Selain Pantai di Kawasan Ancol dimanakah letak pantai terdekat yang berada tak jauh dari kota Jakarta? Jawabannya paling-paling pantai di pulau Tidung, Harapan, Pari, dsb yang letaknya jauh dari Jakarta. Selama ini banyak orang yang belum tahu jika ada pulau terdekat dari gugusan Kepulauan Seribu yaitu Pulau Untung Jawa lokasinya cuma berjarak 4,67 km dan memiliki pantai yang indah dan alami. Ada dua pulau sih yang terdekat yaitu Pulau Untung Jawa dan satunya lagi Pulau Rambut yang tak berpenghuni. Nah kedua pulau ini akan tampak terlihat dari atas pesawat saat akan mendarat di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng Banten.

Saya penasaran dengan Pulau Untung Jawa setiap melihatnya dari atas pesawat. Berbekal rasa penasaran akhirnya saya coba searching di internet dan mulai eksplorasi untuk mencari tahu petunjuk arah agar bisa mengunjungi pulau tersebut. Ada dua petunjuk yang saya dapatkan. Bisa melalui Pantai Marina di Ancol dengan jarak yang cukup jauh atau melalui Pantai Tanjung Pasir di Cengkareng. Apa, Ada pantai di Cengkareng? Makin bertambah heran. Saya akhirnya lebih memilih petunjuk yang kedua. Sekalian ingin melihat seperti apa jalanan menuju Pantai Tanjung Pasir itu.

dani 221 dani 223

Menuju Pantai Tanjung Pasir bisa diakses melalui jalan tol arah bandara dan kemudian keluar melalui taman bunderan terminal 3 menuju Teluk Naga. Selama melintasi kita disuguhi beberapa pemandangan pesawat yang sedang parkir di hangar melalui jalanan di belakang bandara. Setelah itu akan nampak dua ruas jalanan bergantian dengan pemandangan sawah dan tambak ikan di kiri kanan jalan mengarah ke jalanan Pantai Tanjung Pasir.

Begitu sampai di Pantai Tanjung Pasir, kita akan ditarik retribusi masuk + parkir sebesar Rp. 10 ribu perkepala. Biaya ini cukup sekali bayar saja walaupun anda parkir selama mungkin atau menginap. Saya cukup terheran melihat tak banyak orang yang beraktivitas di pantai. Rasanya tempat ini hanya berupa nama Pantai saja. Selebihnya banyak kapal kayu ukuran sedang bersandar di dermaga untuk menunggu penumpang yang akan menyeberang ke pulau. Wajar ketika sampai ada seorang ABK yang langsung menawarkan untuk berangkat ke Pulau. Jika tak mau menyeberang maka tak ada aktivitas atau hiburan apapun yang bisa dinikmati di Pantai Tanjung Pasir ini. Jadi bisa disimpulkan jika Pantai Tanjung Pasir ibarat dermaga penumpang yang mau melanjutkan perjalanan ke Pulau Untung Jawa. Hanya ada beberapa restoran seafood ditepi dermaga namun tak banyak pengunjung yang mampir.

  dani 318 dani 312 dani 222

Dengan membayar uang sebesar Rp.20 ribu per kepala PP saya pun akhirnya menaiki kapal kayu tersebut. Sistem pembayarannya dibayar dimuka dengan kapal pertama yang dinaiki ke Pulau Untung Jawa. Nanti pas pulangnya kita sudah tak perlu membayar lagi walaupun pulang dengan kapal yang berbeda. Waktu tempuh menuju Pulau Untung Jawa hanya kurang lebih +/- 30 menit,  dengan kondisi tergantung ketinggian ombak dan kecepatan kapal. Bisa kurang dari waktu tersebut jika air laut sedang tenang.

Selama melintasi kita akan menyaksikan perubahan air laut yang coklat keruh kemudian berubah menjadi lebih sedikit biru dan jernih setelah setengah perjalanan. Sesampai di Dermaga Pulau Untung Jawa akan tampak beberapa aktivitas pantai.  Di tepi dermaga pun kita bisa menyaksikan dengan jelas ikan-ikan kecil berenang didalam warna air laut yang lebih berwarna hijau tosca. Tampaknya banyak warga ibukota yang sering berkunjung kesini terutama anak-anak. Karena sarana permainan anak cukup tersedia. Ada beberapa pantai yang diantaranya bisa dinikmati bersama keluarga dengan ombak yang bergulung tenang. Pas saya berkunjung memang sebagian besar didominasi oleh anak-anak kecil yang tengah bermain di laut.

