuk mengujungi blog saya. Yang perlu mbak pahami saya hanya bisa memberi saran semampu saya. Intinya segala sesuatu yang terjadi sudah ditakdirkan buat kita alami. Peristiwa yg mbak alami mengajarkan banyak hal tentang hidup ini. Bagaimana kita tidak dianjurkan untuk berharap kepada seseorang terlalu jauh. Karena dengan kita mengenal seseorang bukan berarti kita tahu semuanya. Jika saat ini mbak merasa sakit hati nikmati saja proses sakit hati. Rasakan dalam dada dengan belajar memaafkan. Apa yang membuat diri ini begitu sulit memaafkan orang yg menyakiti?.
      Jangan simpan begitu dalam marah dan dendam. Sayangi diri ini dan maafkan agar hilang beban yang menghimpit.
      Bisa jadi luka di hati diri ini tidak begitu dalam, tapi karena masih menyimpannya rapih di hati, maka diri ini sulit memaafkannya.

      Jika mbak dikecewakan atau ditinggal pergi. Mungkin saja ini adalah jawaban dari doa-doa mbak yang menginginkan jodoh terbaik. Sedangkan dia bukan yang terbaik sampai harus pergi meninggalkan mbak. Lupakan semua kebaikan mbak karena itu tetap tercatat sebagai kebaikan asalkan ikhlas.

      Hiduplah dengan pengalaman baru walau berat namun harus tetap kaki melangkah. Jangan pernah berdiam diri. Sebagaimana air yang terus mengalir semakin lama semakin jernih. Jangan menjadi air yang tergenang membuat kotoran dan penyakit.

      Tidak ada manusia yang sempurna karena setiap manusia pasti tidak pernah luput dari dosa. Ingat dan pandanglah wajah baik orang yang pernah menyakiti diri ini, kirimkan pesan mulia bahwa diri ini memaafkan kesalahannya serta mendoakan agar Allah SWT selalu membimbing jalan hidupnya.

  31. Saya di duakan berulang kali
    ketika ia pertama masuk di godain para lelaki dan di jodohkan sama teman nya, lalu dy di tembak sama anak inisial nya H
    saya sakit hati sekali, saya tak mampu melepas dia dan sulit memaafkan nya
    dia berjanji akan setia tapi saya belum bisa memaafkan dy krna sakit hati saya
    setiap mengingat itu saya menangis
    semoga saya di berikan kesabaran pada Allah SWT.

    1. menahan rasa sakit hati dengan mendendam terlalu lama tidaklah baik. Jika memang takdirnya kita harus berpisah, seharusnya kita bisa merelakannya untuk pergi. Tak perlu mengingat kejadian yang sudah berlalu bahkan sampai menangis karena kita pun tak akan pernah tahu apakah bisa kembali. Yang kita rindukan dari seseorang yang telah pergi itu adalah kenangan bersamanya. Sehingga ketika kita sdh menemukan orang yang pas maka kita pun akan segera melupakannya. Saatnya untuk move on dan mencari pengganti yang lebih baik. Berusahalah memperbaiki diri. Insya Allah pasti akan akan ada jalan keluar. Jangan berdiam diri dengan kenangan. Teruslah bergerak dan membuktikan diri bahwa kita berhak mendapatkan yang lebih baik dari seseorang yang telah pergi meninggalkan kita.Kadang kita memang harus diuji kehilangan seseorang untuk menyadarkan bahwa yang kekal hanya Allah swt dan sabar menghadapi semua kejadian.

      1. Sdh brapa kali saya baca blog ini Mas buat penenang. Makasiih…
        Tpi Mas, hati ini masih blm rela liat dia dg kekasih barunya/calon istrinya. Rasanya pgen mengungkit kejadian lalu, saat dia mmbri harapan2 yg tinggi. Semudah itu dia berjanji, yg merubah segala mimpi dan harapanku. Lalu, smudah itu dia meninggalkan aq dg kekasih barunya….
        Sakit, ga relaa tpi hati ini sllu berharap ingin kembali, agar dia tetap jdi milikku..

      2. Mbak Puspuscantik
        perkara tidak ikhlas ini harus mbak telaah penyebabnya. Adakalanya kita terlalu berharap sangat tinggi sehingga kenyataan seakan menutupi hal yg sebenarnya. Untuk mencoba ikhlas, memang butuh perjuangan dan komitmen buat melupakan masa lalu dan merelakan segala sesuatu yg bukan milik kita. Hati manusia memang selalu berbolak-balik. Maka perkara untuk menuntut/mengungkit masa lalu adalah perkara yg sia-sia belaka dan justru malah akan semakin menambah masalah baru. Mbak Puspus cantik seharusnya ridho bahwa seseorang yg pergi itu bukanlah jawaban dari doa-doa mbak yg menginginkan sosok terbaik. Teruslah berusaha memperbaiki diri sehingga nanti akan ada pengganti yg lebih baik. Betapapun mbak menginginkan dia kembali toh tetap tak akan kembali malah membuat mbak semakin menderita. Masih bertahan dengan masa lalu adalah penderitaan yang sangat salah. Lebih baik tetap fokus ke depan dan arahkan diri untuk mendekatkan diri ke Allah saja agar hati dipemudah oleh-Nya untuk lebih lapang dan luas sehingga perkara2 seperti ini tak menganggu kehidupan. Insya Allah jika kita mendekatkan diri ke Rabb maka akan ada jalan keluarnya. Salam

