Buat yang pengen tahu tentang Jepang, coba kalian visit sebuah web yang menurutku bagus banget. Karena web-nya berisi banyak sekali informasi mengenai tempat wisata, budaya, dan segala hal yang berkaitan dengan negeri Sakura. Sekali buka kita bisa keliling Jepang dalam satu kali klik.  Jadi web ini  lengkap banget informasinya, banyak hal yang bisa kita temukan di halaman yang memuat banyak hal mengenai hal-hal tak terduga yang terjadi di Jepang. Semuanya ditulis dengan bahasa jurnal oleh banyak voluntir yang pernah mengunjungi Jepang atau masih tinggal di Jepang. Sehingga bahasanya lebih apa-adanya dan menyenangkan membaca banyak pengalaman terjadi selama mereka berwisata di Jepang. Bahkan banyak pula ditulis oleh orang lokal Jepang sendiri. Nah web ini dikelola oleh Japan Travel K.K. yang bekerjasama dengan Japan Partnership Inc.

Screenshot_9

Ide sejatinya sih sebenarnya Japan Travel adalah situs buat para turis yang ingin mengetahui tentang objek wisata Jepang dan segala hal yang berkaitan dengan perjalanan wisata. Makanya di web ini kita bisa melakukan reservasi hotel dan akomodasi lainnya sesuai dengan budget yang kita miliki. Ditulis dari berbagai macam kontributor yang akan memudahkan para turis berkunjung ke Jepang. Karena biasanya para turis akan lebih percaya tips-tips dari artikel seseorang yang dianggap local experts dari pengalamannya yang ditulis dalam sebuah artikel, gambar-gambar yang dipajang di tulisannya, maupun peta dan hal lainnya yang telah dilakukan oleh penulis. Biasanya turis akan menduplikasi apa yang dibacanya dari sebuah tulisan wisata.

Nah buat yang penasaran apa itu Japan Travel coba kamu cek halaman berikut –> Japan Travel di sini kita bisa mengekplorasi banyak hal sesuai dengan minat kita. Mulai dari Sports | Culture | Museums | Trekking | Historic sites | Festivals |Shopping | Sightseeing | Martial arts | Winter sports | Water sports |Hot springs | Night life | Trade shows | Anime | Food Pokoknya cukup banyak link yang tersedia.

Kabar gembiranya sekarang Japan Travel sudah ada versi Bahasa Indonesia-nya silahkan cek dihalaman berikut –> Japan Travel Id sehingga bisa memudahkan kita yang ingin lebih mengenal Jepang dengan bahasa yang mudah dimengerti. Japan Travel ini sendiri hadir dengan 9 bahasa lainnya seperti bahasa Jepang, Thai, France, Korea, Inggris, Portugis, Rusia, Cina dan Bahasa Indonesia.

Screenshot_8

Nah saat ini Japan Travel tengah membuka kesempatan buat kamu yang ingin terlibat sebagai kontributor di web mereka. Kamu bisa jadi penulis lepas yang mengisi artikel untuk dapat dimuat di Japan Travel. Selain itu walaupun kamu belum pernah ke Jepang, kamu bisa menjadi penerjemah buat ratusan tulisan yang telah dibuat di Japan Travel untuk dapat kamu bantu terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia atau Inggris atau sebaliknya. Sekarang aja tuh masih banyak banget tulisan bahasa Inggris/Jepang yang belum diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Jadi ini kesempatan bagus buat kamu untuk mengenal Jepang walaupun hanya sebagai penerjemah.

Eitsss,…tapi jangan kira kita ga bisa pergi ke Jepang looh. Soalnya Travel Japan memberikan kompensasi setiap tulisan yang berhasil kita terjemahkan dan disetujui untuk diterbitkan dalam laman Bahasa Indonesia. JapanTravel akan memberikan reward berupa 100 poin per artikel yang dapat kamu gunakan di Metro Rewards. Lumayanlah kalau kamu sering nulis dan terjemahkan tulisan coba berapa poin yang bisa kamu peroleh. Karena poin ini sendiri bisa kamu redeem di berbagai tempat kosmetik, dining voucher, tempat menginap bahkan sampai terbang gratis ke Jepang. Nah selain itu kamu juga bisa mengajak orang lain menjadi kontributor dengan sama-sama mendaftar di Japan Travel.

