xvnd 268 xvnd 265

Senangnya menjadi juara!! Iya perasaan ini sungguh terjadi saat saya pertama kali-nya di nobatkan menjadi pemenang dalam kejuaraan lari bertema Chubby on The Road 2014 – A Fun Run for Charity yang berlangsung minggu kemarin tanggal 27 April 2014 di Jakarta untuk kategori 5KM pria. Pertanyaannya kenapa bisa menang? Padahal setiap race yang saya ikutin ga pernah mimpi buat jadi pemenang. Mimpi saya cuma satu sih pengen dapet bentuk badan yang proporsional biar ga terlihat chubby hehe. Eh nggak chubby banget sih sekarang karena sudah mulai terlihat ramping dan kurus.  Mungkin karena peserta sebagian besar bukan pelari elit atau atlit dan juga saya memilih kategori jarak pendek sedangkan yang larinya bagus dan kenceng memilih kategori lain yaitu 8 km dan 16 km jadinya saya yang ketiban jadi juara. Dan yang mengikuti perlombaan juga sedikit karena pesertanya dibatasi cuma 150 peserta. Nah beruntung banget kan ya bisa jadi pemenang?

Gini ya rasanya jadi pemenang itu? dalam hati selalu saja bertanya dan mengakui kalau jadi pemenang itu menyenangkan banget rasanya. Ada rasa bangga dan kepuasan sesaat panitia bilang kalau saya ga boleh pulang dulu setelah 10 menit menyelesaikan perlombaan. Awalnya cuma mikir ah dapet hadiah doorprize kali.Karena jarang juga dapetin hadiah untuk undian di berbagai kesempatan.

Nah mimpi jadi pemenang akhirnya terwujud juga walaupun dalam event lari yang ga terlalu bonafid. Awal lomba saya akui ga terlalu bersemangat mengikuti perlombaan ini. Karena pas sampe ke lokasi jam 5.30 wib pagi untuk start di Senayan Golf Driving Range lihat sedikit banget pesertanya. Sedangkan diwaktu yang bersamaan ada event sejenis yang dibanjiri peserta. Tapi itu cuma awalnya doank karena saya pikir toh sama aja berlari di  jalanan yang sama pas CFD. Nanti juga bakalan ketemu. Entahlah memang sudah jodoh kayaknya harus ikut race di Chubby on The Road 2014 ini. Mana lagi saya datang sendirian dan ga ada satupun yang saya kenal jadinya cuma bengong tralala trilili melihat peserta lain saling tertawa bersalaman dan bercengkrama antar mereka halah….

Start dimulai jam 06.00 wib untuk semua kategori baik 5km,8km maupun 16 km. Eh susunan kategori ini kalau disatukan bisa jadi begini (5.0 816) alias SO BIG hehe Karena ini event ini murni bukan komersial alias charity makanya race dikemas sangat sederhana. Walaupun begitu tetap terjaga profesionalitasnya. Karena di event ini lebih mengutamakan kejujuran. event ini boleh dikatakan sangat bebas berlari tanpa ada rute yang ditetapkan panitia. Peserta dibebaskan berlari kemana saja yang peserta mau, selama berlari di jalur Car Fee Day (Senayan, Ratu Plaza, Sudirman, HI sampai Monas) dan tetap menjaga keamanan diri sendiri selama berlari.

10152494_10152317261656855_6086517364974047342_n

Namun masing-masing kategori memiliki cutoff time per kategori yang menjadi penentu finish di akhir masing-masing kategori. Artinya yang jadi pemenang adalah yang berlari paling jauh untuk masing-masing kategori selama periode cutoff time. Kebetulan untuk kategori  jarak 5KM yang saya ikuti cutoff timenya dimulai jam 06.00 WIB  sd  07.00 WIB (1 jam/ 60 Menit). Nah Peserta yang bisa kembali ke Finish Gate minimal 1 menit sebelum Cut Off Time perkategori yang sudah didaftarkan dan berhasil menunjukan seberapa jauh kilometer yang sudah ditempuh (kilometer terbanyak) yang berhak menjadi juara, 1 Pria dan 1 Wanita per kategori. Ah betapa senangnya akhirnya sayalah pemenang itu hehe…

10173553_10152108623508471_5874590372595269218_n

Saya bersyukur juga bisa ikutan event yang unik ini. Karena murni seperti tak mengikuti lomba apapun. Cuma berbekal sportifitas dari masing-masing peserta saja dalam hal menentukan jarak tempuh, Self-manage dan jujur dengan perekaman jarak (GPS Sportwatch / Sporttracker Application) yang digunakan. Walaupun Panitia juga menyediakan perekam waktu Garmin dilokasi Start/Finish. Nah kalau ketahuan ada peserta yang melaporkan peserta lain dengan bukti otentik ataupun ketahuan menaiki busway atau sepeda ataupun hal–hal curang lainnya, maka peserta tersebut akan segera diskualifikasi. Intinya berlarilah dengan mengutamakan keselamatan diri di area CFD (Car Free Day) dikarenakan minimnya marshall yang digunakan untuk mengawasi rute ini.

10269533_10152107476438471_7501818137445542510_n xvnd 247

Ga ada kendala yang berarti selama mengikuti race ini. Selain memang dari awal diinfoin kalau tidak ada waterstation makanya saya sedikit dehidrasi dan berhenti dibeberapa penjual air mineral untuk menetralisir gangguan kekurangan cairan. Alhasil selama mengikuti lomba saya banyak berhenti atau berjalan karena memang niatnya cuma berpartisipasi saja.  Rute yang saya ambil termasuk aman dari gangguan kendaraan yaitu sekitar Sudirman- Semanggi-SCBD dan Senayan. Walhasil dengan cutoff time 60 menit saya berhasil melaju 8.29 km dengan waktu tempuh 55.50 menit dan pace rata-rata 6:44 min/km. Lega juga bisa meraih diatas 5 km.

10170768_10152813984031959_6068121505694139253_n

Intinya berlari sepanjang apapun kalian mampu tak ada yang mampu mengalahkan kita kalau kita mau untuk mengalahkan diri sendiri dan percaya bahwa hasil apapun yang kita raih pasti akan berbuah manis (apel, nanas, pisang, dsb) terutama badan yang sehat, segar dan kuat serta senyum yang manis hehe  ..###halah apaan sih kalimat penutupnya sok banget ###

foto: courtesy of Team Chubby

Advertisements