Supermoon dipenuhi awan


image3
keadaan Bulan pada saat jam 00.05 am

Nggak sia-sia kebangun jam segini. Menyaksikan langit dengan bulan yang sangat terang benderang. Konon menurut ahli astronomi jam 01.09 pagi tanggal 11 Agustus 2014 merupakan altar dari pertunjukan kosmik yang mempesona tahun ini. Beruntung kayaknya yang malam ini ulang tahun atau bayi melahirkan dirayakan oleh milyaran bintang gemintang diluar angkasa sana. Gimana ga bahagia coba? Kalau malam ini ada dua kejadian penting fenomena alam di antariksa yaitu fenomena Supermoon dan hujan meteor secara bersamaan….

Saya merasa senang berada sendiri diatas rooftop rumah menyaksikan langit luas dengan pemandangan bulan yang terang benderang. Walaupun ukurannya menurut pandangan saya sama saja dengan saat bulan purnama seperti biasanya. Tapi saya penasaran saja pengen tahu perubahannya. Disaat yang sama menyaksikan atap-atap rumah gelap yang mungkin saja sebagian sudah pada terlelap lelah diperaduannya masing-masing. Inilah malam yang indah yang saya saksikan dengan bulan yang tampilannya bersinar paling terang sehingga akan terjadi purnama terbesar.. Hey saya tak yakin sebenarnya..tapi bukankah fenomena ini juga sedang disaksikan oleh jutaan manusia dibelahan dunia lainnya.

Sinarnya bulan ditengah malam tadi dari depan rumah masih banyak awan
Sinarnya bulan ditengah malam tadi dari depan rumah masih banyak awan jam 00.40 am

Tahun ini, Supermoon telah menampakkan diri pada 11 Agustus 2014 semalam dan 9 September 2014 mendatang. Namun, menurut para ahli, Supermoon yang muncul semalam atau pada tanggal 11 Agustus 2014 merupakan Supermoon terbesar. Pasalnya, bulan berada 1.388 kilometer lebih dekat lagi daripada posisinya ke Bumi yang terjadi dalam 20 tahun terakhir atau Dilansir oleh laman Telegraph, jarak Bumi dan bulan saat itu 356.896 km saja. Sehingga sayang jika tak disaksikan.

Sebenarnya saya sudah tahu sih kalau bulan bersinar agak terang lain dari biasanya sejak tanggal 10 Agustus 2014 kemarin. Saya penasaran dan nggak nyangka dapet berita kalau fenomena ini merupakan kejadian langka. Kabar yang saya baca menyatakan bahwa bulan berada dalam puncaknya dan berada dalam posisi terdekatnya dengan Bumi (apsis/perigee). Selain itu katanya juga orbit akan mendekati bumi dimana 14%  lebih dekat dan 30 % lebih terang dari bulan purnama tahun lalu. Ah senangnya mendapat kenyataan ini.

Pengen sih membangunkan semua orang agar bisa menyaksikan malam ini….tapi ga mungkin jugalah. Terangnya bulan ini saya dokumentasikan dalam beberapa menit mulai dari jam 00.00 wib sampai jam 01.00 pagi. Terangnya itu menghapuskan latar belakang hitam beludru pada langit. Seandainya punya alat teleskop pasti jauh lebih indah menyaksikan bulan dikejauhan sana dengan penampakan hujan meteor perseid atau bola api yang menghujani langit. Pengen deh nabung beli satu teleskop buat ntar kalau sudah punya anak mengajari tentang dunia antariksa.

kondisi bulan terang dengan awan masih nampak
kondisi bulan terang dengan awan masih nampak jam 01.09 am

Tapi siapapun yang malam ini menyaksikan bulan bersinar terang ada filosofi yang setidaknya sempat saya pikirkan. Perhatikan deh bulan itu selalu cantik dipandang apapun bentuknya. Bulan tidak pernah menampakkan wajah gelapnya. Wajahnya selalu yang terlihat terang itu-itu saja. Bahkan dari dulu sampai sekarang tetap ga berubah seperti orang yang sedang tasyahadud shalat. Ditambah malah ini malam yang tepat untuk melihat meteor…

Terangnya bulan vs lampu
Terangnya bulan vs lampu

Cuma sayang karena lokasi kayaknya saya ga bisa menyaksikannya. Katanya Jarak meteor tersebut dengan bumi berkisar antara 47 sampai dengan 62 mil, namun masih dapat terlihat jelas walaupun tanpa menggunakan teleskop untuk melihatnya. Sayang banget meteor ini sangat sulit dilihat semalam. Kayaknya selalu penduduk belahan Bumi Utara yang bisa sedangkan saya sendiri sedikit tahu tentang ini..Lagian langit banyak sekali awannya disekitar bulan. Dan ini tak mempengaruhi sinar bulan yang terang benderang tersebut.

semakin pagi semakin banyak awan yang menutupi
semakin pagi semakin banyak awan yang menutupi jam 01.43 am
Banyak orang yang masih bingung dengan istilah hujan meteor dengan badai meteor. Para ahli menjelaskan bahwa badai meteor adalah suatu masa ketika langit dipenuhi dengan meteor. Sedangkan yang dimaksud dengan hujan meteor adalah suatu masa ketika banyak meteor melintas dengan kecepatan yang tinggi. Memang sedikit mempunyai arti yang sama namun deskripsinya berbeda. Namun, jangan terlalu berharap untuk dapat melihat badai meteor, karena menurut para ahli, badai meteor hanya terjadi sekali dalam beberapa ratus tahun.
Setidaknya saya cukup bahagia walaupun menyaksikannya sendirian. Tenang sekali langit malam ini dengan udara yang tidak terlalu dingin. Agak pengen beromantis ditengah atap rumah. Menghayal rasanya menyenangkan..Ada beberapa hal yang sempat saya pikirkan selama menongakkan wajah ke langit.Diantaranya adalah betapa kecilnya kita di dunia ini
lambat laun bulan akan menghilang tertutup awan tapi masih sangat terang
lambat laun bulan akan menghilang tertutup awan tapi masih sangat terang

Advertisements

One thought on “Supermoon dipenuhi awan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s