Mungkin sebagian dari kita sudah terlalu bosan dengan destinasi wisata kota yang ujung-ujungnya cuma shopping, makan, nonton, atau city tour, ada kalanya bagi sebagian orang yang ‘short escape’ seperti saya hanya cuma ingin lokasi yang nyaman dan tertata sambil menikmati udara kota yang bersih. Apalagi ini bukan kunjungan pertama saya. Sehingga saya penasaran apa lagi yang ditawarkan kota KL ini yang tak saya dapatkan di Jakarta.

Saya tuh seringkali membayangkan seandainya taman-taman di Jakarta yang saat ini sudah bagus, bisa saya nikmati sambil olahraga, membaca buku, atau hanya sekedar santai saja menikmati pemandangan kota. Sayangnya taman di Jakarta tak terlalu menarik buat saya. Pertama udara di Jakarta tak begitu segar dan banyak polusinya. Kedua, lokasi taman banyak sekali pedagang kaki lima yang suka menganggu wara-wiri menawarkan dagangan. Ketiga, taman di Jakarta tak begitu aman menurut saya karena sering parno sendiri kalau mau tidur di lapangan rumput atau duduk sendiri karena petugas keamanannya entah dimana?. Keempat, jalur taman banyak rusak akibat ada saja motor yang masuk untuk parkir. Kelima, fasilitas yang tak begitu mendukung untuk bersantai misalnya toilet, tempat minum,dsb. Dan masih banyak lagi alasan yang akhirnya waktu santai banyak dihabiskan dari cafe ke cafe atau mal…

Nah yang saya sukai di KL adalah keberadaan taman kota yang sangat baik dan tertata. Dengan halaman yang luas ditanami aneka tumbuhan yang terawat. Tentu saja bagus buat orang yang menyukai suasana yang tenang dan bersih ditengah kota. Inilah taman kota yang saya inginkan. Berharap Jakarta kelak memiliki taman-taman seperti di KL. Apa saja taman yang menurut saya layak dikunjungi selama bersantai di KL? Simak diantaranya

A. Taman Garden Lake atau Taman Tasik Titi Wangsa

Saya rekomendasikan taman ini dibagian pertama, karena inilah satu-satunya taman landscape yang sangat indah di tengah-tengah kota KL. Taman ini lebih dikenal sebagai Garden Lake dikarenakan ada sebuah danau Titi Wangsa didalamnya yang sangat bersih dan dikelilingi oleh berbagai macam flora disekitarnya.

Sebagai ‘Metropolitan Park’  yang tertua di Malaysia wajar jika taman ini menjadi kebanggaan warga KL dan Malaysia. Dikala weekend taman ini seringkali menjadi tujuan para keluarga untuk bersantai sambil mengajak anak-anak bermain. Penataan kebun dan tumbuh-tumbuhan yang rapi disetiap jalur memudahkan kita untuk banyak belajar tentang nama-nama pohon yang sebagian besar sudah berumur ratusan tahun. Banyak dari pengunjung yang mengambil foto bersama keluarga dan tak bosan berkeliling taman yang sangat luas.


Screenshot_50 Screenshot_49 Perdana botanical garden lake garden8 lake garden7 lake garden

lake garden



lake garden5

lake garden8 lake garden9
lake garden11 lake garden12 lake garden13 lake garden14 lake garden15

B. Perdana Botanical Garden

Sebenarnya taman ini ada dalam satu kesatuan dengan Taman Titi Wangsa, hanya saja taman ini lebih khusus dengan banyaknya tumbuhan hias yang membuatnya tampil lebih cantik dan modern. Konon nama taman ini akan dijadikan nama resmi untuk semua areal kawasan Titi Wangsa. Taman ini adalah fase kedua dari Taman ‘Garden Lake’ /Tasik Titi Wangsa yang menjelma sebagai pusat Herbarium, dilengkapi perpustakaan botani dan visitor centre.

