IMG_6545Akhirnya kejadian juga apa yang tidak ingin saya alami dalam kegiatan lari. Yaitu Cidera Otot yang tiba-tiba datang. Sebenarnya saya sudah bisa menduga akan terkena kram saat sehari sebelum lomba Mandiri Run 10K yang berlangsung di area Barat Senayan City Minggu (26/5) lalu. Sehari sebelum lomba saya terlalu bersemangat untuk bisa mengalahkan catatan waktu dibawah 1 jam, karena selama ini nyaris hampir 1 jam bahkan belum pernah menyelesaikan lomba 10K kurang dari satu jam. Kayaknya ajang Mandiri Run kemarin ingin menjadi catatan sejarah buat saya namun sayang pada saat lomba saya malah mencatat waktu satu jam pas, dan jeleknya lagi rute yang dibuat dalam even ini ternyata kurang dari 10 KM..artinya terjadi penurunan dalam catatan lari saya.

Mungkin karena saya belum tahu bagaimana memperlakukan otot yang baru tumbuh disekitar paha bawah. Menyebabkan menjelang lomba paha saya terutama bagian tungkal terasa sakit sekali. Saya coba oleskan balsem anelgesik untuk meredam gejala sakit. Lumayan bisa sedikit enteng dan saya pikir bisa untuk meneruskan lomba. Namun baru di kilometer awal tepatnya di KM 3 dan KM 4 kaki saya benar-benar nggak bisa diajak berlari cepat. Semakin dicoba tunggal kaki jadi terasa tertarik ke bagian dalam dan anehnya paha pun semakin tegang. Saya benar-benar bingung akhirnya saya coba dengan berjalan cepat sampai satu kilometer.

Di kilometer lima akhir saya mencoba untuk meneruskan dengan berlari kecil namun tetap nggak bisa kuat. Hanya bertahan beberapa puluh meter. Wah ini buat saya jadi stress karena beberapa kali peserta lain melaju menyalip terutama ibu-ibu yang terlihat masih kuat dan kayaknya mudah saya kalahkan. Namun apa daya kaki ini nggak bisa diajak kompromi. Saya coba berlari jogging dengan pace sekitar 8’12” min/km. Lumayan bisa menempuh sampai satu kilometer menuju KM 7. Dan saya pikir masih ada 2 kilometer lagi untuk dijajal dengan jogging. Saya nggak mau patah semangat hanya gara-gara cidera kecil. Selagi masih bisa diajak berlari saya usahakan mencapai finish dan entahlah apa karena saya salah baca kok sudah di KM 8 aja dan kemudian finish cepat pas di patung pemuda Senayan. Hmm padahal di aplikasi yang saya gunakan masih di kilometer sembilan. Ternyata memang benar rutenya cuma 9 KM karena teman-teman yang lain juga bilang hal serupa. Otomatis catatan waktu saya untuk Mandiri Run 10K (eh 9K ya) kali ini 1:00:40 dengan pace 6’44”min/km. Wah nggak jelek-jelek amat ya? cuma kalau ditambah 1 kilometer lagi paling banter saya akan menempuh 1:06:44…wah lain kali saya nggak harus ngotot nih buat memecah rekor sendiri…