Tertarik? Nah langsung aja buat yang tertarik masuk ke halaman pendaftaran berikut: Registrasi Japan Travel  disitu kamu tinggal isi aja semua informasi mengenai datamu dengan memasukkan  referral code 052984 (itu angka nol, bukan huruf O).

Screenshot_7

Setelah formulir kamu isi, maka sekarang saatnya cek inbox email kamu. Biasanya ga pake lama kok karena mereka membalas menggunakan back-end system yang sudah otomatis. Di dalam email konfirmasi tersebut memberikan informasi bahwa kamu sudah resmi terdaftar dan dianjurkan untuk segera login dengan menggunakan username dan password yang diberikan secara otomatis. Password bisa diganti setelah kita pertama kali login.

Halaman pertama saat kita pertama kali login adalah halaman dashboard seperti berikut:

Screenshot_3

setelah berhasil sukses login maka dashboard atas nama kita akan tampil:

Screenshot_4

Nah hebatnya nih setelah kita mendapatkan username dan password kita bakalan dibantu sama satu orang Regional Partner yang bertujuan membantu kita jika ada kesulitan dalam mengakses dashboard admin yang memang disediakan khusus buat kita. Kebetulan saya dibantu oleh Mbak Rebecca Quin di Saitama. Cukup responsif sih  email saya ke ybs dibales beberapa jam kemudian saat saya kesulitan untuk menerjemahkan sebuah halaman. Karena ada beberapa Regional Partner yang juga seorang travel-blogger Indonesia kondang yang sudah wara-wiri di Jepang sana.

Di halaman dashboard tersebut ada sebuah referral code yang dapat kita gunakan untuk mengajak teman-teman kita ikutan di Japan Travel dengan memasukkan kode tersebut otomatis kita akan mendapatkan 500 poin cuma-cuma. Lumayan kan? Ayo bantu ajak orang lain yang hobi nulis untuk bisa pergi ke Jepang bareng hehehe

Setelah halaman dashboard terbuka langkah selanjutnya adalah kita bisa melihat menu sebelah kiri yang terdiri dari Write an Article, Create a Photo Story, Add A Video, atau Start A Translation. Karena saya belum pernah ke Jepang, maka saya cuma jadi penerjemah saja. Caranya saya klik pilihan “Start A Translation” dan kemudian muncullah populasi list artikel yang bisa kita terjemahkan.

Screenshot_14

Silahkan pilih artikel yang kamu suka kemudian sorot tombol translate yang muncul saat kursor menuju Judul artikel. Kemudian kita akan diarahkan ke sebuah artikel yang sudah terbuka untuk segera dilakukan terjemahan ke dalam Bahasa Indonesia. Ini adalah contoh artikel yang saya coba bantu terjemahkan.

Screenshot_11 Screenshot_12

Jika sudah selesai, maka proses selanjutnya adalah melakukan submit yang kemudian akan direview oleh Regional Partner untuk diminta persetujuan. Jika disetujui maka tulisan terjemahan kita akan muncul di halaman Japan Travel versi Bahasa Indonesia.

Screenshot_13

Nah tulisan yang telah disetujui biasanya akan ada notifikasi di email kita dari Japan Travel langsung yang memberitahu bahwa hasil terjemahan kita sudah layak tampil di Japan Travel versi Bahasa Indonesia. Mudah kan….

Screenshot_15

kalo enggak percaya kita bisa juga cek di dashboard kita nanti ada keterangan bahwa tulisan terjemahan kita sudah disetujuiScreenshot_16

Dan tralalala..beginilah hasil terjemahan saya yang telah muncul di halaman Travel Japan

Screenshot_18

bisa dilihat detail terjemahan saya disini dan senangnya nama saya muncul “Translated by Asril Wardani” padahal saya baru coba-coba.

Screenshot_21

Ayo kapan lagi untuk menjadi freelance di sebuah halaman travel bergengsi dari Jepang. Dan melihat tulisan kamu dibaca lebih banyak pembaca dengan hanya membantu menerjemahkan sebuah tulisan dan tentunya kamu dibayar untuk itu berupa poin. Maka dari sekarang ayo kumpulkan poin banyak-banyak biar bisa pergi ke Jepang secara cuma-cuma dari Japan Travel

Screenshot_6

Advertisements