Screenshot_51


Screenshot_46 Screenshot_47 Screenshot_48

taman botani KL taman botani2 taman botani3 taman botani4

lake garden1 lake garden6 lake garden2 lake garden3 lake garden10

C. Taman Sentul KL

Tadinya saya tak begitu percaya jika di KL ada nama Taman Sentul. Terletak di daerah Ampang dimana sebagian besar wilayah banyak didominasi etnis India dan Arab. Namun lokasi taman ini sangat panas jika berkunjung di siang hari dikarenakan tak terlalu banyak pohon rimbun. Lokasi taman sengaja dibuat lebih lapang sebagai areal bermain dan akan ramai diwaktu sore hari terutama weekend.

sentul park sentul park1 sentul park2

D. Taman Dusun Bandar 

Screenshot_52

Salah satu lokasi taman yang terletak di daerah suburban jalan Bellamy menyebabkan taman ini sangat gampang ditempuh dan baru diresmikan pemakaiannya akhir September 2013 lalu. Taman ini sendiri merupakan replika taman botani yang merupakan taman buatan yang terdiri atas 100 pohon dengan buah lokal sebagai laboratorium siswa untuk mengenal buah-buahan yang tumbuh di Malaysia. Sebagian pohon masih berumur 1 tahun atau dua tahun namun sudah banyak yang berbuah. Sayangnya saya dengar di taman ini seringkali ada pencurian buah dalam jumlah banyak. Taman ini sendiri tak melarang pengunjung untuk memetik buah-buahan barang satu petik atau dua. Namun karena banyaknya kasus pencurian sekarang agak ketat dan tak jarang pengunjung dilarang memetik. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah di pagi hari.

taman dusun bandar KL taman dusun2 taman dusun3 taman dusun4 taman dusun5

E. Standard Chartered Pocket Park

standard chartered pocket park KL

Sebagai salah satu bank tertua di Malaysia, Standard Chartered Bank memberikan bantuan kepada pemerintak kota KL berupa taman kota seluas  40,000 sq ft (4,000 sqm). Taman ini juga dukungan bank ini untuk menjadikan KL sebagai salah satu kota paling layak huni di tahun 2020. Letaknya strategis berada di tengah-tengah pusat keramaian dan gedung pencakar langit yaitu di daerah lot 776 dan lot 83 antara Jalan Pinang dan Jalan P.Ramlee. Menjadikan taman Standard Chartered Pocket park ini layak untuk dikunjungi terlebih dengan barisan pohon tinggi yang menjulang yang menjadikan taman ini juga menjadi tempat pedestrian walkway yang sangat nyaman dilalui.

Screenshot_44

F. Taman Lembah Kiara 

taman lembah kiara KL

Inilah taman yang menurut saya cocok dinamakan taman romantis. Letaknya berada persis di Taman Tun Dr Ismail masih didalam kota KL. Dengan lapangan rumput yang membentang sepanjang jalan setapak bisa digunakan untuk piknik atau duduk bersantai. Untuk menambah kesan tenang walaupun berada di wilayah pusat kota, dibuatlah aliran sungai kecil seluas parit yang diberi banyak batu-batuan agar terkesan lebih alami. Parit ini sendiri dibuat untuk membantu aliran air hujan agar lebih tersalurkan ke tempat penampungan. Namun sekarang paritnya malah terlihat seperti apa-adanya terkesan memang sudah ada bukan buatan. Taman ini sangat populer buat warga KL berolahraga jogging karena dilengkapi dengan track menanjak dan menurun. Selain itu juga ada danau buatan lengkap dengan air mancurnya. Tak hanya itu di area ini juga kita bisa melihat puluhan monyet yang bebas berkeliaran.

taman kiara

G. KL Bird Park

kL BIRD PARK KL BIRD PARK1 kl bird park2 kl bird park3

Oh iya satu lagi area taman di kawasan Lake Gardens adalah KL Bird Park yang merupakan taman burung terbesar di dunia. Luasnya saja hampir 60 hektar dan dibuka pertama kali tahun 1991. Terus terang sih tamannya terkesan jadul jadi saya tak terlalu banyak eksplorasi ke dalam. Karena saya masih membandingkan dengan Taman Burung Jurong di Singapura yang lebih indah dan tertata serta Bali Bird Park yang juga sangat indah menawan. Jadi saya pikir KL Bird Park harus segera direnovasi agar tak kalah menarik dengan kedua Bird Park tadi yang saat ini paling mendominasi di Asia Tenggara.