dani 233 dani 226 dani 232    dani 243 dani 239

Apa yang bisa dilakukan selama di Pulau Untung Jawa? Sesampai di Dermaga cobalah untuk eksplorasi pulau yang luasnya tidak sampai 10 ha ini. Karena pulau ini adalah berpenghuni maka akan banyak dijumpai rumah-rumah penduduk yang lebih tertata dan rapi. Dengan kondisi jalan yang terawat dan bersih beralaskan susunan conblock sehingga memudahkan pengunjung untuk berkeliling pulau. Ada dua alternatif untuk mengelilingi pulau ini, jalan kaki atau sepeda. Saya pilih cara yang pertama karena lebih gampang. Di tepian jalan ada beberapa rumah yang sengaja disewakan untuk pengunjung, tarifnya cukup bervariasi mulai dari Rp. 200 ribu – Rp. 500 ribu per-malam tergantung fasilitas dan lokasi. Harga ini bisa dishare dengan teman sekamar. Semakin jauh dari pantai maka akan semakin murah.

dani 315 dani 257 dani 258 dani 256 dani 260

Selain penginapan, banyak rumah juga yang disulap menjadi toko cinderamata, rumah makan atau hanya tempat penyewaan alat snorkelling dan sepeda. Namun umumnya organisasi di kampung ini cukup baik. Ketika kita menyewa sebuah kamar maka tinggal hubungi saja pengelola rumah jika ingin menyewa sepeda atau alat snorkelling. Biar mereka yang bekerja memenuhi kebutuhan kita. Tinggal kita bayar saja karena harga umumnya sama untuk setiap tempat. Tak ada perbedaan yang signifikan tak perlu takut ditipu atau kemahalan.

dani 244 dani 245 dani 249 dani 250 dani 251 dani 252 dani 253 dani 255

Selama berkeliling kita bisa menyaksikan beberapa objek yang menarik untuk dikunjungi. Pertama, Pantai Untung Jawa yang berlokasi di sebelah dermaga wisata. Pantai ini adalah andalah wisata karena airnya cukup jernih dengan pasir putihnya. Banyak aktivitas yang ditawarkan oleh pengelola seperti banana boat, berenang, kano, dsb. Air lautnya yang berombak tenang menjadikan tempat favorit buat anak-anak berenang.

dani 242 dani 241 dani 240

Kedua, Dermaga memancing letaknya sebelah utara pulau Untung Jawa. Saya juga cukup heran ketika melihat di dermaga ini banyak sekali orang yang duduk berdiam diri dengan memegang alat pancing masing-masing.

dani 261 dani 262 dani 259 dani 260

Ketiga, di sebelah dermaga pancing terdapat banyak sekali kapal tua bersandar rupanya terdapat tempat perbaikan kapal dan juga pembuatan kapal baru. Banyak hal yang bisa kita nikmati sambil menyaksikan beberapa orang membuat kapal baru atau memperbaiki kapal tua.

dani 264 dani 266 dani 267

Keempat, selain pantai yang berpasir putih ternyata ada pantai satu lagi dimana kita bisa menyaksikan kota Jakarta dengan gedung-gedung pencakar langitnya dari kejauhan. Cuma pantai ini tak terlalu diminati dikarenakan pasirnya yang sedikit keras, terdapat banyak kerikil dan kerang yang berserakan ditepian pantai yang berombak sedikit gelombang. Sehingga cuma bisa menyaksikan pemandangan sambil  duduk santai saja di sekitar pendopo yang sudah dibangun warga.

dani 268 dani 270 dani 271 dani 279 dani 281 dani 282 dani 234 dani 236 dani 259

Kelima, wisata hutan mangrove. Setelah puas dengan pantai ada baiknya mengunjungi hutan mangrove yang berada di tepi barat pulau. Sesekali akan ada puluhan burung yang terbang bergerombol keluar dari hutan ini kemudian menyusuri pulau. Indah sekali menyaksikannya.

dani 230

dani 285 dani 289 dani 291 dani 292 dani 299 dani 302 dani 307 dani 309 dani 295

Jadi buat yang merindukan pulau dan pantai dekat Jakarta, datanglah ke Pulau Untung Jawa. Selain dekat dan tak memerlukan banyak waktu. Pulau ini cukup menarik buat warga Jakarta yang bosan dengan wisata yang itu itu saja di daratan. Salam ekplorasi..

Advertisements