  32. Membaca tulisan mas asril membuat saya tenang, stlah sy mncari tulisan d google yg brtujuan utk menenagkan hti saya yg sdang perih ini. seminggu ini bru ptus sm dia, krna alasan yg tidak jelas, di tinggal lg syg2nya itu bner2 sakit mas, dy yg sudah membuat saya nyaman,dy sllu ngeyakinin sy utk serius dgn dy,dgn janji2nya dy yg tdk akan meninggalkan sy, tp trnyata dy dgn mudah meninggalkan sy dgn alasan yg tdk jelas, sblm nya tdk ada mslah apa2 kita komunikasi biasa, pagy bangun tdur sy melihat hp saya tdk bisa nyala lalu saya k konter dan smpe konter hp sy hrus d restart dan aplikasi hrus hilang semua, berat bagi sy krna sy lupa kata sandi line sy, bbm sy, krna sy LDR dgn dia, dan akhirnya hp sy d instal ulang, saya hubungin dy lewat fb kebetulan sy tdk lupa dgn sandi fb sy, saya inbox dy bilang, hp saya ke instal ulang sy mnta id line km, dan stlah itu sy tdk menyangka sekali dgn blsan dy, sprti ini : saya tdk prcaya, bilang aja km abis jalan sm cwo km d situ, saya tdk bisa di bhongi, saya minta kita putus. YA ALLAH mas sungguh perih bgt hati iniii stlah baca inbox dy, sy berusaha keras menjelaskan dgn sejujur2nya dan meminta maaf tp dy tdk mau mendengarkan saya, smpe sy mnta kesempatan 1 kali lg ttp dy tdk pduli, smpe skrng sy tdk hbis fkir cuma krna mslah yg tdk jelas dy prgi bgtu aja, dy yg memulai hubungan dy juga yg berkhianat, sy blm bsa melupakan smpe skrng, sy berpkir dy sudah merencanakan utk meninggalkan sy sblm2nya jd dy sudah siap,sedangkan aku,aku yg di tinggalkan dy bgtu aja tanpa alasan yg tdk terbukti, apakah dy akan sdar atau tdk sy tdk tau, sy berfikir yg pnting sy tdk slah sy tdk bhongin dy, saya hrus bgmn.. Mohon motivasinya biar sy tdk skit hati sprti ini

    1. maaf baru baca…sudah jarang buka blog. Thanks sudah membaca dan syukurlah kalau bisa membantu tulisan saya. Saran saya ambil hikmahnya, tidak semua orang yang kita suka akan menjadi milik kita. Belajar melepaskan adalah yang terbaik tak perlu drastis melupakan. Setiap ingat sama dia belajarlah untuk mengenang kebaikannnya dan jangan mendendam karena itu akan membuat tambah sakit hati. Biarkan dia dengan keputusannya untuk pergi dan kita pun memutuskan untuk bahagia tanpa dia..tunjukkan kamu lebih baik tanpanya, jangan tunjukkan kelemahan dengan meminta balik atau galau. Buat kamu nggak apa2 tanpa dia dan baik -baik saja.

  33. Membaca tulisan mas asril membuat sy tenang. Saya seminggu ini bru ptus sm dia, krna alasan yg tidak jelas, di tinggal lg syg2nya itu bner2 sakit mas, dy yg sudah membuat saya nyaman,dy sllu ngeyakinin sy utk serius dgn dy,dgn janji2nya dy yg tdk akan meninggalkan sy, tp trnyata dy dgn mudah meninggalkan sy dgn alasan yg tdk jelas, sblm nya tdk ada mslah apa2 kita komunikasi biasa, pagy bangun tdur sy melihat hp saya tdk bisa nyala lalu saya k konter dan smpe konter hp sy hrus d restart dan aplikasi hrus hilang semua, berat bagi sy krna sy lupa kata sandi line sy, bbm sy, krna sy LDR dgn dia, dan akhirnya hp sy d instal ulang, saya hubungin dy lewat fb kebetulan sy tdk lupa dgn sandi fb sy, saya inbox dy bilang, hp saya ke instal ulang sy mnta id line km, dan stlah itu sy tdk menyangka sekali dgn blsan dy, sprti ini : saya tdk prcaya, bilang aja km abis jalan sm cwo km d situ, saya tdk bisa di bhongi, saya minta kita putus. YA ALLAH mas sungguh perih bgt hati iniii stlah baca inbox dy, sy berusaha keras menjelaskan dgn sejujur2nya dan meminta maaf tp dy tdk mau mendengarkan saya, smpe sy mnta kesempatan 1 kali lg ttp dy tdk pduli, smpe skrng sy tdk hbis fkir cuma krna mslah yg tdk jelas dy prgi bgtu aja, dy yg memulai hubungan dy juga yg berkhianat, sy blm bsa melupakan smpe skrng, sy berpkir dy sudah merencanakan utk meninggalkan sy sblm2nya jd dy sudah siap,sedangkan aku,aku yg di tinggalkan dy bgtu aja tanpa alasan yg tdk terbukti, apakah dy akan sdar atau tdk sy tdk tau, yg jelas sy bner2 sakit perih bgt hati ini. Sy g tau hrs gimana buat lupain dy

  34. ass,,dari smua kluh-ksah cerita yg kbaca,dan artikel yg dilihat srta dirasakan,trnyata hidup gk jauh diantara prjodohan,kadang ada suka dn dukanya,bgitupun hidup saya dn teman skalian yg menulis,atau cuma hanya melihat dn memperhatikan cerita diblog dlm artikel yg kk buat,tpi yg saya paparkan dari prtanyaan ini adalah,lebih mengkaji dalam2 lewat kitab dan sunah nabi yaitu,haruslah mencintai tuhan saja dgn memurnikan ke esaannya,sbab mencintai haknya lbh utama,sdangkan yg lainnya mengikutinya.wallahu a’lam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s