H. Taman Bukit Jalil

Screenshot_53

Screenshot_45 bukit jalil5 bukit jalil4 bukit jalil3 bukit jalil2 bukit jalil1

Letaknya yang sedikit keluar kota KL menempatkan kawasan Taman Bukit Jalil wajib anda coba selama perjalanan menuju daerah Perbukitan sebelah utara KL. Hampir semua orang akan melihat taman yang berada disisi jalan raya utama Puchong dan juga bertetangga dengan Bukit Golf Bukit Jalil County. Taman tua ini tidak sekedar taman melainkan juga bagian dari kawasan hutan yang sudah dibenahi menjadi area rekreasi buat berolahraga dengan berbagai macam replika bangunan mulai dari rumah adat melayu sampai ada bangunan replika kincir angin. Dengan udara yang sejuk dan dingin membuat orang yang datang ke Taman Bukit Jalil jadi lebih tentram. Untuk mengelilingi taman ini juga disediakan jalan setapak yang biasa digunakan warga buat berolahraga seperti jalan sehat, jogging bahkan berlari cepat. Ada beberapa spot seperti di GBK buat melakukan aktivitas fitness terbuka dan anak-anak akan senang berada disini karena ada juga taman bermain.

Screenshot_54 Screenshot_55 Screenshot_56 Screenshot_57 Screenshot_58

Foto by Mohamad Azhan

I. Forest Research Institute Malaysia

Lokasi taman botani yang wajib dikunjungi adalah FRIM yang berjarak 16 KM sebelah barat daya Kuala Lumpur atau masuk wilayah Kepong. Tempat ini juga menjadi salah satu destinasi favorit buat wisata petualangan alami bahkan buat berolahraga jogging atau trail dengan udara yang sangat sejuk. Sering juga dipakai sebagai lokasi kemah para pramuka di Malaysia karena terdapat bumi perkemahannya atau campsite yang sekilas juga mirip dengan kemah permanen di TWA Muara Angke. Biasanya banyak turis bule yang datang ketimbang warga Indonesia atau Malaysia. Karena mereka lebih menyukai wisata adventure dengan berbekal backpack dan peta biasa. Entahlah saya merasa Kawasan FRIM ini persis sama dengan kawasan hutan Kebun Raya Begudul di Bali. Hanya saja FRIM lebih terlihat seperti hutan sesungguhnya dan inilah amazon di pinggir kota KL. Yang menjadi andalan FRIM adalah kanopi angkasa yang dipakai buat berjalan kaki diatas ketinggian 30 meter dari dasar tanah dan memiliki panjang 200 meter lebih. Buat yang takut dengan goyangan jembatan atau ketinggian cobalah untuk melawannya karena anda akan menyesal jika tak mencobanya karena dari kanopi ini terlihat nyata kota KL dari kejauhan, sungguh indah.

Screenshot_62

Screenshot_60
salah satu lokasi berkemah (campsite)

Screenshot_61 Screenshot_63 Screenshot_65 Screenshot_66 Screenshot_67 Screenshot_68 Screenshot_69

Screenshot_64

Baca juga seri perjalanan di Kuala Lumpur lainnya di link berikut:

1. Cuti-cuti Malaysia (1): Mengunjungi KL di waktu malam

2. Cuti-cuti Malaysia (2): Saatnya eksplorasi kota KL

3. Cuti-cuti Malaysia (3) : Sehari berwisata di Kuala Lumpur dengan Transportasi Publik

4. Cuti-cuti Malaysia (4): Menikmati taman-taman kota di KL

5. Cuti-cuti Malaysia: Review Hotel – A Lovely Wolo Hotel Bukit Bintang in the Buzz of KL

Advertisements